Samsung Galaxy A20s, Smartphone Rp 2 Jutaan dengan 3 Kamera Belakang

Samsung Galaxy A20s, Smartphone Rp 2 Jutaan dengan 3 Kamera Belakang
Samsung Galaxy A20s ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / JAS Kamis, 31 Oktober 2019 | 10:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.Com - Samsung Electronic Indonesia telah resmi menghadirkan Galaxy A20s yang merupakan pembaruan dari seri Galaxy A20. Dibandingkan seri sebelumnya, perangkat ini hadir dengan sejumlah peningkatan, salah satunya dukungan triple camera atau tiga kamera di belakang.

Dibanderol mulai Rp 2,5 juta, Samsung menyebut Galaxy A20s ini ditujukan untuk generasi live yang senang bermain gim, menonton live content dan juga streaming. Beritasatu.com sempat melakukan pengetesan Galaxy A20s selama beberapa pekan. Berikut ini hasil review-nya.

Desain dan Layar
Samsung Galaxy A20s hadir dengan layar besar 6,5 inci beresolusi HD+ (720x1560) PLS. Mungkin sedikit di bawah Galaxy A20 yang mengandalkan layar Super AMOLED 6,4 inci. Tetapi meski bukan AMOLED, layar Samsung Galaxy A20s cukup terang dan punya kualitas warna yang tinggi. Layar besar ini turut didukung kualitas suara Dolby Atmos untuk menyempurnakan pengalaman audio visual. Pantas saja kalau perangkat ini ditujukan untuk yang gemar menonton live content dan streaming.

Seperti seri sebelumnya, Galaxy A20s juga memiliki notch water drop pada bagian atas layar untuk tempat kamera depan. Selain itu, layarnya juga dilengkapi fitur on-screen fingerprint untuk membuka perangkat. Untuk bezel-nya, masih terlihat cukup tebal, terutama pada bagian bawah.

Beraih ke bagian belakang, Galaxy A20s menggunakan bahan jenis polikarbonat holografik crystal yang memberi kesan glossy. Bagian belakang ini masih diisi pemindai sidik jari konvensional di bagian tengah atas perangat, serta triple camera pada sisi kiri atas perangkat. Pilihan warna yang dihadirkan yaitu hitam, merah, dan hijau.

Untuk tombol power diletakkan di sisi kanan, sementara tombol volume up/down diletakkan terpisah pada sisi kiri sejajar dengan akses ke tray SIM Card/Micro SD. Untuk bagian bawahnya terdapat single speaker, port USB C, serta headphone jack.

Kamera
Fitur kamera jadi salah satu bagian yang ditonjolkan Samsung pada Galaxy A20s. Perangkat ini memiliki tiga kamera pada bagian belakang dengan resolusi 13MP (f/1.8) untuk kamera utama, 8MP (f/2.2) dengan kemampuan ultra-wide angle untuk mengambil objek yang lebih lebar hinggga 120 derajat, serta 5MP (F/2.2) dengan depth sensor untuk menampilkan efek bokeh.

Saat dilakukan pengetesan, efek bokeh yang dihasilkan kamera belakang Galaxy A20s terbilang cukup rapi. Kedalamannya juga bisa diatur dari level keburaman 1 hingga 7 sesuai dengan yang diinginkan. Secara umum, gambar yang dihasilkan cukup baik. Namun dalam kondisi minim cahaya seperti di malam hari, hasilnya masih terlihat kurang detail.

Sementara itu pada bagian depan, Galaxy A20s dibekali kamera beresolusi 8MP (F/2.0). Sama seperti kamera belakang, kamera depan ini juga memiliki kemampuan Live Focus dan Ultra-wide angle. Sedangkan untuk resolusi rekaman video FHD (1920 x 1080) @30fps.

Berikut ini beberapa hasil foto menggunakan kamera Samsung Galaxy A20s :

1. 

 

2. 

3. 

 

Dapur Pacu
Samsung Galaxy A20s menggunakan prosesor Qualcom Snapdragon 450 OctaCore dengan kecepatan 1,8Ghz, Android 9.0 (Pie), serta dukungan pilihan RAM 3GB dan memori internal 32 GB atau RAM 4GB dan memori internal 64GB. Bila merasa masih kurang, bisa ditingkatkan dengan menggunakan MircroSD hingga 512GB. Saat diukur kemampuannya menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, skor yang didapatkan Galaxy A20s mencapai 85.515 poin.

Untuk baterai, kapasitasnya cukup besar hingga 4000 mAh. Saat digunakan dengan pemakaian normal untuk aktivitas sehari-hari seperti browsing, foto, chat, telepon, bermain gim dan menonton YouTube, daya tahannya bisa mencapai lebih dari 14 jam. Namun waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian daya baterai dari 0% hingga 100% masih cukup lama, lebih dari 2 jam.

Untuk menjaga privasi pengguna, selain dukungan on-screen fingerprint dan maupun sensor fingerprint konvensional. Perangkat ini juga sudah dilengkapi fitur face recognation. Berapa harganya? Saat peluncuran, Galaxy A20s dibanderol seharga Rp 2.499.000 untuk kapasitas RAM 3GB dengan memori internal 32GB, dan Rp 2.799.000 untuk RAM 4GB dan memori internal 64GB.

 



Sumber: BeritaSatu.com