Nokia Dapat Mengetahui Posisi Anda 24 Jam ke Depan

Nokia Dapat Mengetahui Posisi Anda 24 Jam ke Depan
Ilustrasi pengguna ponsel (Foto: tiptoptens)
Rabu, 15 Agustus 2012 | 01:30 WIB
Kebiasaan yang rutin setiap hari akan mudah diprediksi.

Tidak hanya ponsel Anda dapat mengetahui posisi Anda sekarang, tapi juga dapat memprediksi lokasi Anda nanti. Bahkan, ponsel dapat mengetahui Anda akan berada di mana nantinya.

Program algoritma bernama “Interdependence and Predictability of Human Mobility and Social Interactions” itu diciptakan oleh seorang peneliti bernama Mirco Musolesi.

Didorong oleh inisiatif Nokia serta hadiah 6.000 Euro, Musolesi mulai melakukan proyek melacak pergerakan (menggunakan sukarelawan yang diberikan oleh Nokia).

Pergerakan itu sendiri rutin setiap hari dan dapat dengan mudah diprediksi. Yang menjadi masalah bagi Musolesi adalah ketika pergerakan itu tidak dapat diprediksi dan tidak terjadwal. Namun, tim Musolesi tampaknya dapat mengatasi hal tersebut dengan bantuan beberapa pihak.

Parmy Olson dari Forbes mengatakan: “Ketika algoritma melacak posisi sukarelawan, ia dapat memprediksi koordinat GPS di waktu yang akan datang dengan radius 1.000 meter persegi.”

Dengan bantuan teman-temannya, Musolesi bahkan dapat memprediksi di mana posisi targetnya pada 24 jam ke depan, dengan tingkat radius eror sekitar 20 meter.

Ide ini dimulai oleh Nokia pada November 2011. Tantangan tersebut meminta para peneliti untuk membuat algoritma yang menggunakan informasi yang ada untuk menggali informasi personal seseorang.

Tantangan bernama “Dedicated Challenge” ini dapat memberi tahu posisi Anda dan tujuannya, juga umur Anda, suku, gender, serta saudara dan teman dekat.

Polisi tampaknya tertarik dengan program ini untuk alasan pencegahan tindak kriminal.