Rumah Barbie Dibuka di Mal Kelapa Gading

Rumah Barbie Dibuka di Mal Kelapa Gading
Boneka Barbie ( Foto: Suara Pembaruan / Elvira Anna Siahaan )
Elvira Anna Siahaan / FMB Rabu, 29 Mei 2013 | 02:26 WIB

Jakarta - Masih ingat dengan sosok boneka paling cantik di masa kecil kita dahulu. Boneka dengan tubuh sempurna, rambut yang indah tergerai, mata yang bercahaya, dan busana yang menawan ini selalu membuat hati anak-anak perempuan tergetar.

Dari dahulu sampai sekarang, boneka yang dikenal dengan nama Barbie ini masih menjadi primadona di kalangan boneka-boneka cantik lainnya.

Siapa yang tidak mengenal boneka Barbie? Anak-anak perempuan pasti setidaknya mengenal siapa boneka Barbie ini. Meskipun bisa saja, tidak semua anak perempuan berkesempatan memiliki boneka Barbie.

Selain harganya mahal, boneka Barbie juga identik dengan mainan khusus untuk anak-anak dari golongan sosial kelas A atau minimal kelas B. Sementara untuk anak-anak dengan kelas ekonomi C, bisa saja menikmati mainan Barbie duplikat atau tidak asli dari perusahaan mainan Mattel.

Dalam sejarahnya, Barbie adalah sebuah boneka berbentuk anak perempuan berusia remaja hasil karya Ruth Handler yang dirilis pada tahun 1959. Hingga kini Barbie telah menjadi fashion icon premium ternama dan banyak digemari di seluruh dunia. Barbie banyak didandani oleh hampir semua desainer terkenal dunia mulai dari Channel, Vera Wang, sampai dengan Christian Louboutin.

Melihat ketenaran boneka Barbie yang seakan tak lekang oleh waktu ini, maka sebuah hal yang menyenangkan bila di Jakarta ada tempat bermain khusus bersama Barbie. Bukan hanya anak-anak, ibu-ibu muda yang dulu pernah memiliki kenangan masa kecil bersama Barbie juga bisa mendatangi tempat khusus ini. Pada dasarnya, tempat yang bernama Barbie Store ini didedikasikan kepada para pencinta atau komunitas Barbie di Jakarta dan sekitarnya.

Barbie Store Indonesia yang terletak di Mal Kelapa Gading 3, Jakarta Utara, memang baru saja dibuka untuk umum pada Minggu (26/5). Pembukaan toko seluas 350 meter persegi ini bertepatan dengan penutupan even tahunan Jakarta Fashion Food and Festival (JF3) di La Piazza Kelapa Gading.

Barbie Store Indonesia menyajikan beragam aktivitas menarik untuk anak-anak, khususnya anak perempuan. Pada area seluas 350m2 ini Mattel mencoba menggabungkan retail dengan pengalaman aktivitas mulai dari Pay to Play area, Barbie Beauty & Photo Studio, Barbie Parties, Barbie Cafe, Barbie Classses, dan Barbie Boutique. Semua pilihan menarik tersebut bisa menjadi alat penyalur hobi sekaligus rekreasi yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga. Tak ketinggalan, dalam Barbie Store tersebut juga ada koleksi item paling baru dan juga paling lama Barbie.

Dalam ruangan play area, anak-anak bisa bermain dengan segala macam boneka dan aksesoris Barbie. Maksimal, sebanyak 25 anak diizinkan masuk ke area ini. Menyenangkannya lagi, dalam play area anak-anak tidak perlu membeli apa-apa, selain membayar tanda masuk sebesar Rp 80.000 per jam. Dalam play area, mereka bisa bermain layaknya berada dalam sebuah rumah Barbie yang penuh khayalan dan keindahan.

Bagi anak-anak yang enggan bermain, disediakan pula TV layar datar berukuran 40 inchi. Film-film terbaru Barbie diputarkan tanpa henti di TV besar tersebut. Semisal, ada anak yang seolah-olah memasak dan menunggu makanannya matang, bisa sesekali menikmati film terbaru Barbie.

Berbeda dengan play area, pada area beauty and photo studio tersedia make-up dan kostum ala Barbie. Sebuah album foto yang diambil dari buku cerita Barbie juga bisa dipilih langsung oleh anak dan ibunya. Si anak yang sudah di-make over bisa memilih kostum sendiri, kemudian difoto bersama orangtua atau sang bunda tercinta.

Belly Budiman, selaku pemilik dari Barbie Store Indonesia mengungkapkan konsep Mom and Me menjadi tujuan utama didirikannya Barbie Store di MKG3. Selama ini, tidak banyak arena bermain yang juga bisa melibatkan ibu bersama dengan anak perempuan. Khusus dalam Barbie Store, peran ibu sangat dibutuhkan. Ibu dan anak perempuannya bisa melakukan aktivitas hobi Barbie bersama, tanpa kehadiran babysitter.

“Kami mengajak para ibu untuk menikmati me time bersama dengan anak-anak perempuannya. Siapa tahu, ada ibu yang dulunya tergila-gila pada Barbie, kini bisa bermain bersama dengan anaknya di Barbie Store Indonesia,” ungkap Belly saat ditemui SP di acara pembukaan Barbie Store Indonesia.

Senada dengan Belly, Izabel Jahja yang juga hadir dalam pembukaan Barbie Store mengatakan, play area akan menjadi tempat paling favorit untuk anak-anak perempuan. Sebab, di area itulah setiap anak bisa bermimpi sekaligus bermain dengan boneka Barbie kesayangan mereka.

Sementara itu, selain di Jakarta sebelumnya Barbie Store telah sukses dibuka di 40 negara-negara lain. Sebut saja di Argentina, Brazil, Peru, Spanyol, Malaysia, dan Filipina. Bahkan belum lama ini di Berlin diresmikan sebuah Rumah Barbie dengan ukuran selayaknya rumah manusia normal. 

Sumber: Suara Pembaruan