Sisi Wajah Kiri Terlihat Lebih Menarik, Ini Alasannya

Sisi Wajah Kiri Terlihat Lebih Menarik, Ini Alasannya
Tampilan wajah lebih menarik jika dilihat dari sisi kiri. (Foto: Free Digital Photos)
Mutia Nugraheni / MUT Selasa, 17 September 2013 | 20:15 WIB

Ada satu kunci mudah untuk terlihat lebih menarik di depan kamera. Pastikan Anda berpose dengan menonjolkan area wajah bagian kiri. Ini tentu bukan tanpa alasan.

Otak manusia menganggap wajah sisi kiri lebih menarik dibanding sisi kanan. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh profesor Kelsey Blackburn dan James Schirillo di Wake Forest University, Carolina, AS.

Mereka membandingkan pendapat relawan yang diperlihatkan berbagai sudut foto profil. Sebagian besar mengungkap kalau sisi wajah kiri adalah yang terlihat paling menarik.

Reaksi para relawan saat melihat foto dievaluasi sesuai dengan tingkat pelebaran pupil. Ketika melihat bagian wajah kiri, pupil melebar, yang terjadi ketika seseorang tertarik pada sesuatu.

Ketika seseorang melihat sesuatu yang tidak menyenangkan, pupil mata akan menyempit. Dilihat dari kondisi pupil yang melebar dan menyempit selama percobaan, para ilmuwan menyimpulkan bahwa foto bagian wajah kiri dianggap lebih menunjukan sisi emosi. Dan ini, terlihat jadi lebih baik dalam estetika dan rasa.

Perbedaan persepsi kanan dan kiri pada komponen wajah telah dikaitkan dengan fakta bahwa wajah kiri mencerminkan emosi lebih intens dan akurat. Sisi kiri wajah adalah area eksklusif karena terdiri dari otot khusus, yang mampu mengirimkan emosi yang unik. Fakta ini tak lepas dari kenyataan kalau ekspresi wajah kiri dipengaruhi oleh otak kanan yang cenderung berpikir secara visual.

Sumber: Genius Beauty