Logo BeritaSatu
Home > Fokus > Persaingan Sengit di Liga Inggris

Man City dan Liverpool Kembali Bersaing di Liga Inggris?

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:16 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / Anselmus Bata

London, Beritasatu.com – Kompetisi sepak bola Liga Inggris atau Premier League musim 2022/2023 segera dimulai. Perebutan gelar juara dan juga posisi tiga terbawah (terdegradasi) menjadi sisi menarik dari kompetisi yang disebut-sebut paling ketat di dunia ini.

Masih teringat persaingan ketat perebutan gelar juara di musim lalu yang bisa dibilang berakhir dramatis. Manchester City dan Liverpool harus menuntaskan persaingan untuk menjadi juara hingga laga terakhir. "The Citizens" julukan Manchester City meraih gelar juara Liga Inggris 2021/2022 setelah melalui comeback dramatis melawan Aston Villa di Stadion Etihad, Minggu (22/5/2022) waktu setempat. Kemenangan 3-2 atas Villa membuat Manchester City berhasil meraih 93 poin dari 38 pertandingan di Liga Inggris musim ini.

Mereka hanya unggul satu poin dibanding Liverpool yang menang 3-1 atas Wolverhampton Wanderers pada saat yang sama. Peringkat ketiga ditempati Chelsea dengan margin 18 poin dari pimpinan klsaemen.

Lalu, ada Tottenham Hotspur di peringkat keempat sekaligus mengamankan tiket terakhir di Liga Champions, diikuti Arsenal di peringkat kelima dan Manchester United tercecer di peringkat keenam.

Rivalitas Manchester City dan Liverpool sepertinya akan berlanjut di musim baru 2022/2023. City dan Liverpool telah membuat perubahan pada squad mereka selama musim panas. City mendatangkan Erling Haaland dari Borussia Dortmund untuk menambah kekuatan serangan. Musim lalu, lini serang City sudah mumpuni dengan mencetak 99 gol.

Untuk memberi ruang bagi Haaland, Raheem Sterling pergi ke Chelsea dan Gabriel Jesus bergabung dengan Arsenal. Ini menunjukkan seberapa besar kepercayaan yang dimiliki Pep Guardiola terhadap squad-nya, sehingga bersedia melepas dua pemain ke rival.

Grafis transfer musim panas Manchester City.
Grafis transfer musim panas Manchester City.

Jika ada yang akan menghentikan "Citizens" untuk memenangi gelar kelima dalam enam tahun, kemungkinan paling besar berada pada kubu Liverpool. Pasukan Juergen Klopp tak henti mengejar pemimpin klasemen selama minggu-minggu terakhir musim lalu. Liverpool menang dalam 15 dari 17 pertandingan terakhir mereka.

Sayangnya, mereka harus puas sebagai runner up dan memenangi dua piala domestik sebelum Real Madrid mengalahkan mereka 1-0 di final Liga Champions di Paris.

Darwin Nunez telah bergabung dengan harga awal £64 juta dari Benfica untuk menebus kepergian Sadio Mane ke Bayern Muenchen. Belum lagi kehadiran pemain muda potensial Fabio Carvalho yang menawarkan Klopp opsi serangan baru setelah didatangkan dari Fulham. Lini serang Liverpool yang diisi Mohamed Salah, Luis Diaz, ditambah Darwin Nunez dan Carvalho kian menebar ancaman buat pertahanan lawan, termasuk City.

Lanjutan rivalitas keduanya sudah dimulai di Community Shield. Hasilnya, Liverpool menuntaskan pembalasan dengan meraih kemenangan 3-1 di Stadion King Power, Leicester, Sabtu (30/7/2022), sekaligus berhak mengangkat trofi Community Shield ke-16 mereka.

Meski kalah, pelatih City, Pep Guardiola mengaku kepercayaan dirinya untuk bisa bersaing di Premier League tidak menurun.

“Tidak ada alasan untuk tidak percaya diri,” ujar Guardiola.

Pelatih Manchester City Pep Guardiola mencium trofi Liga Inggris.
Pelatih Manchester City Pep Guardiola mencium trofi Liga Inggris.

Juru taktik asal Spanyol itu meyakini bahwa para pemainnya selama ini selalu menunjukkan level kompetitif, baik dalam Liga Premier, piala-piala domestik, maupun kompetisi Eropa.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi sepanjang musim nanti, tetapi saya mengenal para pemain. Tak sedetik pun keraguan tebersit,” katanya.

“Beberapa hari lalu kami bermain melawan Bayern Muenchen dan tampil sangat baik, dan melawan Liverpool kami juga melakukan hal-hal baik. Saya pikir kami tidak terlalu jauh,” kata Guardiola.

Grafis transfer musim panas Liverpool.
Grafis transfer musim panas Liverpool.

Legenda Inggris, Alan Shearer juga memprediksi musim 2022/2023 masih akan menjadi milik Manchester City atau Liverpool.

“Piala Dunia yang digelar pada musim dingin berarti ini akan menjadi musim Liga Inggris yang tiada duanya, tetapi satu hal akan tetap sama, yakni Manchester City dan Liverpool masih akan bersaing untuk gelar juara,” tutur Shearer.

“Ketika saya melihat kelompok tim yang berada tepat di bawah mereka, Tottenham dan Arsenal telah meningkat pesat, tetapi saya masih berpikir itu belum cukup bagi salah satu dari mereka untuk memberikan tantangan,” lanjutnya.

Menurut Shearer, ada kesenjangan antara dua tim teratas dan yang lainnya, bukan hanya karena kualitas, juga karena keyakinan dan dorongan tanpa henti untuk sukses yang berasal dari pelatih.

“City mengincar hat-trick gelar. Itu adalah pencapaian yang hanya bisa dicapai Manchester United di era Liga Premier, yang memberi tahu Anda betapa sulitnya itu, tetapi itu ada dalam pandangan Pep sekarang," kata Shearer.

Selain itu, kompetisi musim ini juga akan menghadirkan tiga tim promosi. Mereka adalah Fulham, Nottingham Forest, dan Bournemouth.

Fulham hanya butuh semusim untuk comeback ke Premier League atau terakhir kali tampil di divisi teratas pada musim 2020/2021. Sementara Bournemouth membutuhkan waktu dua musim untuk kembali ke Premier League.

Sedangkan bagi Forest, keberhasilan promosi ini merupakan penantian panjang setelah 23 tahun lamanya. Forest promosi setelah memenangi final playoff Divisi Championship dengan mengalahkan Huddersfield Town 1-0 di Stadion Wembley, Minggu (29/5/2022) malam WIB.



Berebut Status Bomber Tersubur Liga Inggris Musim 2022/2023

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 11:28 WIB
Oleh : Jaja Suteja / Anselmus Bata

Jakarta, Beritasatu.com - Kompetisi paling bergengsi di Inggris, Liga Inggris atau Premier League musim 2022/2023 digelar mulai Jumat (5/8/2022) waktu setempat atau Sabtu (6/8/2022) dini hari WIB. Klub-klub pun berbenah menjelang musim baru. Beberapa tim menambah kekuatan di lini depan. Arsenal misalnya, merekrut Gabriel Jesus dari Manchester City.

Sementara Liverpool membeli Darwin Nunez dari Benfica untuk menggantikan Sadio Mane yang pindah ke Bayern Muenchen. Namun, yang paling spektakuler adalah aksi Manchester City yang mengamankan Erling Haaland dari Borussia Dormund.

Manchester City tidak memberikan perincian keuangan dari kesepakatan itu, tetapi media Jerman melaporkan bahwa total biaya untuk mendapatkan Haaland dengan kontrak jangka panjang melebihi 300 juta euro (sekitar Rp 4,58 triliun), termasuk gaji, biaya agen, bonus, termasuk klausul pembebasan kontraknya yang mencapai 60 juta euro.

Darwin Nunez dan Erling Haaland diprediksi bakal masuk jajaran striker pencetak gol terbanyak pada kompetisi musim baru nanti. Namun, mereka juga harus bersaing dengan nama-nama yang sudah lama berkompetisi di Liga Inggris, seperti Mohamed Salah dari Liverpool, serta dua penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min dan Harry Kane.

Dua eks pemain Manchester City yang kini bergabung dengan klub lain, Gabriel Jesus (Arsenal) dan Raheem Sterling (Chelsea), juga berpotensi masuk dalam jajaran penyerang tersubur musim mendatang di Liga Inggris. Berikut barisan calon bomber tersubur di Liga Inggris musim 2022/2023:

1. Mohamed Salah (Liverpool)
Striker asal Mesir ini direkrut Liverpool tahun 2017 dari AS Roma. Ketajamannya langsung dia buktikan dengan menjadi top scorer alias pencetak gol terbanyak pada tahun pertamanya beraksi di Liga Inggris membela "The Reds".

Pada musim 2017/2018 dia menyabet gelar pemain tersubur di kompetisi paling bergengsi di Inggris itu dengan koleksi 32 gol. Dalam beberapa musim berikutnya membela "The Reds", Salah selalu masuk lima besar sebagai pencetak gol terbanyak.

Pada musim keduanya di Liga Inggris (2018/2019), Salah mengoleksi 22 gol dan membuatnya menjadi satu dari tiga pencetak gol terbanyak bersama pemain asal Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang dari Arsenal serta rekan satu timnya, Sadio Mane.

Bek Norwich City Brandon Williams (kiri) mencoba mengadang pemain Liverpool Mohamed Salah dalam laga Liga Premier Inggris di Stadion Anfield, Sabtu, 19 Februari 2022.
Bek Norwich City Brandon Williams (kiri) mencoba mengadang pemain Liverpool Mohamed Salah dalam laga Liga Premier Inggris di Stadion Anfield, Sabtu, 19 Februari 2022.

Sementara pada musim 2019/2020, Salah bertengger di posisi kelima daftar top scorer. Dengan koleksi 19 gol, dia menempati posisi kelima setelah Jamie Vardy (Leicester) dengan 23 gol, striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang (22 gol), Danny Ings dari Southampton (22 gol), serta Raheem Sterling dari Manchester City (20).

Selanjutnya pada musim 2020/2021, pemain yang kini berusia 30 tahun itu, mencetak 22 gol. Jumlah ini menempatkannya di posisi kedua daftar pencetak gol terbanyak setelah Harry Kane dari Tottenham Hotspur. Salah hanya berselisih satu gol dengan striker timnas Inggris itu.

Sementara pada musim lalu, 2021/2022, Salah kembali menjadi pencetak gol terbanyak Liga Inggris seperti yang dia sabet pada musim pertamanya di Liverpool. Dia berbagi gelar tersebut bersama striker Tottenham Hotspur, Son Heung-min, setelah sama-sama menghasilkan 23 gol.

Liverpool akan kembali mengandalkan Salah sebagai penjebol gawang lawan musim mendatang setelah mantan pemain Chelsea itu memperpanjang kontrak di Anfield. Pada musim 2022/23, dia akan dibantu penyerang anyar, Darwin Nunez, yang baru didatangkan dari Benfica.

2. Son Heung-min (Tottenham Hotspur)
Pemain asal Korea Selatan ini memperkuat Tottenham mulai 2015 setelah ditransfer dari Bayer Leverkusen. Dia memang tidak langsung menunjukkan ketajamannya pada musim pertama beraksi di Liga Inggris.

Namun, dalam dua musim terakhir dia selalu masuk lima besar pencetak gol terbanyak. Meski bukan berstatus sebagai striker utama seperti rekannya, Harry Kane, pemain yang juga pernah membela Hamburg di Liga Jerman ini terus menunjukkan kesuburannya dalam dua musim terakhir.

Pada musim pertamanya bersama Tottenham (2015/2016), Son hanya menghasilkan empat gol. Namun, seiring waktu berjalan, dia terus menunjukkan peningkatan.

Son Heung-Min.
Son Heung-Min.

Kemampuannya mencetak gol ke gawang lawan dibuktikan dengan melesakkan 14 gol di Liga Inggris pada musim keduanya bersama Tottenham. Setelah dua musim beruntun menyumbang 12 gol, yakni pada musim 2017/2018 dan 2018/2019, Son hanya menghasilkan 11 gol musim selanjutnya.

Son masuk lima besar daftar pencetak gol terbanyak pada musim 2020/2021 setelah mencetak 17 gol, sama dengan yang dihasilkan Patrick Bamford dari Leeds United.

Pemain berusia 30 tahun itu akhirnya menjadi top scorer Premier League musim 2021/2022 bersama penyerang Liverpool Mohamed Salah setelah keduanya memproduksi 23 gol. Musim 2022/2023, Tottenham mendapat tambahan kekuatan di lini depan, yakni Richarlison yang digaet dari Everton. Menarik untuk melihat apakah pelatih Antonio Conte akan memasangkan sekaligus tiga penyerangnya, Son Heung-min, Richarlison, dan Harry Kane pada musim baru.

3. Harry Kane (Tottenham Hotspur)
Harry Kane adalah rekan satu tim Son Heung-min di Tottenham Hotspur. Duetnya bersama pemain Korea Selatan itu selalu menjadi ancaman bagi penjaga gawang lawan.

Dalam lima musim terakhir, Harry Kane selalu masuk enam besar daftar pencetak gol terbanyak. Pada musim 2017/2018, Harry Kane sebenarnya sukses mencetak gol yang cukup banyak, yakni 30 gol. Namun koleksinya ini ternyata kalah dibandingkan dengan Mohamed Salah yang pada musim itu menghasilkan 32 gol dan menyabet gelar pemain tersubur Liga Inggris.

Pada musim 2000/21, striker berusia 29 tahun ini bahkan menjadi top scorer Premier League dengan mengoleksi 23 gol. Saat itu, dia mengalahkan Mohamed Salah yang berada di posisi kedua dengan 22 gol. Sementara gelandang Manchester United, Bruno Fernandes berada di urutan ketiga setelah mencetak 18 gol.

Harry Kane.
Harry Kane.

Pada musim berikutnya (2021/2022), pemain yang pernah dipinjamkan ke Norwich dan Leicester ini bertengger di posisi keempat daftar pencetak gol terbanyak dengan 17 gol. Dia hanya berselisih satu gol dengan Cristiano Ronaldo yang menempati posisi ketiga. Top scorer diisi bersamaan oleh Son Heung-min dan Mohamed Salah.

Dalam musim 2022/2023, Harry Kane kembali menjadi andalan pelatih Antonio Conte di lini depan. Dengan tambahan Richarlison memperkuat barisan depan Tottenham, menarik untuk ditunggu apa yang akan dilakukan Conte terhadap trio strikernya, Harry Kane, Son-Heung-min, dan Richarlison.

4. Cristiano Ronaldo (Manchester United)
Kendati sudah senior dan ingin hengkang dari Manchester United, Cristiano Ronaldo tetap sangat layak masuk jajaran pemain yang berpotensi menjadi pencetak gol terbanyak. Saat baru kembali beraksi di Liga Inggris dan memperkuat Manchester United untuk periode kedua musim 2021/2022, Cristiano Ronaldo tetap membuktikan bahwa dirinya adalah striker yang patut diwaspadai,

Dia mencetak 18 gol dan berada di posisi ketiga daftar pencetak gol terbanyak setelah Son Heung-min dan Mohamed Salah yang sama-sama mengoleksi 23 gol.

Cristiano Ronaldo mengekspresikan kegembiraan setelah menjebol gawang Norwich City.
Cristiano Ronaldo mengekspresikan kegembiraan setelah menjebol gawang Norwich City.

Jika bertahan, Ronaldo akan tetap menjadi andalan pelatih anyar Manchester United, Erik ten Hag. Belum ada pemain depan yang akan menggesernya dari status sebagai penyerang utama di klub berjulukan "The Red Devils" itu, sehingga dia tetap berpotensi menjadi barisan penghasil gol terbanyak di Liga Inggris.

5. Erling Haaland (Manchester City)
Meski baru akan menjalani musim pertamanya di Liga Inggri, nama Erling Haaland, sangat layak dipertimbangkan sebagai pemain yang akan merangsek daftar pencetak gol terbanyak. Erling Haaland memiliki semua syarat untuk melakukannya di Liga  Inggrus. Dia masih muda, bertenaga, dan sangat tangguh di kotak penalti.

Haaland memang dikritik karena sempat gagal memanfaatkan peluang emas saat membela Manchester City dalam partai pembuka musim, Community Shield, melawan Liverpool. Namun pelatih Pep Guardiola sangat yakin Haaland akan sangat tajam.

Erling Haaland (berdiri, ketiga kiri) bersama rekannya di Manchester City.
Erling Haaland (berdiri, ketiga kiri) bersama rekannya di Manchester City.

“Dia kuat. Dia memang gagal memanfaatkannya kali ini. Namun, lain kali dia akan memasukkannya ke gawang. Jadi apa masalahnya?" ujar Guardiola soal Erling Haaland.

"Jadi itu terjadi. Ini sepak bola. Dia ada di sana. Dia juga mencetak gol lain, tetapi dianulir karena bola keluar dari garis dan dia mencetak gol. Jadi dia memiliki bakat ini, dia akan melakukannya," lanjut Guardiola.

Erling Haaland mencetak 86 gol dalam 89 pertandingan untuk Borussia Dortmund sebelum pindah ke Manchester City. Striker asal Norwegia itu tampaknya hanya butuh sedikit waktu untuk bisa nyetel di tim barunya di Liga Inggris.



Bisa Apa Trio London di Liga Inggris Musim 2022/2023?

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:11 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / Anselmus Bata

Jakarta, Beritasatu.com – Selain persaingan merebut gelar juara, Liga Inggris atau Premier League musim 2022/2023 juga akan menyajikan perburuan posisi lima besar klasemen yang tidak kalah menarik. Dengan melihat kekuatan yang masih dimiliki juara bertahan Manchester City dan Liverpool, patut juga disimak tim-tim lain yang berpotensi unjuk gigi untuk memperebutkan tiket ke Liga Champions. Trio London, yakni Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Chelsea akan bersaing.

Tottenham sudah mendatangkan striker Richarlison dari Everton di musim panas ini. Pelatih Antonio Conte cukup dimanjakan dengan kesibukan klub mendatangkan banyak pemain baru.

Selain Richarlison, ada Yves Bissouma, Ivan Perisic, dan Clement Lenglet. Mereka melengkapi kekuatan Spurs yang sudah memiliki Heung-Min Son, Harry Kane, dan Dejan Kulusevski yang luar biasa.

Spurs menyelesaikan musim lalu dengan meyakinkan, yakni mengemas empat kemenangan dari lima pertandingan terakhir mereka untuk mengalahkan Arsenal dan menempati peringkat keempat. Pengulangan pencapaian itu menjadi target minimum.

Spurs akan memulai Liga Inggris 2022/2023 melawan Southampton pada Sabtu (6/8/2022).

"Saya harus jujur. Sejak hari pertama ketika saya tiba di Tottenham, saya sangat senang karena saya selalu mengatakan bahwa saya menemukan klub, klub modern dengan stadion yang hebat dan tempat latihan yang fantastis. Semua yang dicita-citakan seorang pelatih untuk menemukan ketika Anda menandatangani kontrak,” ujar Conte.

Pelatih Tottenham Hotspur, Antonio Conte.
Pelatih Tottenham Hotspur, Antonio Conte.

"Anda tahu betul bahwa setiap musim hanya satu yang memenangi Liga Premier, Liga Champions, Piala FA, dan Piala Carabao,” lanjutnya.

Grafis transfer pemain Tottenham Hotspur.
Grafis transfer pemain Tottenham Hotspur.

Kekuatan Chelsea
Ini akan menjadi musim pertama Chelsea di bawah kendali pemilik baru. Meski tak ada lagi Roman Abramovich, Chelsea masih memiliki ambisi besar. Finis di posisi empat besar menjadi target yang realistis menyusul penandatanganan kontrak Raheem Sterling dan bek tengah Kalidou Koulibaly dari Napoli.

"The Blues" sebenarnya mengawali musim lalu dengan sangat baik, tetapi upaya menjadi kampiun gagal dicapai pada paruh kedua musim. Dengan materi pemain, seperti Reece James, Mason Mount, dan Kai Havertz, Chelsea berpotensi menyulitkan lawan mana pun.

Dilihat dari aktivitas transfer Pemain, Chelsea kurang begitu bergairah. Mereka hanya mendatangkan Eddie Beach (Southampton, nilai transfer tidak diketahui), Raheem Sterling (Manchester City, £ 50 juta), Kalidou Koulibaly (Napoli, £ 33 juta), Omar Hutchinson (Arsenal, gratis), dan Marc Cucurella (Brighton, £ 60 juta)

Ini berbanding jauh dengan jumlah pemain yang dilepas, yakni Antonio Ruediger (Real Madrid, gratis), Andreas Christensen (dilepas), Danny Drinkwater (dilepas), Charly Musonda (dilepas), Jake Clarke-Salter (QPR, gratis), Lucas Bergstrom (Peterborough, pinjaman), Romelu Lukaku (Inter Milan, pinjaman), Nathan Baxter (Hull, pinjaman), Ethan Wady (Woking, pinjaman), Ian Maatsen (Burnley, pinjaman), Henry Lawrence (MK Dons, pinjaman), dan Tino Anjorin (Huddersfield, pinjaman).

Meski demikian ini tidak lantas membuat Chelsea patut diremehkan. Bek sekaligus kapten Chelsea, Thiago Silva menegaskan timnya siap bersaing dalam perebutan gelar juara Liga Inggris.

“Target musim ini tentunya untuk memenangi Liga Premier. Ini adalah liga yang sangat sulit untuk dimainkan, tetapi saya pikir itu memungkinkan,” ujar Silva.

Bek Chelsea Thiago Silva (kiri) berduel dengan striker Wolverhampton Raul Jimenez dalam pertandingan Liga Premier Inggris di Stamford Bridge, London, Sabtu, 7 Mei 2022.
Bek Chelsea Thiago Silva (kiri) berduel dengan striker Wolverhampton Raul Jimenez dalam pertandingan Liga Premier Inggris di Stamford Bridge, London, Sabtu, 7 Mei 2022.

Arsenal Percaya Diri
Sementara itu, Arsenal membuat gelombang nyata di jendela transfer kali ini. Gabriel Jesus, Fabio Vieira, Oleksandr Zinchenko, Marquinhos dan Matt Turner telah didatangkan.

Setelah kemenangan pra-musim mereka melawan Sevilla pekan lalu, Pelatih Mikel Arteta yang ambisius mengakui dia ingin mendatangkan lebih banyak pemain jika pasar memungkinkan mereka melakukannya.

“Kami ingin mendapatkan keseimbangan sempurna dan rencana yang kami inginkan sejak awal. Apakah kita mencapai itu atau tidak adalah cerita lain,” katanya.

Grafis Mikel Arteta.
Grafis Mikel Arteta.

Kepercayaan diri Arsenal sedang tinggi menyusul hasil uji coba mereka di tur pramusim yang cukup menjanjikan. Mereka menyapu bersih kemenangan dalam lima laga uji coba. Menang 5-3 atas Nurnber (8/7/2022), 2-0 atas Everton (17/7/2022), 3-1 atas Orlando City (21/7/2022), 4-0 atas Chelsea (24/7), dan terakhir membantai Sevilla 6-0 di Emirates Cup (30/7). Dalam ajang perdana di Liga Inggris, Arsenal sukses mengalahkan Crystal Palace 2-0 dalam pertandingan Sabtu (6/8/2022) dini hari WIB. Akankah Arsenal sukses menyegel tiket Liga Champions musim ini?

Grafis formasi Arsenal.
Grafis formasi Arsenal.


Cristiano Ronaldo, Solusi atau Problem Manchester United?

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:03 WIB
Oleh : Jaja Suteja / Anselmus Bata

Jakarta, Beritasatu.com - Cristiano Ronaldo menjadi nama yang paling kencang disebut dalam bursa transfer menjelang musim baru dimulai. Pemain asal Portugal ini masih terdaftar sebagai anggota squad Manchester United (MU), tetapi statusnya masih meragukan.

Semua berawal dari sikap Cristiano Ronaldo yang mengaku ingin hengkang dari klub yang bermarkas di Old Trafford itu. Alasannya, Manchester United tidak tampil di Liga Champions karena hanya bertengger di posisi keenam kompetisi Premier League 2021/22.

Keengganan Cristiano Ronaldo membela "Setan Merah" sudah dimulai dengan absennya dalam persiapan pramusim. Meski demikian, MU menegaskan kalau Ronaldo akan membela "Setan Merah" di musim ini. Saat itu, MU menyebut Ronaldo absen karena masalah keluarga.

“Cristiano Ronaldo tidak akan menjadi bagian dari Manchester United yang dijadwalkan berangkat untuk tur pramusim kami di Thailand dan Australia pada Jumat. Dia telah diberikan waktu istirahat tambahan untuk menangani masalah keluarga," ujar Manchester United dalam pernyataannya.

Cristiano Ronaldo bersama rekannya, Harry Maguire.
Cristiano Ronaldo bersama rekannya, Harry Maguire.

Kabar ini pun langsung disambut munculnya bahwa rumor beberapa klub yang bisa menjadi pelabuhan Cristiano Ronaldo berikutnya. Klub-klub tersebut tentu bukan tim sembarangan. Nama klub top, seperti Paris Saint-Germain, Chelsea, Bayern Muenchen, bahkan dua klub musuh bebuyutan Ronaldo saat masih memperkuat Real Madrid, yakni Atletico Madrid dan Barcelona ikut disebut-sebut. Namun satu per satu menyatakan penolakannya menerima pemain berusia 37 tahun itu.

Cristiano Ronaldo dikabarkan telah ditawari ke Paris Saint-Germain (PSG), tetapi klub ibu kota Prancis itu menolaknya. Alasannya, PSG tak mau lagi memiliki pemain dengan gaji tinggi.

Sosok yang memiliki ide menawarkan Cristiano Ronaldo ke PSG adalah Jorge Mendes, agen pemain asal yang pernah membela Sporting Lisbon itu. Jorge Mendes mengenal baik Presiden PSG Nasser Al Khelaifi dan penasihat olahraga baru klub, Luis Campos. Namun, menurut media Le Parisien, PSG telah memutuskan untuk menolak Cristiano Ronaldo. Alasannya dalam kondisi saat ini dia tidak akan mendapat tempat di tim.

Kedatangan Cristiano Ronaldo berarti membangun tim di sekelilingnya, tetapi klub telah memutuskan bahwa kunci utama dari rekonstruksinya adalah Kylian Mbappe yang kontraknya baru saja diperbarui. Apalagi, Mbappe baru berusia 23 tahun, sementara Cristiano Ronaldo sudah 37 tahun.

Alasan lainnya adalah masalah keuangan klub juara bertahan Ligue 1 tersebut. Biaya dan gaji striker mantan penyerang Real Madrid itu akan menjadi penghalang, mengingat keuangan PSG telah diperiksa setelah beberapa tuduhan melanggar aturan financial fair play UEFA.

Klub Paris itu juga sudah mengeluarkan dana yang sangat besar untuk perpanjangan kontrak Mbappe. Selain itu PSG juga harus mengeluarkan gaji tinggi untuk bintang lain, seperti Lionel Messi dan Neymar. Beberapa pemain lain juga harus digaji dengan dana yang tidak kecil.

Selain itu, Al Khelaifi mengatakan kepada pers selama presentasi pelatih baru Christopher Galtier bahwa klub sedang mencari komitmen olahraga yang lebih kuat dan menurut Le Parisien, Ronaldo tidak cocok dengan ide baru ini.

Penolakan terhadap Ronaldo juga diungkapkan Bayern Muenchen. Alasannya? Dia dianggap tidak cocok dengan filosofi dengan tim yang bermarkas di Allianz Arena.

CEO Bayern Muenchen, Oliver Kahn, menyatakan merekrut pemain berusia 37 tahun itu tidak "sesuai dengan filosofi kami".

"Setinggi saya menilai Cristiano Ronaldo sebagai salah satu yang terbesar, transfer tak akan sesuai dengan filosofi kami," katanya kepada majalah Jerman, Kicker.

Chelsea yang semula dianggap sebagai klub paling potensial mendapatkan Ronaldo juga kemudian menyatakan tak tertarik lagi terhadap penyerang yang mencetak 18 gol di Premier League musim lalu itu.

Pelatih Thomas Tuchel mengatakan sejauh ini klub sudah senang dengan penandatanganan Raheem Sterling sebagai pemain depan mereka. Menurut Tuchel saat ini yang menjadi fokus adalah memperkuat pertahanan dengan mendatangkan pemain belakang. Dengan demikia, tidak ada lagi rencana Chelsea merekrut pemain depan.

Kabar yang menyebutkan Atletico Madrid menginginkan Cristiano Ronaldo juga dibantah presiden klub tersebut. Selain itu, Ronaldo juga bukan figur yang populer di kalangan suporter Atletico Madrid, terlebih dia pernah membela rival sekota Real Madrid, selama sembilan musim.

Selain itu, Atletico Madrid kini tidak dalam posisi secara finansial untuk merealisasikan proses transfer Cristiano Ronaldo dan memilih untuk mendapatkan pemain yang lebih realistis.

Isu Cristiano Ronaldo akan hengkang ke Atletico sempat kembali merebak setelah pasangan Cristiano Ronaldo, Georgina Rodriguez, mem-follow akun Instagram Carla Pereyra, yang tak lain adalah istri dari pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. Tindakan sederhana ini telah memicu desas-desus tentang kemungkinan kedatangan Cristiano Ronaldo di Estadio Wanda Metropolitano, markas Atletico.

Namun penolakan terhadap kemungkinan kedatangan Ronaldo kian keras. Sekelompok pendukung Atletico Madrid telah meminta klub ini menyampingkan perekrutan Cristiano Ronaldo dengan menyebut mantan pemain depan Real Madrid itu "antitesis" dari nilai-nilai Atletico.

"Berkaitan dengan kemungkinan perekrutan Ronaldo, jika itu lebih dari sekadar rumor tanpa dasar, kami menyatakan penolakan mutlak kami atas hipotesis dia bergabung dengan klub kita," bunyi pernyataan Persatuan Penggemar Internasional Atletico (Union Internacional de Peñas Atletico de Madrid) seperti dikutip laman ESPN.

Supoter menilai Cristiano Ronaldo adalah antitesis dari nilai-nilai yang menjadi ciri khas Atletico, seperti upaya, kemurahan hati, kesederhanaan dan kerendahan hati. Bahkan, mereka menilai kondisi seorang pemain dengan grafik yang sedang menurun tajam seperti Cristiano Ronaldo tidak bisa menjamin Atletico mendapatkan trofi.

"Kami tetap tak mau menerimanya. Perasaan menjadi bagian dari Atletico tidak ada dalam dirinya dan karena itu dia tidak akan pernah bisa mendapatkan pengakuan dari kami. Untuk itu, kami meminta klub menolak kemungkinan merekrutnya," demikian pernyataan itu.

Sekelompok suporter Atletico mengangkat spanduk menentang perekrutan Ronaldo, termasuk spanduk bertuliskan "CR7 Tidak Diterima" saat pertandingan persahabatan pramusim pertama tim melawan Numancia di Burgo de Osma pada Rabu, 27 Juli 2022.

Kembali
Ronaldo sendiri kemudian dikabarkan kembali ke Manchester setelah menjalani liburan bersama keluarga yang membuatnya absen membela MU di Asia dan Australia. Namun, dalam pertemuan dengan manajemen MU, Ronaldo ngotot ingin hengkang.

Dia pun tak masuk squad MU yang menjalani laga uji coba melawan Atletico di Oslo, Norwegia pada Sabtu, 30 Juli 2022. Namun, sehari kemudian dia ikut memperkuat "Setan Merah" yang beruji coba melawan Rayo Vallecano di Old Traffod.

Di sinilah masalahnya dengan pelatih Erik ten Hag mengemuka. Cristiano Ronaldo memang akhirnya kembali tampil untuk Manchester United dan memainkan pertandingan pramusim pertamanya di bawah pelatih baru Erik Ten Hag. Namun, keterlibatan keduanya dalam pertandingan pertama ini diwarnai perdebatan.

Terlihat ada kecanggungan dalam pertemuan pertama keduanya dalam pertandingan ini. Meski berhadapan, terlihat keduanya menghindari bertatap mata.

Cristiano Ronaldo diturunkan sejak pertandingan dimulai dan tampil sepanjang 45 menit. Di tengah pertandingan, saat jeda minum, Cristiano Ronaldo dan Erik ten Hag terlihat berdebat.

Dalam video, penyerang Portugal itu terlihat sama sekali tidak senang dengan apa yang diminta pelatih asal Belanda itu darinya. Dia berkali-kali mengangkat tangan dan menggelengkan kepala. Dia juga seperti mengabaikan instruksi Ten Hag dan tak menggubris mantan pelatih Ajax tersebut.

Ronaldo juga dikabarkan langsung meninggalkan Stadion Old Trafford setelah digantikan oleh Amad Diallo setelah jeda. Setelah sebelumnya sangat mengharapkan Ronaldo tetap bertahan, Manchester United kini tampaknya mulai jengah atas sikap striker berusia 37 tahun tersebut.

Erik ten Hag pun kini tampaknya sudah yakin timnya akan baik-baik saja tanpa Ronaldo. Ini sudah dibuktikan dengan hasil-hasil uji coba pramusim tanpa diperkuat mantan penyerang Juventus tersebut. Menghadapi klub sekaliber Liverpool misalnya, Manchester United bisa menang 4-0.

Erik ten Hag sudah memperingatkan syarat kepada Ronaldo jika ingin masuk ke dalam timnya. Ten Hag mengatakan pasti ada tempat di timnya untuk Ronaldo, tetapi hanya jika pemain berusia 37 tahun itu membuktikan kebugarannya.

“Saya pikir dia bisa, tetapi untuk memulainya dia harus fit. Dia baru saja mulai," kata Ten Hag.

Erik ten Hag.
Erik ten Hag.

“Dia adalah pemain sepak bola yang fantastis. Dia membuktikannya berkali-kali, tetapi Anda selalu dapat dinilai dari apa yang Anda sekarang, apa yang Anda tampilkan sekarang, tampil sekarang. Jadi tim dan Ronaldo harus membuktikannya,” tegas pelatih asal Belanda tersebut.

Mungkin benar apa yang dikatakan mantan kapten Liverpool, Jamie Carragher, yang kini menjadi komentator tayangan sepak bola, Menurutnya, bisa jadi Manchester United sebenarnya sudah tak menghendaki Ronaldo.

"Saya selalu berpikir dia (Cristiano Ronaldo, Red) adalah rekrutan yang aneh," kata Jamie Carragher.

"Saya selalu merasa situasi ini akan datang, bahkan jika Ronaldo melakukannya dengan baik," ungkap Carragher yang membela Liverpool pada 1996-2013.

“Dia menandatangani kontrak dua tahun ditambah satu tahun lagi, yang saya tidak percaya, dan dia tidak akan pernah menjadi pemain kedua bagi siapa pun, tetapi sebagai pemain pada tahap tertentu dalam karier Anda, kami semua tahu bahwa Anda bukan pemain yang sama. Kariernya memang telah berlangsung lebih lama karena dia adalah seorang profesional yang hebat," kata Carragher.

Dengan kata lain, Ronaldo memang pemain hebat, tetapi kehebatannya sudah tak lagi seperti dahulu. Ten Hag juga mungkin berpikir buat apa memakai pemain yang tidak tampil sepenuh hati. Alih-alih menyelesaikan problem lini depan klub, Ronaldo justru menjadi beban saat ini. Kalaupun bertahan, Ronaldo jelas akan menjalani musim yang canggung bersama Manchester United.








CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings