LG Kenalkan Proyektor 4K Laser Ultra Short Throw di IFA 2019

LG Kenalkan Proyektor 4K Laser Ultra Short Throw di IFA 2019
LG 4K UHD CineBeam Laser Projector dikembangkan atas meningkatnya permintaan perangkat pendukung penciptaan bioskop di rumah. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Rabu, 28 Agustus 2019 | 16:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - LG Electronics (LG) siap memperkenalkan inovasi terbaru dalam bentu proyektor laser ultra short throw dengan resolusi 4K pertamanya, di ajang IFA 2019.

Head of LG IT Business Division, Jang Ik-hwan, mengatakan, perangkat dengan nama resmi LG 4K UHD CineBeam Laser Projector ini dikembangkan sebagai respon perusahaan atas meningkatnya permintaan akan perangkat pendukung penciptaan bioskop di rumah.

"Proyektor 4K terbaru kami ini dikembangkan untuk dapat memberikan kinerja baik bagi penggunaan di rumah maupun pendukung kerja di kantor," ujar Jang Ik-hwan dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Rabu (28/8/2019).

Proyektor 4K LG

Jang Ik-hwan menyatakan, hal ini tak lepas dari teknologi wheel-less yang diterapkan LG untuk menghasilkan akurasi warna lebih baik dengan mengatasi keterbatasan teknologi proyektor Digital Light Processing (DLP) yang menggunakan roda warna (color wheels).

"Terapan teknologi terbaru ini juga mengeliminasi gangguan visual khas yang biasa ditemui dalam penggunaan proyektor. Diantara gangguan visual dimaksud yaitu kemunculan efek pelangi (rainbow effect), tampilan gambar berkabut dan distorsi warna," kata Jang Ik-hwan.

Berbeda dengan pewarnaan pada proyektor sebelumnya yang menggunakan roda warna (merah, kuning, biru) sebagai sumber penciptaan warna lain, reproduksi warna proyektor LG HU85L menggunakan terapan sistem laser dengan tiga kanal.

Sistem reproduksi warna ini di satu sisi membuat proyektor LG HU85L mampu mereproduksi warna merah dan biru secara terpisah dengan dukungan laser. Sementara teknologi wheel-less laser milik LG menghasilkan warna hijau dengan dukungan sumber warna biru yang terpisah.

Konfigurasi unik reproduksi warna ini dikatakan meningkatkan akurasi warna dengan pencapaian 97 persen dari ruang warna DCI-P3. Tak hanya itu, pemrosesan warna hingga 12 bit dengan tingkat pencahayaan mencapai 2,700 ANSI lumens, memberikan detail gambar lebih baik dengan nuansa lebih hidup.

Dukungan teknologi Ultra Short Throw (UST), membuat proyektor LG HU85L mampu memproyeksikan gambar dalam bentang layar lebar dengan jarak peletakan proyektor sangat dekat. Untuk memproyeksikan gambar dengan bentang diagonal 90 inci, LG HU85L hanya membutuhkan jarak 5.6 sentimeter. Sementara peletakan pada jarak 18 sentimeter, membuat penggunanya dapat menikmati tayangan konten dalam bentang layar 120 inci.

Melengkapi kecanggihannya dalam menayangkan konten dengan kekayaan warna baik, proyektor laser Ultra Short Throw pertama LG ini juga dibuat dengan kelengkapan berbagai kemampuan lain. Diantaranya, HDR10 untuk menangani konten HDR dan teknologi TruMotion untuk membuat gambar tampil lebih natural.

Memastikan penggunanya memiliki peluang lebih luas pada berbagai konten untuk ditayangkan, proyektor LG HU85L dibuat dengan kelengkapan 4K upscaler. Bekerja dengan enam tahap, fitur ini meningkatkan kualitas konten dengan sumber Full HD untuk ditampilkan dalam kualitas 4K.

"Membawa inovasi terkini yang meningkatkan kualitas gambar dan kenyamanan penggunaan pada level lebih tinggi, proyektor LG HU85L mewakili buah upaya kami dalam mendorong segala batasan yang selama ini ada untuk menetapkan standar bagi proyektor modern," tandas Jang Ik-hwan.



Sumber: BeritaSatu.com