Logo BeritaSatu
Home > Fokus > Pelayanan Maskapai Disorot

Meski Tertekan, Industri Penerbangan Tak Boleh Abaikan Pelayanan

Rabu, 30 November 2022 | 09:52 WIB
Oleh : Tim Beritasatu.com / Anselmus Bata

Jakarta, Beritasatu.com - Mahalnya tiket pesawat terbang beberapa waktu lalu tak lepas dari pandemi Covid-19 yang melanda industri penerbangan di dunia, termasuk di Indonesia. Pandemi membuat aktivitas dan pergerakan manusia terbatas. Imbasnya, mayoritas maskapai melakukan penyesuaian jadwal penerbangan dan memarkir pesawatnya di hanggar untuk sekadar bertahan.

Selain minimnya jumlah penumpang, industri aviasi juga dihadapkan pada lonjakan harga bahan bakar minyak (BBM) avtur yang sempat melambung hingga 170% seiring meroketnya harga minyak mentah dunia akibat perang Ukraina-Rusia. Pada Juli 2022, harga minyak sempat mencapai posisi tertinggi US$ 147 per barel dan posisi saat ini berkisar US$ 80-an per barel.

Pemicu lainnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengizinkan maskapai khusus penerbangan domestik menetapkan biaya tambahan bahan bakar kepada konsumen pada April 2022. Akibatnya, harga tiket pesawat menjadi lebih mahal. Berdasarkan catatat, harga tiket sempat melambung 150% sampai 300% dibanding harga rata-rata normal.

Kenaikan harga tiket pesawat yang puncaknya terjadi pada Agustus 2022 membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta anak buahnya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir segera mengatasi masalah tersebut.

"Di lapangan yang saya dengar juga ada keluhan 'Pak, harga tiket pesawat tinggi'. Ini sudah langsung saya reaksi, Pak Menteri Perhubungan saya perintah segera ini diselesaikan," katanya dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8/2022).

Frekuensi Penerbangan
Mengutip sejumlah online travel agent (OTA), harga tiket pesawat Jakarta-Surabaya pada 20 Agustus 2022 untuk Lion Air Rp 1,1 juta-Rp 1,17 juta, Super Air Jet Rp 1,08 juta-Rp 1,19 juta, Citilink Rp 1,2 juta, Batik Air Rp 1,48 juta, dan Garuda Indonesia Rp 1,59 juta

Salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah mendorong penambahan frekuensi penerbangan guna menekan mahalnya harga tiket. Namun, mempercepat penambahan frekuensi penerbangan juga bukan perkara mudah. Menurut Indonesia National Air Carrier Association (INACA), sebetulnya maskapai, baik BUMN maupun swasta, selama ini bukannya tak berupaya menambah kapasitas. Mereka dihadapkan pada persoalan ketersediaan pesawat karena selama 2 tahun berhenti beroperasi.

“Pesawat yang sudah lama berhenti harus masuk ke MRO (maintenance, repair, and overhaul) agar bisa dites layak terbang. Ini juga butuh proses dan waktu agar kapasitas angkutnya kembali seperti pada 2019,” kata Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja belum lama ini.

Bos AirAsia Indonesia bahkan mengaku kewalahan menurunkan harga tiket pesawat dalam kondisi perekonomian seperti saat ini. Situasi global saat ini pun tak banyak berubah ketimbang tahun lalu.

Menurut Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Y Sinaga, belum pulihnya kapasitas penerbangan dan tingginya harga avtur masih membayangi maskapai. Dengan demikian, industri aviasi masih kesulitan mengobral tiket murah seperti yang dilakukan sebelumnya.

Seiring waktu, perintah Jokowi yang meminta PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk untuk menambah armada demi menekan harga tiket berbuah hasil. Garuda menambah jumlah pesawat hingga 70 unit sampai akhir 2023 dari sekitar 33 unit per Juni 2022.

“Kami akan berusaha me-recover jumlah kapasitas penerbangan. Saat ini yang beroperasi 33 dari 142 pesawat,” ujar Director of Human Capital Garuda Indonesia Aryaperwira Adileksana dalam rapat bersama Komisi V DPR, beberapa waktu lalu.

Dengan sejumlah langkah, harga tiket berangsur melandai. Mengacu OTA pada 29 November 2022, harga tiket Jakarta-Surabaya dengan Lion Air Rp 948.000, Super Air Jet Rp 915.000, Citilink Rp 894.000, Batik Air Rp 908.000, dan Garuda Indonesia tetap Rp 1,59 juta.

Lalai
Persoalan yang mengimpit industri penerbangan membuat sejumlah maskapai lalai pada aspek pelayanan. Sebut saja kasus Batik Air yang mengubah jadwal penerbangan, sehingga musisi Ari Lasso ketinggalan pesawat pada penerbangan dari Singapura ke Surabaya.

Kejadiannya, Batik Air mengubah jadwal penerbangan dari Singapura ke Surabaya, tetapi tiba-tiba berubah kembali tanpa pemberitahuan ulang. Alhasil, Ari Lasso dan dua rekannya ketinggalan pesawat dan gagal manggung di Surabaya. Praktis, Ari Lasso mesti membeli tiket dan merogoh kocek untuk menginap satu malam di hotel, meskipun akhirnya diganti oleh maskapai.

Lain lagi cerita Kaesang Pangarep, putra bungsu Jokowi yang mengalami pengalaman tidak mengenakkan oleh Lion Air Group.

Kaesang bercerita dirinya tiba di Surabaya dari Singapura, sedangkan kopernya justru tiba di Bandara Kualanamu, Medan.

"Horeeee naik Batik Air ke Surabaya tapi koperku selamat sampe bandara Kualanamu. Terima kasih Batik Air," cuit Kaesang lewat akun twitternya @kaesangp Senin (14/11/2022).

Selang seminggu setelah kasus kesasarnya koper ke Bandara Kualanamu, tunangan Erina Gudono itu kembali dikecewakan maskapai Lion Air. Dalam unggahannya melalui media sosial Twitter @kaesangp, Kaesang membalas cuitan seorang warganet tentang pengalaman penerbangannya yang di-reschedule pihak Lion Air tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

"Sama kok. Saya sampe kesel sendiri gak bisa hadirin nikahan temen SD yang udah bantuin di perusahaan saya," unggah Kaesang sambil membagikan foto informasi reschedule pihak Lion Air terkait perjalanan Kaesang tersebut.

Dalam foto unggahan itu, Kaesang yang memilih menggunakan maskapai Lion Air untuk penerbangan Jakarta-Solo tanggal 11 November 2022 harus kecewa karena penerbangan Lion Air pukul 06.45 WIB harus dibatalkan dan dialihkan ke maskapai lain Super Air Jet pukul 09.10 WIB.

Hal itu tentunya membuat Kaesang kesal karena tak bisa mengikuti acara ijab kabul sahabatnya di Solo pukul 08.00 WIB.

Sejumlah kasus ini membuat platform layanan travel Bounce pada pertengahan November lalu menahbiskan Lion Air dan Wings Air menempati peringkat pertama dan kedua maskapai terburuk di dunia. Hal itu merupakan laporan The 2022 Airline Index.

Laporan Bounce juga menyebut tingkat kedatangan tepat waktu Lion Air tercatat cuma 42,27% yang berarti maskapai ini sering terlambat. Kemudian, tingkat pembatalan Lion Air juga tinggi, yakni m34,43%, yang artinya sepertiga penerbangan Lion Air dibatalkan selama satu tahun terakhir.

Lion Air menjadi maskapai maskapai dengan pelayanan terburuk dalam daftar tersebut dengan skor 0,72. Sementara Wings Air, soal kedatangan tepat waktunya cuma mencapai 49,78%, sedangkan tingkat pembatalan sebesar 20,63%.

Kasus Ari Lasso dan Kaesang seharusnya menjadi pelajaran berharga bagi maskapai penerbangan agar tidak terulang lagi. Jangan menjadikan mahalnya harga avtur dan frekuensi penerbangan sebagai kambing hitam, sehingga maskapai men-downgrade layanan atau amit-amit menyampingkan aspek keamanan.

Dongkrak Pariwisata
Akhir tahun ini merupakan momen khusus bagi masyarakat untuk merayakannya di sejumlah tempat. Apalagi, libur akhir tahun kali ini diprediksi akan diisi banyak aktivitas mengingat kasus Covid-19 cenderung turun dan melandai. Kondisi ini mendorong sektor pariwisata lebih menggeliat dibanding tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, tiket pesawat murah menjadi perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Dia berharap tiket pesawat saat liburan akhir tahun nanti tidak naik secara signifikan, sehingga tetap terjangkau oleh masyarakat.

Sandiaga Uno tengah mengupayakan penambahan jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi. "Kami koordinasi dengan Kementerian Perhubungan, maskapai penerbangan, serta stakeholders di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk BUMN yang in joining,” ujar Sandiaga dalam acara "The Weekly Brief With Sandi Uno" di kantor Kemenparekraf, belum lama ini.

Keterjangkauan harga tiket pesawat itu diharapkan dapat mendongkrak kunjungan turis mancanegara (wisman) maupun domestik. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah kunjungan wisman terus mengalami peningkatan sejak Januari 2022. Jumlah kunjungan wisman mencapai 2,27 juta sepanjang Januari-September 2022 atau naik 2.530,58 persen year-on-year.

Di sisi lain, mahalnya tiket pesawat nyatanya tidak menyurutkan niat traveller di seluruh dunia untuk bepergian. Hal ini tampak pada hasil riset Global Rescue Summer Travel Safety and Sentiment Survey 2022, yang menunjukkan sebesar 79% traveller di seluruh dunia tetap melakukan perjalanan karena sudah bosan di rumah selama 2 tahun.

Mereka tetap akan berwisata meski harga tiket pesawat masih tinggi. Kendati begitu, muncul tren baru secara global yang membuat traveller lebih memilih membeli paket wisata secara keseluruhan atau paketan dibanding membeli satuan.

Hasil riset Global Rescue Summer Travel Safety and Sentiment Survey 2022 diharapkan menular ke Indonesia sehingga bisa mendongkrak kinerja industri penerbangan. Namun, meningkatnya permintaan jangan disalahgunakan maskapai dengan mengerek harga tiket sehingga memberatkan konsumen. 



Koper Kaesang Nyasar ke Kualanamu, Batik Air Minta Maaf

Senin, 14 November 2022 | 15:36 WIB
Oleh : Chairul Fikri / Carlos KY Paath

Jakarta, Beritasatu.com - Insiden koper Kaesang Pangarep nyasar ke Bandara Kualanamu, padahal seharusnya menuju Surabaya, membuat Batik Air meminta maaf. Batik Air telah mengembalikan koper Kaesang. Hal itu diungkapkan Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro kepada wartawan, Senin (14/11/2022).

“Menanggapi keluhan tentang bagasi yang tidak diterima di bandar udara tujuan dari salah satu tamu atas nama Pangarep, Kaesang dan perkembangan berita, bahwa Batik Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul,” kata Danang.

Kaesang telah menerima langsung kopernya. “Terkait insiden tersebut, pihak Batik Air telah mengembalikan koper yang bersangkutan ke alamat yang bersangkutan dan diterima pada Senin (14/11/2022) pukul 02.30 WIB,” ujar Danang.

Batik Air berjanji akan melakukan investigasi dan penyelidikan pada pihak-pihak yang melakukan kesalahan.

“Batik Air saat ini masih melakukan proses investigasi di internal mengenai ketidaksesuaian memasukkan bagasi pada pesawat udara yang dioperasikan sesuai nomor penerbangan dan kota tujuan. Hasil penyelidikan berupa rekomendasi atau referensi yang diperoleh akan dipergunakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada tamu,” tandasnya.

Sebelumnya, koper Kaesang nyasar ke Bandara Kualanamu, Minggu (13/11/2022). “Horeeee naik Batik Air ke Surabaya tapi koperku selamat sampe bandara Kualanamu. Terima kasih Batik Air,” tulis Kaesang dalam akun media sosialnya.

Kaesang sempat menuliskan informasi tentang kondisinya yang tidak mandi akibat seluruh peralatannya ada dalam koper.

Malem ini punya alasan nggak mandi ke ibuk karena koperku diterbangin sama Batik Air ke Kualanamu. Terima kasih Batik Air,” ujar kekasih Erina Gudono tersebut.



Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

Minggu, 25 September 2022 | 12:44 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / Unggul Wirawan

Montreal, Beritasatu.com- Harga tiket pesawat diperkirakan akan naik lebih tinggi. Seperti dilaporkan RT, Sabtu (24/9/2022), industri transportasi udara menghadapi kenaikan biaya bahan bakar jet dan masalah keuangan pascapandemi Covid-19.

Perjalanan udara bisa menjadi lebih mahal dalam beberapa bulan mendatang, bunyi laporan CNBC minggu ini, yang mengutip pernyataan eksekutif penerbangan terkemuka.

“Penurunan kapasitas penyulingan Amerika Serikat (AS) yang mengakibatkan bahan bakar jet lebih mahal, dan masalah keuangan bagi maskapai karena pandemi diberikan sebagai alasan potensi kenaikan harga,” kata direktur jenderal Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), William Walsh, saat wawancara kepada CNBC pada Rabu (21/9).

Kapasitas AS untuk menyuling minyak mentah menjadi bahan bakar dan produk lainnya turun ke level terendah sejak 2014 tahun ini, menurut laporan kapasitas kilang tahunan pemerintah federal yang dirilis pada Juni. Penurunan tersebut disebabkan oleh penutupan kilang di dalam negeri karena berbagai faktor dalam beberapa tahun terakhir.

Di AS, harga tiket pesawat melonjak 25% pada tahun lalu, lompatan tahunan terbesar sejak 1989, dan terus naik lebih tinggi tahun 2022.

“Faktor lain yang menaikkan biaya penerbangan secara global adalah dampak dari konflik antara Rusia dan Ukraina,” kata CEO Qatar Airways Akbar Al Baker, seperti dikutip CNBC.

Al Baker mengatakan konflik tersebut akan “mendorong inflasi, memberi lebih banyak tekanan pada rantai pasokan,” dan juga menyebabkan ketidakstabilan harga minyak.

Dalam beberapa bulan terakhir, maskapai harus menggunakan rute alternatif untuk menghindari terbang di atas Ukraina dan Rusia. Menurut portal perjalanan ViaTravelers.com, penerbangan dari London ke Delhi, misalnya, sekarang harus membuat jalan memutar, sehingga memicu beberapa jam tambahan waktu penerbangan dan bahan bakar.



Sandiaga Uno Optimistis Kunjungan Wisatawan Mancanegara Meningkat

Selasa, 11 Oktober 2022 | 14:50 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / Claudia Ramadhani

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis, target kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun ini sekitar 1,8 juta hingga 3,6 juta orang dapat tercapai.

Optimisme itu muncul seiring meningkatnya minat dan kepercayaan wisatawan mancanegara terhadap Indonesia.

"Alhamdulillah, kita melihat demand untuk ke Indonesia ini tinggi. Jadi kami memastikan bahwa dengan beberapa kegiatan untuk mengonversi minat ke kunjungan itu bisa kita lakukan dalam beberapa bulan ke depan sehingga nanti di (tahun) 2023, target yang meningkat secara tajam, hampir dua kali lipat, bisa kita capai dengan jumlah tambahan penerbangan," kata Sandi dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa, (11/10/2022).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara  ke Indonesia hingga Agustus 2022 telah mencapai 1,86 juta orang. Sandi memperkirakan hingga akhir tahun 2022, jumlah itu dapat mencapai 2,5 juta orang.

"Alhamdulillah target sangat dalam posisi bisa kita capai dalam ambang batas tengah, jadi karena 1,8--3,6 juta, maka ambang batas tengahnya itu kita lihat sekitar 2,5 juta bisa tercapai," ujar dia.

Meningkatnya angka kunjungan wisatwan mancanegara ke Indonesia selain tidak lepas dari semakin pulihnya kepercayaan masyarakat dunia terhadap pariwisata Indonesia, juga ditopang oleh penyelenggaraan berbagai event internasional, khususnya rangkaian Presidensi G-20 Indonesia yang puncaknya akan berlangsung pada November 2022 di Bali.

"Acara G-20 ini, tentunya sangat patut kita syukuri bahwa sektor-sektor kuliner, fesyen, dan kriya ini tumbuh dan berkembang. Alhamdulillah, ini sudah membuka 33 ribu lapangan kerja baru, peningkatan konsumsi domestik sudah sampai Rp1,7 triliun dan meningkatkan citra positif kita,” jelas dia.

Ia berharap, saat lepas G-20 dan memasuki masa liburan, jumlah penerbangan akan semakin ditambah, sehingga harga tiket pesawat dapat lebih terjangkau. Ia juga berharap penambahan tersebut diiringi dengan peningkatan keterisian kursi.

“Harapan bagi kita tentunya harga tiket pesawat ini akan berangsur turun karena semakin banyak penambahan jumlah penerbangan. Bali baru saja ditambah beberapa jumlah penerbangan, juga ada penambahan jumlah penerbangan ke beberapa destinasi seperti Labuan Bajo, tentunya kita sangat syukuri,” ujarnya.

Selain wisatawan mancanegara, lanjut Sandi, Kemenparekraf juga terus berupaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus). Upaya ini sejalan dengan imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar masyarakat berwisata di dalam negeri saja, karena Indonesia kaya akan potensi wisata.

"Kita ditargetkan untuk menambah pergerakan wisatawan nusantara sampai 1,4 miliar orang. Karena, kita jauh tertinggal dibanding Tiongkok, dibanding Australia, yang pergerakan kunjungan wisatawan nusantaranya jauh lebih tinggi dibanding kita," ujarnya.

Sandi secara khusus mengundang para investor untuk berinvestasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif karena memiliki potensi yang sangat besar.

"It’s time to invest now, karena di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif banyak peluangnya, terutama di sektor-sektor unggulan seperti hotel, restoran, dan kafe. Ini sekarang peminatnya luar bisa, seperti di Danau Toba, tapi suplainya kurang. Harapan ke depan bahwa US$ 6--8 miliar yang kita akan tarik berinvestasi ini akan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024,” pungkasnya.








TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


B1 Livestream

TERKINI
Cuaca Hari Ini 29 Januari 2023 di Jabodetabek: Bogor, Depok, dan Bekasi Hujan sejak Pagi hingga Malam

Cuaca Hari Ini 29 Januari 2023 di Jabodetabek: Bogor, Depok, dan Bekasi Hujan sejak Pagi hingga Malam

NEWS | 4 jam yang lalu









CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE