Terminator Duduki Puncak Box Office

Terminator Duduki Puncak Box Office
Terminator: Dark Fate ( Foto: istimewa )
Dina Fitri Anisa / CAH Senin, 4 November 2019 | 09:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sejak akhir pekan lalu, terdapat empat film baru yang siap bertarung di puncak box office. Mereka adalah, Terminator: Dark Fate, Harriet, Motherless Brooklyn, dan Arctic Dogs. Setelah melihat hasil yang dikeluarkan box office mojo pada Senin (4/11), Terminator unggul dengan perolehan US$ 29 juta (Rp 406,1 miliar) di 4.086 layar domestik.

Pendapatan tersebut rupanya berada di bawah perkiraan Paramount. Seri ke enam dari Terminator ini diprediksi meraup US$ 40 juta atau setara Rp 560 miliar di pekan pertama penayangannya. Bila dibandingkan dengan seri pendahulunya, Terminator Genisys (2015) mampu meraup US$ 27 juta dalam waktu lima hari. Padahal, kali ini Dark Fate mendapatkan 328 layar lebih banyak daripada Genisys.

Menggandeng kembali sutradara James Cameron, film yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger dan Linda Hamilton ini menghabiskan biaya produksi hingga US$ 185 juta (Rp 25 triliun). Dark Fate sendiri mengisahkan upaya Sarah Connor (Linda Hamilton) melindungi perempuan muda bernama Dani Ramos dari incaran terminator yang datang dari masa depan.

Berdasarkan Rotten Tomatoes, film sci-fi ini mendapatkan respons positif, dengan 70 persen. Sedangkan dari cinemascore, sejak penayangan perdana film ini mendapatkan nilai ‘B+’. Respons yang diperoleh Terminator: Dark Fate tersebut termasuk terbaik dari seri-seri yang sebelumnya.

Selanjutnya, di tempat ke dua dan ke tiga tampak seolah-olah kembali menjadi arena pertempuran sengit antara Maleficent: Mistress of Evil dan Joker. Akhir pekan lalu, Maleficent awalnya diyakini sebagai juara akhir pekan berdasarkan perkiraan, tetapi Joker maju ke depan begitu angka aktual dihitung.

Pada pekan ke lima penayangan, Joker kembali menyumbangkan pundi sekitar US$ 13,9 juta (Rp 149,6 miliar) ke kantong Warner Bros yang kini telah terisi sekitar US$ 299,6 juta (Rp 4,1 triliun) di kawasan domestik. Sedangkan di pasar internasional, mengumpulkan US$ 634,4 miliar (Rp 8,8 triliun).

Kemudian, Maleficent pekan lalu mengalami penurunan pendapatan 37 persen dan menerima US$ 12,1 juta (Rp 169,4 miliar). Pendapatan tersebut menambahkan total keuntungan yang diterima di pasar domestik US$ 84,3 juta (Rp 1,1 miliar). Sedangkan di pasar internasional, mencapai angka US$ 298,9 miliar (Rp 298,9 miliar).

Peringkat ke empat diduduki oleh film baru, Harriet. Film produksi Fokus Features ini meraih US$ 12 juta (Rp 168 miliar) di 2.059 layar domestik. Harriet merupakan film biopik yang mengisahkan pelarian sosok bernama, Harriet Tubman dari perbudakan dan transformasi. Ia menjadi salah satu pahlawan terbesar Amerika, dengan keberanian, kecerdikan, dan keuletannya membebaskan ratusan budak dan mengubah jalan sejarah.

Disutradari oleh Kasi Lemmons dan penulis skenario Gregory Allen Howard ini mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari kritikus dan juga penonton. Seperti Cinemascore yang mengeluarkan nilai ‘A+’, dan Rotten Tomatoes yang memberikan 72 persen pendapat positif dari total penilaian 141 kritikus.

“Harriet adalah karya penghormatan yang tulus kepada tokoh penting dalam sejarah Amerika. Meskipun orang tersebut dirongrong dengan pendekatan formula yang mengecewakan,” tulis kesimpulan review di Rotten Tomatoes.

Dua film baru selanjutnya yaitu, Motherless Brooklyn dan Arctic Dogs yang mendapatkan posisi ke sembilan dan sepuluh. Motherless Brooklyn meraih US$ 3,6 juta (Rp 50,4 miliar), sedangkan Arctic Dogs meraih US$ 3,1 juta (Rp 43,4 miliar) di pekan perdana. 

Berikut adalah 10 daftar film box office:

1. Terminator: Dark Fate - US$ 29 juta

2. Joker - US$ 13,9 juta

3. Maleficent: Mistress of Evil - US$ 12,1 juta

4. Harriet - US$ 12 juta

5. The Addams Family - US$ 8,4 juta

6. Zombieland: Double Tap - US$ 7,3 juta

7. Countdown - US$ 5,8 juta

8. Black and Blue - US$ 4 juta

9. Motherless Brooklyn - US$ 3,6 juta

10. Arctic Dogs - US$ 3,1 juta



Sumber: Suara Pembaruan