Bali Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Asian Animation Summit

Bali Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Asian Animation Summit
Keindahan alam, budaya dan wisata yang ditawarkan Bali dapat memberikan inspirasi bagi para peserta Asian Animation Summit 2019. ( Foto: Kemenparekraf / IST )
Jayanty Nada Shofa / JNS Selasa, 26 November 2019 | 15:22 WIB

JAKARTA, Beritasatu.com - Bali terpilih sebagai tuan rumah Asian Animation Summit pada 2020 dan 2021 sebagai ajang bergengsi untuk menampilkan proyek animasi terkuat di Asia yang bisa mendatangkan investor.

Resmi terpilihnya Bali ini mengikuti penandatangan antara Kidscreen dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf).

"Kami sangat berterima kasih atas kolaborasi ini. Kami berencana untuk mempromosikan industri animasi Indonesia, secara global, dan momen ini akan menjadi saat yang tepat," ujar Deputi Akses Permodalan Baparekraf Fadjar Hutomo di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Dua tahun terakhir, event ini berlangsung di Seoul, Korea Selatan, dan Brisbane, Australia. Sekitar 50 persen dari proyek yang memulai kiprahnya di Asian Animation Summit telah masuk ke produksi.

Salah satunya adalah Bluey, animasi yang mengisahkan petualang seekor anjing dalam kehidupan sehari-harinya.  Tak hanya itu, Bottersnikes & Gumbles (2012), Kuu Kuuku Harajuku (2013), Wonderballs (2012). Kisah dua balon memecahkan misteri di Balloon Barnyard (2014) juga kini berhasil ditayangkan.

Tahun ini, terdapat 25 proyek animasi baru yang mencari mitra dan pendanaan. Proyek-proyek ini berasal dari Korea, Malaysia, Australia, Thailand dan Indonesia.

“Kami berharap dapat menjadikan ajang Asian Animation Summit lebih besar dan menjadi daya tarik bagi calon pesertanya. Kami memiliki bakat animasi, serta fasilitas seperti studio yang dapat dikunjungi peserta," tutur Fadjar.

Fadjar mengatakan pemilihan Bali sebagai tuan rumah sangat tepat. "Bali adalah surga bagi wisatawan dan sudah berkali-kali mendapatkan penghargaan internasional. Bali juga sudah mempunyai pengalaman menjadi tuan rumah MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) tingkat dunia," katanya.

Mengingat animasi adalah sebuah karya yang membutuhkan kreatifitas, Fadjar pun yakin Bali bisa memberikan inspirasi kepada para peserta Asian Animation Summit.

"Karena, Bali memiliki segalanya. Keindahan alam, budaya, juga wisata manmade (buatan manusia). Semua tersaji lengkap dan akan memberi inspirasi bagi peserta Asian Animation Summit," tegasnya.



Sumber: BeritaSatu.com