Oscar 2020

Inilah Film-film Epik yang Bersaing Menjadi Terbaik

Inilah Film-film Epik yang Bersaing Menjadi Terbaik
Joaquin Phoenix dalam film Joker (2019). ( Foto: imdb.com )
Dina Fitri Anisa / EAS Senin, 10 Februari 2020 | 12:06 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Ajang penghargaan insan perfilman paling bergengsi, Academy Awards atau yang sering disebut penghargaan Oscar diselenggarakan di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, California, Minggu (9/2/2020) atau waktu Indonesia pada Senin (10/2/2020). Setiap tahun, Oscar selalu menyajikan fakta dan serba-serbi menarik. Inilah alasan mengapa Oscar selalu dinanti, bukan hanya oleh para insan perfilman, tetapi juga masyarakat dunia.

Pada ajang ke-92 ini ada beberapa topik hangat yang terus menjadi perbincangan, salah satunya adalah spekulasi film mana yang akan menguasai Oscar tahun ini. Penghargaan pada kategori ini dinilai paling prestisius yang diberikan Academy of Motion Pictures Arts and Sciences.

Pada kategori ini tidak ada aturan tetap untuk menentukan karakteristik film seperti apa yang dinilai bagus atau buruk. Hanya saja, film yang memenangkan piala Oscar pada dasarnya mewakili pandangan industri film Amerika tentang pencapaiannya di masa kini dan aspirasinya untuk masa depan.

Tahun ini, film yang menjadi sorotan salah satunya adalah Joker (2019) yang meraih nominasi terbanyak yaitu 11, dari total 25 nominasi. Capaian ini membuat film yang disutradai oleh Todd Phillips ini digadang akan memborong piala Oscar tahun ini.

Selisih satu angka, di bawah Joker adalah film Once Upon A Time In Hollywood, The Irishman, dan 1917 yang masing-masing masuk dalam 10 nominasi. Kemudian, urutan selanjutnya adalah Marriage Story, Little Women, Jojo Rabbit, dan Parasite yang masing-masing masuk dalam 6 nominasi Oscar ini.

Diketahui, Joker yang tayang pada 2 Oktober 2019 di Indonesia ini memang banyak mendapatkan apresiasi dari para penikmat film di dunia. Seperti pada pekan pertama penayangannya, film ini sudah mendapat pemasukan yang menutup modal produksi senilai US$ 55 hingga 70 juta (Rp 770-980 miliar).

Mengutip Vox, dalam waktu sepekan sudah terkumpul sekitar US$ 234 juta (Rp 3,1 triliun) dari pemutaran film yang diperankan oleh Joaquin Phoenix ini di bioskop seluruh dunia. Pendapatan ini sekaligus memecahkan rekor di Oktober 2019.

Selain Joker, film yang saat ini tidak kalah mendapat sorotan publik adalah Parasite. Film pertama produksi Korea Selatan ini mampu berdiri sama tegak dengan film Hollywood lainnya di nominasi Film Terbaik.

Selain nominasi utama, Parasite juga mengantongi lima kategori nominasi lainnya. Mulai dari Sutradara Terbaik, Film Internasional Terbaik, Skenario Terbaik, Desain Produksi Terbaik, dan Film Editing terbaik.

Sebelum melenggang di Oscar, film ini terlebih dulu mencetak sejarah di beberapa ajang penghargaan film bergengsi lainnya. Di antaranya meraih empat nominasi dalam ajang Golden Globe Awards ke-77 dan berhasil menyabet piala Film Berbahasa Asing Terbaik.

Di ajang British Academy of Film and Television Arts (BAFTA), Parasite mengantongi empat nominasi dan membawa pulang dua piala, yaitu kategori Original Screenplay dan Film Not In The English Language. Parasite juga menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan Screen Actors Guild Award untuk Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture.



Sumber: Suara Pembaruan