5 Juta Smartphone 5G Bakal Masuk Pasar di 2019

5 Juta Smartphone 5G Bakal Masuk Pasar di 2019
Ilustrasi teknologi 5G. ( Foto: Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Rabu, 9 Januari 2019 | 19:38 WIB

Seoul - Laporan terbaru yang dirilis oleh TrendForce menyebutkan, kalangan produsen ponsel pintar atau smartphone siap meluncurkan berbagai model perangkat berbasis 5G di tahun ini. Namun, volume produksinya diperkirakan hanya mencapai 5 juta unit.

Sejumlah vendor smartphone besar, seperti Samsung Electronics dan beberapa perusahaan asal Tiongkok, telah secara aktif berinvestasi dalam pengembangan perangkat smartphone 5G untuk mengambil inisiatif pasar.

Namun, tingkat penetrasi smartphone 5G sendiri diprediksi hanya mencapai kisaran 0,4 persen dari total penjualan. Hal tersebut dikarenakan, pembangunan infrastruktur terkait teknologi 5G sendiri belum sepenuhnya selesai.

Pihak TrendForce menyatakan, infrastruktur BTS (base tranceiver station) 5G untuk komunikasi komersial, masih belum tersebar luas, minimal hingga tahun 2022.

Laporan tersebut juga mencatat, arsitektur 5G yang merata dan tersebar luas juga diperlukan untuk menjadikan smartphone 5G lebih populer di kalangan konsumen.

Terkait hal tersebut, kalangan operator dan penyedia layanan telekomunikasi, dinilai perlu menerapkan pembangunan jaringan 5G dengan kecepatan yang lebih cepat untuk mengimbangi pesatnya gelontoran smartphone yang masuk ke pasar.



Sumber: Yonhap
CLOSE