Canon PowerShot G5 Mark II, Kamera Ringan dan Ergonomis

Canon PowerShot G5 Mark II, Kamera Ringan dan Ergonomis
Kamera Canon PowerShot G5 X Mark II memiliki Pop-up electronic viewfinder (EVF). ( Foto: Datascrip / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 5 November 2019 | 19:24 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com- PowerShot G5 X Mark II menjadi kamera PowerShot seri G yang baru saja dirilis. Meskipun ringan dan ergonomis, sensor yang ditanamkan pada kedua kamera ini, lebih besar dari sensor kamera compact pada umumnya.

Peningkatan performa pada PowerShot G5 X Mark II mencakup sensor CMOS 1.0 inci, high speed shooting 30fps, dan merekam video 4K tanpa crop. Teknologi ini meningkatkan performa kamera dengan autofokus yang lebih cepat, serta menghasilkan gambar yang terang dan tajam di berbagai kondisi cahaya.

Dengan PowerShot G5 X Mark II, pengambilan gambar minim cahaya pada saat cuaca mendung, malam hari, atau di ruangan yang kurang cahaya tidak menjadi masalah. Kamera punya rentang ISO diperluas hingga 25.600, noise yang dihasilkan pun sangatlah minim.

Lensa PowerShot G5 X Mark II memiliki rentang focal length 24-120mm dengan kemampuan optical zoom 5x.Rentang focal length yang luas ini juga mengakomodasi pengguna untuk mengambil beragam kebutuhan foto, mulai dari landscsape, portrait, dan macro.

Berkat High Speed Shooting 30 fps pada PowerShot G5 X Mark II, pengguna dapat menangkap satu frame terbaik dengan fokus dan posisi tertentu. Pengaturan pre-shoot akan mulai 0,5 detik sebelum menekan tombol shutter.

Momen akan tertangkap walaupun pengguna menekan tombol shutter beberapa saat kemudian. Foto dapat diambil pada kecepatan tinggi, yakni 30 fps dalam mode RAW (dan 20 fps dalam JPEG), memastikan momen penting tidak terlewat.

"Dengan bobot yang ringan, ukuran yang ringkas dan desain ergonomis, PowerShot G5 X Mark II mudah dimasukkan ke kantong, pouch & tas jinjing wanita, serta ideal sebagai kamera all-in-one sehari-hari. Kamera ini mendukung pengisian daya melalui Kabel Tipe C USB, menggunakan USB Power Adapter PD-E1, yang sangat berguna bagi travel vlogger saat perlu mengisi daya kamera sewaktu-waktu dalam perjalanan," ujar Senior Marketing Manager Canon Image Communication Product Division, PT Datascrip Angelie Ivone.

Fitur EVF

Pop-up electronic viewfinder (EVF) adalah fitur paling luar biasa pada PowerShot G5 X Mark II. Terdiri atas 2,36 juta titik, dan panel OLED high-definition 0,39 inci. Fitur EVF akan sangat membantu apabila memotret gambar diam (still) atau merekam video di luar ruangan, dalam kondisi cahaya matahari yang cerah silau, sehingga sulit untuk melihat tampilan LCD belakang. Pop-up EVF dapat dimunculkan maupun disembunyikan untuk memberikan keringkasan pada desainnya.

Pengguna dapat mengaktifkan mode panoramic shot saat ingin melakukan foto panorama. Dengan menekan tombol shutter, pengguna dapat melakukan panning horisontal atau vertikal untuk menghasilkan gambar panorama berkualitas tinggi tanpa menggunakan software editing tambahan.

PowerShot G5 X Mark II dilengkapi dengan fitur-fitur konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth Low Energy (BLE). Dengan aplikasi Canon Camera Connect yang dapat diunduh dari perangkat berbasis Android atau iOS, pengguna dapat dengan mudah menghubungkan kamera dengan perangkat smartphone atau tablet.

Jika perlu tripod, Canon menyediakan Tripod Grip HG-100TBR. Pasangkan salah satu dari kamera baru ini dengan Canon Tripod Grip HG-100TBR, sebuah grip yang memberikan pegangan kokoh dan nyaman, bahkan sewaktu melakukan perekaman / pemotretan vertikal. Sempurna untuk merekam video yang akan dimasukkan ke dalam Instagram Stories.

Jika perlu merekam film sendiri, genggaman alat ini dapat secara praktis diubah menjadi table-top tripod (tripod untuk ditaruh di atas meja). Alat ini dilengkapi Wireless Remote Control BR-E1 yang kompatibel dengan Bluetooth, sehingga Anda dapat mengontrol pengoperasian zoom dan melepaskan tombol shutter dari jarak jauh.



Sumber: Suara Pembaruan