Bioskop Mobil, Fase Baru untuk Industri Film

Bioskop Mobil, Fase Baru untuk Industri Film
Dubai membuka bioskop berkonsep drive-in di atap salah satu pusat perbelanjaan terbesar, Mall of the Emirates. ( Foto: Beritasatu Photo / Arabian Business )
Dina Fitri Anisa / EAS Selasa, 19 Mei 2020 | 21:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam lima tahun terakhir, industri film Indonesia kian memperlihatkan perkembangan yang membanggakan. Bahkan tahun ini, para pengamat meramalkan industri film akan berada di puncak kesuksesan. Namun sayang, saat ini seluruh aktivitas perfilman dari hulu ke hilir terhenti karena pandemi Covid-19.

Menyongsong fase kehidupan baru atau New Normal, para pelaku kreatif dituntut beradaptasi dengan cepat. Seperti, inisiasi segar yang datang dari sebuah event organizer Ergo dan Co, yang menginisiasi kehadiran bioskop mobil (bioskop drive-in) mulai Juni 2020.

Penggagas Ergo dan Co, Adam Hadziq mengatakan, ide ini mulai digarap sejak awal Maret. Bersama beberapa pelaku kreatif lainnya, ia berpikir untuk membuat kegiatan yang bisa meningkatkan kembali laju bisnis kreatif yang lama hibernasi.

"Saat kepepet, ide justru muncul. Saya terinspirasi dari seorang pemuka agama yang melakukan khotbah di dalam mobil. Dari situ, kenapa tidak kita buat bioskop mobil? Ini momen yang pas sepertinya buat mengembangkan turunan ide tersebut,” jelasnya saat dihubungi Beritasatu.com, Selasa (19/5/2020).

Menurut Adam, bioskop drive-in adalah salah satu jalan untuk mengangkat kembali kejayaan industri film nasional di fase kehidupan yang baru. Masyarakat tidak perlu takut mengalami penularan Covid-19, karena setiap penonton wajib berada di dalam mobil masing-masing. Begitu pula dengan protokol kesehatan dan kebersihan yang dianjurkan pemerintah, dipastikan akan dilaksanakan dengan baik oleh Ergo dan Co.

“WHO memberikan informasi bahwa masyarakat sudah harus hidup berdampingan dengan Covid-19. Jadi ini peluang kita, agar bisa terus membuat event, tanpa harus melanggar protokol yang diberikan pemerintah,” ujarnya.

Demi memuaskan ekspektasi para pengunjungnya nanti, Ergo dan Co memastikan bioskop drive-in menghadirkan fasilitas yang mumpuni. Mulai dari kualitas layar yang diberikan, tentunya berbeda daripada bioskop dalam ruang pada umumnya. Sebab, layar dalam Drive-in Cinema telah mengadopsi teknologi terbaru yang siap memanjakan penikmat film di Indonesia.

Dari sisi teknis, layar LED yang digunakan 16:9 rasionya, sehingga akan menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam dibandingkan layar biasa. Tak ketinggalan data tone pun siap diadopsi dalam layar bioskop drive-in untuk memberikan sensasi layaknya menonton film layar lebar di bioskop. Harapannya, bioskop berkapasitas 150 penonton itu bisa mendapatkan pengalaman menonton yang sama.

Sedangkan sistem dari audionya masih penggarapan untuk mengurangi efek keterlambatan suara yang dihasilkan. Masih ada alternatif, apakah dengan menggunakan frekuensi radio yang akan disambungkan ke mobil, atau via bluetooth speaker yang akan disiapkan di setiap mobil.

"Semua yang kita gunakan saat ini adalah produk dan tenaga lokal. Kita bersama saling membantu untuk kembali menggairahkan industri kreatif di Indonesia,” jelasnya.



Sumber: BeritaSatu.com