Inilah Cabe Terpedas di Dunia

Inilah Cabe Terpedas di Dunia
Cabai terpedas di dunia, Trinidad Moruga Scorpion ( Foto: USAToday )
Minggu, 19 Februari 2012 | 13:08 WIB
Saking pedasnya bisa membuat lidah mati rasa selama berhari-hari.

Apakah Anda penggemar makanan pedas? Jika iya, Anda harus mengikuti perkembangan cabe yang selalu menjadi perhatian Chile Pepper Institute yang tidak hanya tertarik pada cabai yang sudah ada, tapi terus mencoba mencari cabai terpedas di dunia.

Menurut Los Angeles Times, pakar di New Mexico State University's Chile Pepper Institute baru-baru ini mengumumkan temuan mereka akan cabai terpedas di dunia. Cabai ini dijuluki Trinidad Moruga Scorpion.

Dalam skala Scoville – sistem pemeringkatan yang digunakan untuk mengevaluasi level kepedasan cabai, Trinidad Moruga Scorpion ini ini tingkat kepedasannya 1,2 juta. Bandingkan dengan jalapeno yang menduduki tingkat 5000.

Dulu, para peneliti tidak mampu menentukan cabai mana yang sebenarnya terpedas karena terdapat banyak varian kepedasan di masing-masing cabat. Meski demikian, tekanan dari orang-orang di industri makanan pedas seperti pembuat saus pedas dan pabrikan pembibitan, mendorong para peneliti mendapatkan jawabannya.

Dalam sebuah eksperimen yang belum pernah dilakukan sebelumnya, para peneliti di Chile Pepper Institute di Las Cruces, New Mexico menanam 125 tanaman dari masing-masing varietas cabai terpedas.

Varietas cabai terpedas itu adalah Trinidad Moruga Scorpion, Trinidad Scorpion, 7-pot, Chocolate 7-pot, dan Bhut Jolokia. Kemudian cabai-cabai ini secara random dipilih dari masing-masing pohon dan kemudian dikeringkan, lalu digiling.

Periset kemudian mengekstraksi komponen dari masing-masing cabai yang disebut capsaicinoids, yang merupakan senyawa yang memproduksi pedas dalam cabai.

Dalam beberapa kasus, capsaicinoids yang begitu pedasnya hingga membakar sarung tangan yang dikenakan para periset, membuktikan betapa berbahayanya tingkat kepedasan lima cabai itu. Akhirnya, Trinidad Moruga Scorpion yang menjadi juara dengan peringkat kepedasan 1,2 juta.

Paul Boslan, direktur Chile Pepper Institute menjelaskan bagaimana pedasnya rasa cabai ini.  “Gigitlah sedikit. Tidak terasa buruk kok, baru kemudian terasa, terasa, dan terasa pedasnya. Inilah bagian terburuknya.”

Meski menyantap seluruh Trinidad Moruga Scorpion bisa melumpuhkan lidah selama berhari-hari, rasa cabai ini sebenarnya enak, Menurut Huffington Post, Trinidad Moruga Scorpion tidak hanya terpedas di dunia, tapi juga paling enak.