Krim Kulit Sorbolene Baik untuk Kulit Sensitif

Krim Kulit Sorbolene Baik untuk Kulit Sensitif
Ilustrasi perempuan dengan kulit dan bibir sehat. ( Foto: Freedigitalphotos/ marin )
Rabu, 24 Juli 2013 | 15:03 WIB

Jakarta - Menurut dr Ricky Jayadi, General Practitioner dari Klinik Mariposa Skin Wellness Center kebanyakan produk-produk perawatan kulit yang beredar di pasaran menggunakan pewangi dan pengawet yang tidak selalu baik untuk kulit. Pelembap yang baik, menurutnya, yang bebas kedua zat tadi. Untuk perlindungan kulit, ia menyarankan jenis sorbolene.

"Sorbolene adalah jenis krim yang tidak menyebabkan iritasi, tak berbau, dan bisa digunakan untuk segala jenis kulit. Bisa dioleskan pada kulit tangan, tubuh, bahkan wajah. Sangat ideal untuk kulit normal, sensitif, maupun kering," jelas dr Ricky saat peluncuran pelembap Redwin, di Mal Taman Anggrek, Jakarta, Selasa (23/7).

Dijelaskan dr Ricky, sorbolene kaya akan kandungan gliserin, yang berasal dari bahan alami, diketahui paling cepat dan efektif meredakan rasa tak nyaman pada kulit kering atau kulit teriritasi akibat sinar matahari. Gliserin bekerja dengan cara mengikat air di sekelilingnya untuk melembapkan kulit.

Sifat sorbolene sedikit berbeda dari pelembap umumnya. Sorbolene tidak menggunakan pengental, pewarna, pewangi, paraben, lanolin, maupun pengawet lainnya. "Sehingga, sorbolene jarang mengakibatkan iritasi pada kulit maupun memicu alergi. Bahkan, karena sangat ringan dan alami, bisa digunakan pada kulit sensitif maupun kulit balita," imbuh dr Ricky.

Seperti kebanyakan krim, sorbolene bekerja sebagai lapisan pelindung di atas kulit, untuk menghindari penguapan atau terhilangnya kelembapan yang ada di dalam kulit. Sorbolene juga tidak terlalu pekat, sehingga cepat menyerap ke dalam kulit untuk mengembalikan kefleksibelan serta elastisitas kulit yang kering.

Sebagai pelindung, sorbolene bekerja sebagai pelindung untuk mencegah terjadinya kulit kering, kasar, dan pecah-pecah.

Ditambahkan dr Ricky, di dunia kedokteran kulit, sorbolene sudah seringkali diresepkan pasien dengan masalah kulit, terutama eksim. Sorbolene mengandung pula elemen petroleum yang menutupi dan melindungi kulit dari bakteri dan virus. Meski demikian, sorbolene bersifat non-comedogenic, tidak akan menggumpal dan menyumbat pori-pori.

Di saat yang sama, Denny Lawwito, Brand Manager Redwin Indonesia mengatakan salah satu kendala untuk memasarkan produk berbahan dasar sorbolene adalah aromanya. Salah satu karakter sorbolene adalah tidak berbau.

"Saat ini di Indonesia tak banyak produk perawatan pelembap kulit yang menggunakan sorbolene sebagai bahan dasar di produknya. Kebanyakan orang mengutamakan wangi saat mencari pelembap, sementara produk kami yang dari sorbolene, tidak menggunakan pewangi. Di negeri asalnya, produk ini sangat sukses, bahkan menguasai pasar, setidaknya dari hasil survei Aztec Australia 2012," jelas Denny.

Menurut Denny, langkah selanjutnya untuk memperkenalkan bahan perawatan kulit berbahan sorbolene --setidaknya untuk produknya yang terdiri dari pelembap dan sabun tubuh-- adalah untuk mengedukasi pasar tentang manfaat bahan ini.

Redwin menawarkan produk pelembap tubuh dan sabun cair untuk tubuh yang ditargetkan untuk keluarga, dari balita hingga dewasa. Tersedia di toko-toko kesehatan dan Beauty Couture Mal Taman Anggrek.

CLOSE