Pabrik Perakit iPhone Bakal Pindah ke Batam

Pabrik Perakit iPhone Bakal Pindah ke Batam
Produk terbaru Apple, iPhone XR, diperkenalkan di Apple Park, Cupertino, California, 12 September 2018. ( Foto: AFP )
Feriawan Hidayat / FER Sabtu, 8 Desember 2018 | 22:49 WIB

Jakarta - Pabrik perakit iPhone asal Taiwan, Pegatron, disebutkan telah mempertimbangkan rencana untuk mengalihkan basis produksi ke Pulau Batam, Indonesia.

Pabrik Pegatron yang berada di Batam rencananya akan memproduksi perangkat non-iPhone, dengan nilai produksi hampir US$ 1 miliar atau Rp 14,46 triliun, akan dimulai pertengahan tahun 2019. Pabrik tersebut, diperkirakan bakal mempekerjakan 8.000 hingga 10.000 tenaga kerja

Dilansir dari laman AppleInsider, Sabtu (08/12), rencana pemindahan pabrik tersebut terkait pengenaan tarif yang tinggi oleh Amerika Serikat (AS) untuk produk non-iPhone.

"Pertemuan Trump - Xi Jinping tidak memengaruhi strategi Pegatron. Investasi yang dilakukan Pegatron akan dimulai dalam bulan ini, atau paling lambat awal tahun depan. Setidaknya butuh dua kuartal untuk Pegatron dalam memindahkan, memasang, dan mengesahkan peralatan sebelum pabrik bisa beroperasi penuh," jelas salah seorang sumber yang tidak disebutkan namanya.

Selain Pulau Batam, Pegatron kabarnya sempat mempertimbangkan Vietnam untuk mengalihkan pabrik produksinya. "Namun, langkah investasi di Batam dinilai lebih cepat daripada tempat lainnya," tandas sumber tersebut.



Sumber: AppleInsider
CLOSE