Ini Manfaat Anak Bermain di Area Outdoor

Ini Manfaat Anak Bermain di Area Outdoor
Ilustrasi anak bermain di area hijau. ( Foto: Freedigitalphotos )
Mashud Toarik / MT Kamis, 17 Desember 2015 | 11:04 WIB

Jakarta - Para orang tua muda tampaknya harus lebih bijaksana dalam hal memberikan kesempatan bermain bagi anak-anak. Maksud hati ingin memberikan perlindungan maksimal bagi anak-anak, tak jarang permintaan anak untuk bermain di luar rumah (area outdoor) tak mendapat restu. Padahal bermain di luar terutama di lingkungan alami terbukti memberikan perkembangan positif bagi anak-anak.


Sebuah penelitian gabungan terbaru dari University of British Columbia and the Child and Family Research Institute mengungkapkan bahwa anak-anak yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik di luar ruangan memiliki kesehatan fisik dan sosial yang lebih besar.

Temuan tersebut didasarkan dari lebih dari 20 studi yang difokuskan pada kesehatan dan perilaku pada anak-anak yang terlibat dalam berbagai jenis permainan berisiko. Mampu memanjat, melompat, jatuh dan mengeksplorasi secara independen tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tetapi membantu untuk meningkatkan interaksi sosial, kreativitas dan ketahanan anak-anak.

Studi lain yang memperkuat datang dari Universitas Aukland dan Massey University juga menemukan fakta bahwa bermain di luar rumah (outdoor), memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Penelitian ini menguji kebiasaan bermain indoor dan outdoor dari 20 anak-anak dan keluarga mereka.

Studi tadi menemukan bahwa anak-anak yang bermain di luar tanpa pengawasan mendapatkan latihan yang lebih baik, mengembangkan kemandirian lebih cepat dan belajar untuk bekerja sama dengan orang lain sebelumnya.

Sumber: Majalah Investor