Logo BeritaSatu
Home > Fokus > Jokowi Datang, Investasi UEA Segera Cair

Babak Baru Kerja Sama Indonesia-UEA

Sabtu, 2 Juli 2022 | 23:40 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun, Whisnu Bagus Prasetyo / Anselmus Bata

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia makin getol membidik investasi asing untuk membiayai sejumlah agenda pembangunan nasional. Salah satu yang disasar adalah negara kaya minyak Uni Emirat Arab (UEA). Keseriusan Indonesia menggaet investasi dari negara petrodolar itu dibuktikan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (30/6/2022) sampai Jumat (1/7/2022) yang menghasilkan sejumlah kerja sama.

Sebelum kunjungan Jokowi kali ini, sejatinya UEA dan Indonesia sudah menjalin kolaborasi. Pada November 2022, perusahaan investasi berkelanjutan Abu Dhabi Growth Fund (ADG) menyatakan komitmennya berinvestasi di Indonesia melalui portofolio ekuitas likuid maupun non-likuid.

Pertemuan para menteri Indonesia dan Uni Emirat Arab.
Pertemuan para menteri Indonesia dan Uni Emirat Arab.

Hal ini sejalan dengan komitmen investasi yang telah dilayangkan UEA di Indonesia senilai US$ 10 miliar atau Rp 142 triliun melalui dana abadi Indonesia atau sovereign wealth fund (SWF) bernama Indonesia Investment Authority (INA).

ADG dan INA kala itu menandatangani perjanjian kerangka kerja investasi yang akan ditindaklanjuti dengan berbagai bentuk investasi keuangan berimbal hasil tinggi, baik strategi ekuitas likuid maupun non-likuid.

"Perjanjian yang ditandatangani bertujuan untuk menempatkan modal di berbagai instrumen keuangan," tulis keterangan resmi INA.

UEA akan menjadi investor jangkar (anchor investor) bagi INA setelah komitmen investasi US$ 10 miliar atas arahan putra mahkota UEA, Mohammed bin Zayed Al Nahyan, pada Maret 2021. Sepanjang 2021, serangkaian kesepakatan kerja sama telah dibuat antara UEA dan Indonesia di sektor-sektor strategis, seperti infrastruktur, pariwisata, dan pertanian.

Untuk diketahui, ADG merupakan anak usaha dari ADQ yang didirikan pada Juli 2021. Perusahaan ini adalah pengelola dana investasi yang berfokus pada pertumbuhan. ADG memiliki mandat untuk menjalankan beragam strategi dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan finansial tinggi bagi pemegang sahamnya, yakni Emirat Abu Dhabi. ADG berinvestasi terutama dalam ekuitas swasta, modal ventura, hedge fund, dan ekuitas publik.

Untuk merayu UEA berinvestasi di Indonesia bukan perkara mudah. Tak heran peringkat investasi UEA di Tanah Air masih di urutan tidak terlalu baik karena aturan berinvestasi ke Indonesia begitu sulit, sehingga negara ini enggan berinvestasi. Kendati demikian, berkat komunikasi dari Presiden Jokowi, Pemerintah UEA maupun pengusahanya mau mengeluarkan dana untuk berinvestasi di Indonesia.

"Memang enggak gampang itu meyakinkan orang Arab (UEA) ini (berinvestasi ke Indonesia, Red), enggak gampang, jujur saja. Namun, kita harus mempunyai satu strategi yang harus ada chemistry. Hubungan baik raja di Uni Emirat Arab dengan Bapak Presiden, Pak Jokowi itu hubungannya erat sekali," ujar Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dalam sebuah kesempatan.

Investasi dari UEA saat baru berada pada urutan 20-an. Namun, pemerintah sedang mengupayakan agar UEA bisa menjadi investor terbesar yang masuk dalam 10 besar.

Neraca perdagangan Indonesia-Uni Emirat Arab.
Neraca perdagangan Indonesia-Uni Emirat Arab.

Kunjungan Jokowi
Untuk memuluskan rencana investasi UEA ke Indonesia, Jokowi singgah ke negara Timur Tengah itu selepas berkunjung ke Ukraina dan Rusia. Dalam kesempatan itu, Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan dan Presiden Jokowi menyaksikan pertukaran dokumen Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA) yang telah disepakati kedua negara di Istana Al Shatie, Abu Dhabi, Jumat (1/7/2022).

Adapun perjanjian kerja sama IUAE-CEPA yang telah ditandatangani kedua pihak meliputi: 
1. Nota kesepahaman manajemen proyek bersama tentang mangrove antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia dengan Kementerian Perubahan Iklim dan Lingkungan UEA.
2. Protokol perubahan nota kesepahaman antara Indonesia dan UEA tentang kerja sama kelautan dan perikanan.
3. Nota kesepahaman antara Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia dengan Kementerian Kesehatan UEA tentang kontrol vaksin dan obat-obatan.
4. Protokol tentang kerja sama di bidang industri pertahanan dan pengadaan alat militer.
5. Nota kesepahaman dan kerja sama antara Universitas Nahdlatul Ulama dengan Universitas Kemanusiaan Mohammed bin Zayed.
6. Kontrak pembelian landing platform dock (LPD) antara PT PAL Indonesia dengan Angkatan Laut Uni Emirat Arab.

Menteri BUMN Erick Thohir yang turut serta dalam pertemuan mengatakan para investor dan pengusaha UEA optimistis untuk bekerja sama dalam beberapa proyek kedua negara.

"Alhamdulillah pertemuan Bapak Presiden dengan beberapa perusahaan investasi dari Abu Dhabi sangat optimistis untuk bekerja sama dalam beberapa proyek yang bisa disinergikan antara dua negara, yaitu UAE, Abu Dhabi, dengan tentunya Indonesia," ujar Erick selepas pertemuan.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir berbincang di sela kunjungan di Uni Emirat Arab.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir berbincang di sela kunjungan di Uni Emirat Arab.

Menteri BUMN mengatakan setidaknya ada empat poin yang didiskusikan Presiden Jokowi dengan para pengusaha. Pertama, terkait logistik udara. Pada era yang penuh ketidakpastian dalam logistik dan rantai pasok, Indonesia dan UEA bisa menjadi mitra yang saling menguntungkan.

Indonesia, kata Erick, sebagai pusat supply chains karena kaya dengan sumber daya alam, seperti energi, pangan, dan lain-lain. Secara bersamaan UEA bisa menjadi jendela untuk Indonesia melakukan transaksi barang-barang lokal ke luar negeri.

"Ini juga jadi bagian pembukaan lapangan kerja yang sangat besar untuk Indonesia dan bagaimana kita bisa memaksimalkan kerja sama ekonomi," jelasnya.

Kedua, mengenai Ibu Kota Nusantara (IKN). Erick menjelaskan bahwa Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi dan penduduk yang pesat perlu membuat ibu kota baru. Erick menyatakan bahwa pemerintah perlu menyiapkan kota masa depan untuk penduduk yang saat ini mayoritas berusia muda.

"Dengan sistem dari teknologi terbarukan kita harus menyiapkan kota masa depan. UEA sendiri dan Abu Dhabi sangat optimistis melihat ini sesuatu yang baik karena melihat percontohan kota-kota besar di dunia yang sekarang juga menjadi pusat pertumbuhan ekonomi masing-masing negaranya," papar Erick.

Langkah mantap UEA menanamkan modalnya di IKN dibuktikan dengan kesepakatan membentuk pendanaan pembangunan IKN (IKN Fund) melalui Indonesia Investment Authority (INA).

"Beberapa tindak lanjut yang akan dilakukan terkait dengan rencana investasi di IKN, antara lain adalah pembentukan pendanaan pembangunan IKN berupa IKN Fund oleh INA dengan pihak UEA," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers secara daring, Jumat (1/7/2022).

Retno menuturkan pemerintah tengah menggodok rancangan peraturan pemerintah (PP) terkait investasi di IKN. "Terus dibahas implementasi komitmen investasi UEA untuk pembangunan IKN. Jadi masalah investasi untuk IKN terus dibahas oleh kedua negara," kata Retno.

Ketiga, pembangunan wisata laut dalam konteks ekonomi biru atau blue economy. Presiden Jokowi ingin agar pembangunan ekonomi biru tersebut dapat turut menjaga alam Indonesia, tidak sekadar mengeksploitasinya.

Indonesia mempunyai Raja Ampat dan Pulau Komodo yang sangat dilindungi. Bagaimana Indonesia dan UEA membangun peta ekonomi biru secara menyeluruh, serta wisata laut yang friendly dengan alam dan industri cruise atau wisata.

Saat ini INA tengah memproses realisasi investasi di berbagai proyek dengan memanfaatkan komitmen investasi UEA yang sudah ada sebelumnya sebesar US$ 10 miliar. Retno menyatakan ada beberapa proyek yang sedang dibahas dengan dana US$ 10 miliar tersebut. Salah satunya Komodo Fund. Pendanaan ini dialokasikan untuk mendukung perusahaan-perusahaan startup.

"Komodo Fund diperuntukkan bagi dukungan startup di bidang digital, pembangunan jalan tol, pengembangan terminal kontainer di pelabuhan Tanjung Priok, dan pengembangan cargo village di Bandara Soekarno Hatta," jelas Retno.

Keempat, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai perbandingan kebijakan keuangan Indonesia dengan banyak negara. Hal itu dilakukan agar Indonesia bisa lebih kompetitif dan bisa terus menjaring investasi.

Presiden Joko Widodo berdialog dengan investor dan pengusaha di Hotel Emirates Palace, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. 
Presiden Joko Widodo berdialog dengan investor dan pengusaha di Hotel Emirates Palace, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. 

Untuk diketahui, para pengusaha dan investor yang hadir adalah National Security Advisor Sheikh Tahnoun bin Zayed Al Nahyan, CEO Group G42 Ltd Peng Xiao, CEO Abu Dhabi Holding Mohamed Hassan Al Suwaidi, dan Executive Director Lulu Group.

Negara Kaya
UEA merupakan salah satu negara di pantai Teluk Persia, berbatasan dengan Arab Saudi dan Oman. Sebagai negara dan kota dengan laju pertumbuhan ekonomi tinggi, negara produsen minyak, UEA membutuhkan banyak tenaga profesional dari luar negeri. Tenaga profesional Indonesia di Dubai dan UEA bergerak, antara lain di bidang perminyakan, engineering, ICT, dan sipil.

Sebagai kota perdagangan dan salah satu pusat logistik utama dunia, Dubai sangat strategis sebagai hub untuk pengembangan jaringan mitra usaha dan perluasan pasar produk Indonesia ke Timur Tengah, Afrika, maupun Eropa. Dengan potensi sasaran pasar yang cukup luas, hampir semua jenis produk Indonesia, baik produk yang termasuk 10 komoditas utama ekspor maupun komoditas non-utama memiliki potensi pasar di Dubai.

UEA sebagai anggota Gulf Cooperation Council (GCC) merupakan salah satu pasar ekspor nontradisional Indonesia. Data Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebutkan total perdagangan Indonesia-UAE pada periode Januari-Juni 2021 tercatat US$ 1,85 miliar. Ekspor Indonesia ke UEA pada Januari-Juni 2021 sebesar US$ 852,26 juta, sedangkan impor Indonesia dari UAE pada periode yang sama sebesar US$ 1 miliar.

Total perdagangan Indonesia-UAE pada 2020 sebesar US$ 2,92 miliar. Ekspor Indonesia ke UEA pada 2020 sebesar US$ 1,24 miliar, sedangkan impor Indonesia dari UAE sebesar US$ 1,68miliar. Produk ekspor Indonesia ke UEA pada 2020, yaitu palm oil and its fractions (US$ 141,4 juta), articles of jewelry and parts thereof (US$ 92, juta), tubes, pipes and hollow profiles (US$ 91,7 juta), motor cars and other motor vehicles for transport of persons (US$ 79,7 juta); dan woven fabrics of synthetic filament yarn (US$ 60,1 juta).

Sementara, impor Indonesia dari UAE pada 2020, yaitu semi-finished products of iron or non-alloy steel (US$ 143,2
juta), acyclis hydrocarbons (US$ 65,3 juta), unwrought aluminium (US$ 52,4 juta), colloidal precious metals (US$ 49,8 juta), polymers of propylene (US$ 45,0 juta), polymer of ethylene (US$ 28,7 juta), gold (US$ 22,9 juta), sulphur of all kinds (US$ 15,3 juta), dates, figs (US$ 11,1 juta), dan copper waste and scrap (US$ 7,6 juta).

Berdasarkan data Kementerian Investasi, realisasi investasi asal UEA pada 2021 tercatat sebesar US$ 16,14 juta dengan 77 proyek, sementara realisasi investasi UEA di Indonesia pada Januari-September 2021 sebesar US$ 7,8 juta. Akumulasi realisasi investasi UEA di Indonesia pada periode 2016 hingga triwulan III 2021 mencapai US$ 250,7 juta dan berada pada peringkat ke-27.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berbincang dengan koleganya saat mendampingi Presiden Joko Widodo berkunjung ke Uni Emirat Arab.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berbincang dengan koleganya saat mendampingi Presiden Joko Widodo berkunjung ke Uni Emirat Arab.

Investasi asal UEA didominasi sektor tanaman pangan dan perkebunan dengan total realisasi US$ 109,0 juta (43,5%), serta 71% total realisasi investasi PEA di Indonesia berlokasi di luar Pulau Jawa. Sisanya minyak bumi (crude oil), pelumas, aluminium, bahan kimia, dan bijih plastik.

Perusahaan investasi UEA, seperti Emaar, Dubai World, Drydock, Limitles, dan Etisalat, telah membenamkan modalnya di Indoensia. Drydock pada 2013 menjalin kemitraan investasi dengan salah satu perusahaan swasta nasional Indonesia, yakni PT Bina Bangun Bahari untuk mengembangkan area industri di Batam dengan nilai investasi US$ 2,5 miliar.

Di samping itu, baik Indonesia maupun UEA aktif mengikuti kegiatan pameran yang diselenggarakan oleh masing-masing negara. Beberapa pameran internasional yang diikuti oleh pengusaha Indonesia setiap tahun, antara lain Arab Health-Dubai, Gulffood, Cabsat (Cable Satellite Exhibition), Gulfood, Paperworld, Arabian Travel Mart (ATM), Beauty World Wellness and Spa Dubai, Annual Investment Meeting (AIM), Auto Mechanical dan Big5.

Sedangkan pameran dagang internasional yang diikuti oleh pengusaha UEA di Indonesia, yakni Pameran “Merchandise & Commodity (Resources Indonesia), Jakarta International Houseware Fair (JIHF), Jakarta Handicraft Trade Fair (Inacraft) dan Trade Expo Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Uni Emirat Arab, Negara yang Dihuni 85% WNA

Sabtu, 2 Juli 2022 | 23:40 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / Anselmus Bata

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia sudah lama menjalin hubungan baik dengan Uni Emirat Arab (UEA). Saat kunjungan Presiden Joko Widodo pada Jumat (1/7/2022), kemitraan kedua negara semakin kuat. Indonesia yang kaya sumber daya alam bisa mendapatkan dukungan UEA untuk pasar yang lebih luas.

UEA merupakan salah satu negara di pantai Teluk Persia, berbatasan dengan Arab Saudi dan Oman dengan ibu kota Abu Dhabi. Penduduk UEA pada 2020 mencapai sekitar 9,89 juta orang (sekitar 85% adalah warga negara asing/WNA). Pendapat per kapitanya US$ 47.400. 

Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.
Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sebagai negara dan kota dengan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi, negara produsen minyak, serta 85% penduduk merupakan WNA, maka Uni Emirat Arab membutuhkan banyak tenaga profesional dari luar negeri. Uni Emirat Arab memperkirakan pertumbuhan ekonominya akan mencapai 5% hingga 6% pada tahun ini, setelah pulih dari pandemi Covid-19. UEA ingin angka pertumbuhan ekonominya memiliki kecepatan yang sama selama beberapa tahun ke depan untuk membantu melipatgandakan pendapatan negara pada 2031.

Presiden Jokowi disambut oleh anak-anak di Istana Qasr Al Watan,Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu, 12 Januari 2020.
Presiden Jokowi disambut oleh anak-anak di Istana Qasr Al Watan,Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu, 12 Januari 2020.

"Seluruh dunia sedang pulih dan saya pikir kami berada dalam fase pemulihan setelah pandemi, (tetapi, Red) memprediksi pertumbuhan tahun ini adalah satu tantangan," kata Menteri Ekonomi UEA, Abdulla bin Touq Al Marri kepada Reuters Selasa (28/6/2022) di sela konferensi "Investopia" di Dubai.

Ketika ditanya apakah ekonomi akan tumbuh sebesar 5% hingga 6% pada 2022, Abdulla bin Touq Al Marri menyatakan,"itulah yang saya harap, kami sangat ambisius, sangat positif. Kami ingin menggandakan ekonomi kami pada 2031."

IMF memperkirakan ekonomi UEA tumbuh sebesar 3% pada 2022 atau mengalami peningkatan dibanding pertumbuhan ekonomo pada 2021 sebesar 2,1%. Ekonomi non-minyak UEA telah diuntungkan dari pengeluaran publik, pertumbuhan kredit, dan peningkatan sentimen bisnis, dan penyelenggaraan Dubai World Expo yang mengerek industri pariwisata.

Infografik profil Uni Emirat Arab.
Infografik profil Uni Emirat Arab.

Selain Abu Dhabi, UEA juga punya Kota Dubai yang sekaligus merupakan nama salah satu dari 7 negara bagian atau emirat UEA. Dubai merupakan kota bisnis, perdagangan, dan pariwisata, dengan penduduk sekitar 2 juta orang.

Strategis
Kota Dubai sangat strategis sebagai hub untuk pengembangan jaringan mitra usaha dan perluasan pasar produk Indonesia ke Timur Tengah, Afrika, maupun Eropa. Dengan potensi sasaran pasar yang cukup luas, hampir semua jenis produk Indonesia, baik produk yang termasuk 10 komoditas utama ekspor Indonesia maupun komoditas non-utama memiliki potensi pasar di Dubai.

Indonesia memandang peran penting UEA, khususnya Dubai, sebagai salah satu hub perdagangan dunia dan Dubai sebagai pusat impor dan reeskspor produk Indonesia di pelbagai negara. Oleh sebab itu, Indonesia memanfaatkan peran Dubai untuk meningkatkan ekspor produk pertanian, seperti buah-buahan, selain ekspor langsung yang dilakukan Lulu Hypermarket ke UEA.

Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 20 Oktober 2020.
Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 20 Oktober 2020.

Ekspor komoditas Indonesia ke UEA, antara lain mesin, kendaraan bermotor, peralatan listrik, suku cadang pesawat, produk dari kayu, batu berharga, makanan jadi, produk sayuran, dan hewan. Adapun impor Indonesia dari UEA terdiri dari mesin, minyak bumi, pelumas, aluminium, bahan kimia, dan bijih plastik.

Terletak di bagian tenggara Semenanjung Arab, UEA merupakan daratan berbentuk segitiga dengan garis pantai berhubungan dengan pantai Teluk Arab di bagian selatan dan tenggara, serta bagian dari pantai barat Teluk Oman. UEA berbatasan darat dengan Oman dan Arab Saudi.

UEA memiliki luas wilayah 83.600 kilometer persegi dan berbatasan negara dengan Arab Saudi (barat, selatan, dan tenggara), Oman (tenggara dan timur laut), Qatar (barat laut), serta Iran (utara). UEA memiliki panjang garis batas dengan Arab Saudi (530 km), Oman (450 km), Qatar (19 km), serta Iran (berbatasan laut).

UEA beriklim tropis dengan musim panas (April sampai Agustus), musim dingin (September sampai Maret), disertai curah hujan yang rendah. Secara topografi, UEA memiliki dataran pantai yang rendah menyatu ke bukit pasir bergulir dari gurun Rub Al-Khali, sementara pegunungan terjal berada di pinggiran perbatasan timur dengan Oman.

Dari segi sumber daya alam, UEA memiliki cadangan minyak, sekitar 3,3% produksi minyak dunia. UEA menempati peringkat delapan negara penghasil minyak terbesar di dunia. Sebanyak 90% sumber minyak ditemukan di wilayah Abu Dhabi, gas (1,6% produksi gas dunia dan memiliki 3,2% cadangan gas dunia), aluminium (3,4% produksi smelter aluminium dunia), dan sulfur (pengekspor sulfur terbesar di dunia).

Dengan bentuk negara federasi konstitusional, UEA adalah negara Islam berdasarkan Al-Qur'an dan sunah sesuai konstitusi The UAE Constitution 1971. UEA menggunakan civil law system dengan beberapa elemen diambil dari hukum Islam (syariah).

Tanpa partai politik, kepala negara UEA adalah presiden dan wakil presiden dipilih oleh Federal Supreme Council (FSC) untuk masa jabatan lima tahun. Apabila presiden dalam keadaan berhalangan, wakil presiden berkewajiban mengambil alih tanggung jawabnya. Presiden memiliki kekuasaan eksekutif dan legislatif yang luas.

Presiden memiliki kewenangan menyelenggarakan dan memimpin sidang-sidang FSC dan kabinet. Presiden merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata dan melakukan tugas mewakili negaranya dalam hubungan luar negeri. Presiden juga menandatangani setiap produk hukum dan perundang-undangan, ketetapan, serta keputusan, termasuk ratifikasi perjanjian internasional.

Presiden UEA menetapkan (penugasan dan pemberhentian, Red) perdana menteri serta ketua Federal Supreme Court beserta hakim agung, dan mengangkat duta besar. Kekuasaan tradisional presiden yang tetap berlangsung adalah memberikan amnesti dan pengampunan bagi terpidana.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini


BAGIKAN
Share to WhatsApp


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


B1 Livestream

TERKINI
Kemendikbudristek Tingkatkan Transformasi dan Inovasi Pendidikan Lewat Teknologi

Kemendikbudristek Tingkatkan Transformasi dan Inovasi Pendidikan Lewat Teknologi

NEWS | 7 jam yang lalu









BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings