Foto Makin Tajam, Ponsel Xiaomi Mi CC9 Pro Berkamera 108 MP

Foto Makin Tajam, Ponsel Xiaomi Mi CC9 Pro Berkamera 108 MP
Xiaomi telah meluncurkan Mi CC9 Pro, ponsel cerdas mainstream pertama di dunia yang memiliki kamera 108 megapiksel. ( Foto: GadgetMatch / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 6 November 2019 | 06:53 WIB

Beijing, Beritasatu.com- Raksasa teknologi Tiongkok, Xiaomi telah meluncurkan Mi CC9 Pro, ponsel cerdas mainstream pertama di dunia yang memiliki kamera 108 megapiksel.

Seperti dilaporkan BBC, Selasa (5/11), sensor resolusi tinggi ekstra itu pernah dikembangkan oleh Samsung, namun perusahaan Korea itu belum memasang dalam produknya sendiri. Perusahaan-perusahaan menyatakan manfaat kamera resolusi tinggi adalah memberikan "foto-foto yang sangat tajam yang kaya akan detail".

Namun, satu pengujian awal dari teknologi menunjukkan bahwa gambar kamera resolusi tinggi ini mengandung lebih banyak distorsi digital daripada yang dihasilkan oleh smartphone beresolusi lebih rendah.

Untuk saat ini, ponsel premium Mi CC9 Pro baru saja diumumkan untuk pasar Tiongkok saja, di mana model dasar dijual seharga 2.799 yuan (US$ 400; Rp5,62 juta).

Namun Xiaomi menyatakan akan menggunakan komponen kamera yang sama di Mi Note 10, yang akan diluncurkan pada Rabu (6/11) dan dijual lebih luas.

Saat ini, Xiaomi merupakan vendor ponsel pintar terlaris keempat di dunia, menurut perusahaan riset Canalys, dengan pangsa pasar 9,1%. Penjualan Xiaomi berkembang pesat di Eropa dan baru saja mengumumkan niatnya untuk berekspansi ke Jepang pada tahun 2020.

Sampai sekarang, 100MP + sensor biasanya menjadi pelestarian kamera digital format menengah, yang dapat menelan biaya besar untuk produksi.

"Gambar dari Mi CC9 Pro Premium Edition menunjukkan lebih banyak artefak daripada ponsel dengan skor tertinggi kami," kata situs ulasan DXOMark, yang diberikan akses awal ke perangkat baru itu.

Kelemahan

DXOMark menambahkan bahwa ponsel ini memberikan "jangkauan dinamis terbatas dibandingkan dengan pemain top lainnya", yang berarti cenderung menangkap kurang detail dalam cahaya silau dan temaram.

Pengguna juga harus ingat bahwa bidikan 108MP akan menyita lebih banyak penyimpanan daripada biasanya dan membutuhkan lebih banyak daya pemrosesan untuk mengedit.

Namun, ponsel ini juga menyertakan sensor resolusi rendah lainnya di bagian belakang untuk potret telefoto, lanskap sudut lebar, dan bidikan close-up makro - yang membuat DXOMark memberikan skor tinggi.

Xiaomi sebelumnya mengumumkan akan menggunakan sensor 108MP di Mi Mix Alpha, yang diluncurkan pada bulan September. Tapi perangkat ini disebut sebagai perangkat mewah dengan banderol harga 19.999 yuan (US$ 2.856; Rp 40,1 juta), dan belum akan dirilis hingga Desember.

Seorang pakar mengatakan dimasukkannya kamera resolusi tinggi di pasar massal yakni Mi CC9 Pro dan Mi Note 10 akan membantu ponsel Xiaomi menonjol.

"Produsen ponsel akan berusaha sekuat tenaga untuk menarik perhatian orang, dan kamera megapiksel yang sangat besar ini adalah salah satu cara untuk menarik perhatian," komentar Ben Wood dari konsultan CCS Insight.



Sumber: Suara Pembaruan