Project Cider Memungkinkan Aplikasi iOS Berjalan di Android

Project Cider Memungkinkan Aplikasi iOS Berjalan di Android
Tablet dengan sistem aplikasi Android Google Nexus 7 yang mampu menjalankan aplikasi iOS berkat keberadaan Project Cider. ( Foto: The Next Web )
Yudo Dahono / YUD Rabu, 14 Mei 2014 | 19:39 WIB

Satu tim beranggotakan enam mahasiswa dari Universitas Columbia, AS berhasil menciptakan kerangka aplikasi bagi Android. Kerangka aplikasi ini memungkinkan program yang diperuntukan untuk sistem operasi iOS dari Apple berjalan di gadget dengan sistem operasi Android.

Teknik tersebut dimungkinkan karena Android menganggap aplikasi iOS tersebut adalah aplikasi yang dibuat untuk Android. Dengan menggunakan teknik tersebut, aplikasi iOS bisa berjalan dengan stabil di sistem operasi Android.

Kerangka aplikasi yang dinamakan Project Cider itu dapat berjalan dengan menggunakan metode level individual processing thread dibanding lapisan virtualisasi. Padahal metode virtualisasi lebih sering digunakan pada berbagai macam sistem operasi.

Tim tersebut menggunakan tablet Google Nexus 7 untuk mendemonstrasikan teknik Project Cider menjalankan aplikasi iOS di Android. Project Cider terbukti mampu menjalankan aneka aplikasi iOS berdampingan dengan aplikasi Android.

Penerjemahan aplikasi berlangsung hanya untuk aplikasi iOS yang hebatnya bisa dilakukan tanpa memengaruhi sistem Android secara keseluruhan.

Kendati mampu menjalankan aplikasi iOS di Android, Project Cider memiliki beberapa kelemahan terkait fungsionalitas dari aplikasi dan perangkat keras. Project Cider belum bisa menerjemahkan instruksi untuk mengakses Bluetooth, GPS, kamera dan jaringan radio.

Tim ini masih melanjutkan penelitian mereka untuk mengembangkan Project Cider tersebut.

Sumber: The Next Web