Cantik dengan Estetika Nonbedah Kian Populer

Cantik dengan Estetika Nonbedah Kian Populer
dr. Olivia Ong dan salah satu pasiennya yang juga artis, Sarah Vi. ( Foto: Beritasatu.com/Kharina Triananda )
Kharina Triananda / PCN Selasa, 23 Juni 2015 | 22:40 WIB

Jakarta - Menurut data dari American Society of Aesthetic Plastic Surgeons, sejak abad ke-21 jumlah orang yang melakukan prosedur estetika nonbedah meningkat pesat, hampir 10 kali lipat dibanding angka prosedur bedah itu sendiri. Tiga prosedur estetika yang paling banyak dilakukan orang di seluruh dunia antara lain filler, botox, dan skin tightening.

"Perawatan dengan krim dan sebagainya terbukti sulit dan memakan waktu dalam menghambat penuaan. Selain itu, banyak orang yang sebenarnya takut akan efek dari operasi. Alasan-alasan itulah yang mendasari saat ini orang lebih merasa filler dan botox adalah solusinya," imbuh dokter kecantikan dan pendiri Jakarta Aesthetic Clinic (JAC), dr Olivia Ong pada jumpa pers di Jakarta, Selasa (23/6).

Dipaparkannya, menurut data tersebut pada 1997 terdapat 740.751 orang yang melakukan prosedur estetika nonbedah dan 939.192 yang melakukan prosedur bedah. Namun, pada 2012 angkanya pun berubah drastis, di mana terdapat 1.688.694 orang yang melakukan prosedur bedah dan 8.416.470 yang melakukan prosedur nonbedah. Sedangkan, pada 2013 angkanya meningkat menjadi 9.536.562 yang melakukan prosedur nonbedah dan 1.883.048 yang melakukan bedah.

"Fenomena lain adalah saat ini bukan hanya perempuan dewasa usia di atas 30 tahun yang datang ke klinik saya untuk melakukan prosedur nonbedah. Tapi, anak remaja dan usia 20 tahunan juga saat ini banyak yang mulai tertarik," cerita dr Olivia.

Dilanjutkannya, tidak seperti perempuan atau laki-laki dewasa yang sebagian besar ingin mengatasi masalah kulit seperti keriput, yang lebih muda ingin lebih cantik dengan menyeimbangkan wajahnya dengan mengecilkan pipi dan sebagainya.

Kemudian, menurut dr Olivia, pasien laki-laki juga cukup meningkat saat ini. Sebagian besar pasien melakukan prosedur estetika nonbedah, yakni filler, botox dan Skin tightening.