Juli, Rencana Bioskop Kembali Dibuka

Juli, Rencana Bioskop Kembali Dibuka
Salah satu gerai bioskop di Jakarta membersihkan semua area dengan cairan disinfektan (Foto: Istimewa)
Dina Fitri Anisa / EAS Minggu, 21 Juni 2020 | 22:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sudah menginjak bulan keempat pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Dampaknya, lebih dari 2.000 layar bioskop di Indonesia mati suri karena pandemi. Sederet film yang dijagokan produser akan mencuri perhatian penonton terpaksa ditunda penanyangannya.

Lantas kapan bioskop di Indonesia bisa menyajikan kembali hiburan untuk masyarakat? Bila semua berjalan lancar dan protokol kesehatan sudah diputuskan, rencananya Juli 2020 bioskop bisa kembali dibuka.

Untuk menyiapkan protokol kesehatan, saat ini para pengelola bioskop, terutama yang berada di Jakarta diajak menyusun bersama Dinas Pariwisata DKI Jakarta. Pengelola bioskop juga terus mengampanyekan ke masyarakat bahwa nonton film di bioskop tetap sehat dan aman dari virus Covid-19.

Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol kepada Suara Pembaruan, Minggu (21/6/2020), mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan pemerintah pusat juga daerah terkait izin pengoperasian kembali bioskop.

"Saat beroperasi kembali, kami tetap memberlakukan protokol kesehatan yang telah disesuaikan dengan kondisi sekarang, termasuk melakukan kegiatan operasional sesuai dengan protokol kesehatan dan prosedur physical distancing yang ditetapkan atau diimbau oleh pemerintah pusat maupun daerah,” terang Dewinta.

Ia pun menuturkan, protokol kesehatan dibuat untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi seluruh petugas dan pengunjung di masa kenormalan baru ini. Beberapa di antaranya adalah baik petugas bioskop dan pengunjung wajib menggunakan masker, pengukuran suhu tubuh untuk pengunjung dan petugas bioskop, petugas dan pengunjung wajib selalu menjaga kebersihan tangan.

"Kami menyiapkan hand sanitizer di area bioskop dan tentunya sabun cuci tangan yang selalu tersedia di toilet bioskop, serta penerapan physical distancing minimal satu meter di seluruh lingkungan bioskop termasuk di dalam studio,” jelasnya.

Di samping itu, Dewinta juga mengatakan bahwa mereka telah rutin melakukan kegiatan pemeliharaan dan pembersihan di seluruh lingkungan bioskop setiap hari, sejak operasional berhenti.

"Sejumlah prosedur pembersihan dilakukan di antaranya penyemprotan cairan disinfektan anti-virus di seluruh lingkungan bioskop, pemeliharaan peralatan dan kebersihan kursi, serta menjaga tingkat kelembapan ruangan untuk menghindari jamur,” tambah Dewinta.

Di tempat terpisah Public Relation Manager CGV Cinemas, Hariman Chalid juga mengatakan, hingga kini seluruh bioskop CGV belum ada yang dibuka. Namun, pihaknya menjanjikan menyediakan harga spesial dan juga film-film berkualitas ketika bioskop dibuka kembali.

"Kalau misalnya boleh buka di bulan Juli, akan ada film-film Indonesia yang akan ditayangkan. Selain itu, Juli juga ada film-film blockbuster dari Hollywood yang rencananya rilis seperti Mulan, Tenet, dan juga film-film dari Korea,” tutur Hariman.



Sumber: BeritaSatu.com