Christian Sugiono: Orang Indonesia Masih Tabu dengan "Online Dating"

Christian Sugiono: Orang Indonesia Masih Tabu dengan
Pendiri setipe.com Razi Thalib (kiri), Pingkan Rumondor (Psikolog Klinis), dan Christian Sugiono ( Foto: istimewa / istimewa )
Kharina Triananda / YS Kamis, 12 Desember 2013 | 03:25 WIB

Jakarta - Mencari pasangan melalui situs internet pencarian jodoh atau dikenal dengan istilah Online Dating, masih cukup tabu di Indonesia. Menurut, Christian Sugiono (aktor dan pendiri Malesbanget.com), hal itu disebabkan oleh budaya-budaya tertentu di Indonesia yang masih menjadi tantangan bagi pelaku bisnis situs pencarian jodoh.

"Beberapa orang menolak bergabung dengan Online Dating karena malu nanti dibilang depresi. Padahal banyak juga yang dapet jodoh dari Facebook atau media sosial lain," ungkapnya pada acara peluncuran Setipe.com di Jakarta, Rabu (11/12).

Dia menambahkan bahwa orang Indonesia senang berbagi hal apapun di media sosial, seperti makanannya difoto dan diupload ke media sosial.

Namun, bila diminta melakukan hal yang lebih serius, seperti mencari pasangan di internet, mereka malah merasa aneh.

"Tantangan utama bagi pelaku bisnis Online Dating di Indonesia adalah budaya yang tabu atau aneh bila berkenalan dengan orang asing. Tidak seperti di luar negeri yang biasa saja mengajak kenalan perempuan yang duduk seorang diri di bar," imbuh Christian.

Dengan begitu, Christian memilih bergabung dengan Setipe.com untuk menghilangkan budaya-budaya tersebut agar masyarakat Indonesia lebih mudah dan terbuka untuk mencari pasangan di mana saja.

"Saya mengajak Christian, Joe Taslim, Pandji, Luna Maya dan beberapa artis lain untuk membuat profil di Setipe.com. Bukannya untuk mencari jodoh, tetapi untuk seru-seruan. Misalnya, pengguna Setipe.com yang lain bisa mengukur kecocokan dia dengan Christian seperti apa. Berapa persentase atau probabilitanya," kata Razi Thalib, pendiri situs pencarian jodoh bernama Setipe.com.

Setipe.com berusaha menggabungkan teknologi dan ilmu psikologi untuk memudahkan pengguna mencari jodoh yang sesuai dengan kepribadian dia.

"Privasi mereka juga terjaga dengan baik di Setipe.com. Yang bisa melihat profil pengguna adalah pasangan potensial yang direkomendasikan oleh sistem Setipe.com. Jadi tidak bisa semua pengguna Setipe.com saling melihat profil," terang Razi.

Menurut Christian, konsep privasi itu yang bisa menarik banyak pengguna di Indonesia yang masih cenderung tidak percaya dengan Online Dating.

"Bila lebih tertutup (privasi), mereka merasa tidak malu akan ketahuan orang lain," kata Christian.

CLOSE