Kampung 3D, Alternatif Wisata Warga Depok
Logo BeritaSatu

Kampung 3D, Alternatif Wisata Warga Depok

Senin, 27 November 2017 | 10:39 WIB
Oleh : Bhakti Hariani / FER

Depok - Siapa yang menyangka jika niat awal hanya untuk menjaga lingkungan agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas, namun akhirnya lukisan lukisan tiga dimensi (3D) yang berada di Jalan Danau Tondano Raya, Depok Dua Timur, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat (Jabar), malah menarik perhatian. Saat ini, kawasan tersebut ramai dikunjungi masyarakat yang merasa penasaran akan keunikan dari lukisan 3D tersebut.

"Kami mencoba berinovasi dengan lukisan 3D ini. Maksudnya, agar pengendara motor berhati-hati kalau melintas, karena banyak anak kecil. Kami khawatir kalau sampai ada peristiwa yang tentunya tidak diinginkan," tutur Ketua Karang Taruna RW 03 Kelurahan Abadijaya, Muhammad Nur Alam, yang merupakan inisiator gambar 3D ini.

Pria yang akrab di sapa Alam ini mengungkapkan, kalangan pemuda yang tergabung di Karang Taruna RW 03 tidak ada yang berlatar belakang pendidikan seni. Menurutnya, mereka menggambar lukisan 3D secara otodidak dengan mengandalkan pencarian di internet kemudian mempelajari teknik menggambar 3D. "Kami disini tidak ada yang jago gambar juga. Semua hasil googling dan otodidak saja," ujar Alam.

Kampung 3D di Depok

Dalam melukis gambar 3D ini, dilakukan bersama 10-15 orang anggota Karang Taruna lainnya. "Dibutuhkan waktu lebih kurang tiga jam untuk menghasilkan gambar 3D," katanya.

Selain itu, kata Alam, mereka juga menentukan letak titik perspektif dimana seseorang dapat berdiri untuk berfoto dengan tepat sehingga efek tiga dimensi nya dapat dengan jelas terlihat.

"Ada titik perspektifnya yang tepat dimana seseorang dapat berdiri untuk memotret rekan-rekannya. Sehingga, efek 3D dapat terlihat dengan jelas dalam foto tersebut," kata ayah dua anak ini.

Saat satu gambar selesai, kata Alam, kemudian berlanjut ke gambar lainnya seperti tangga, jurang, karpet dan rubik. Dirinya kemudian mengunggah gambar tersebut ke akun Facebook Info Depok.

"Tidak lama setelah saya unggah, ternyata sudah lebih dari 1.000 orang yang like dan share. Padahal, baru beberapa jam saja. Kami tidak menyangka akan menjadi viral," ujar Alam.

Mendapat respon positif dari warganet, kata Alam, mereka memperbanyak jumlah gambar 3D. Saat ini, sudah mencapai sembilan lukisan yang dijadikan objek berfoto oleh masyarakat.

Kampung 3D di Depok

Respon Positif

Keberadaan gambar 3D ini ternyata mendapat sambutan positif dari warga Depok dan sekitarnya. Setiap hari, pasti ada warga yang datang untuk berfoto di lokasi. Mereka datang membawa keluarga termasuk anak-anak, yang antusias melihat lukisan 3D. Tak ayal, jalan Tondano menjadi ramai dan terkenal serta dipadati pengunjung.

"Anak-anak mengajak untuk terus kesini. Ini pas ada waktu dan PR mereka sudah selesai jadi kami ajak mereka kesini. Nah ini mereka senang bisa foto-foto," ungkap salah seorang pengunjung bernama Lusi.

Mayoritas pengunjung yang datang menilai positif kehadiran Kampung 3D ini. Selain wadah kreativitas bagi pemuda, kampung ini menghadirkan destinasi wisata baru yang murah meriah dan unik yang sangat jarang ditemukan di Depok.

"Bagus banget dan pastinya kami senang ada kampung tiga dimensi ini di Depok. Apalagi warga setempatnya juga menyambut kami dengan baik. Jadi nyaman," ujar Lusi.

Warga setempat, kata Alam, tidak ada yang keberatan dengan adanya lukisan 3D ini. Meski lingkungan tempat tinggal mereka jadi lebih ramai dari biasanya tapi warga tidak mengeluhkan hal tersebut.

"Ya tapi kami tetap minta pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan. Tidak buang sampah sembarangan. Agar tempat ini juga tetap nyaman dan bersih," kata Alam.



Sumber: Suara Pembaruan


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Rayakan 55 Tahun Berkarier, Ernie Djohan Akan Gelar Konser Tunggal

Konser tunggal ini merupakan kali kedua bagi Ernie.

HIBURAN | 27 November 2017

Coco Geser Justice League dari Puncak Box Office

Film tersebut sukses meraup pendapatan US$ 13,2 juta atau sekitar Rp 178,3 miliar di hari perdana penayangan.

HIBURAN | 27 November 2017

2017, Pengunjung Central Park Mall dan Neo Soho 52 Juta

Central Park Mall dan Neo Soho tetap mencatat jumlah pengunjung yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

HIBURAN | 27 November 2017

Teluk Maumere, Tempat Menyelam Terpopuler

Akibat gempa tektonik dan tsunami pada 12 Desember 1992, Taman Laut Teluk Maumere mengalami kerusakan parah.

GAYA HIDUP | 26 November 2017

5 Model Victoria's Secret Ungkap Makan Favorit

Model Victoria's Secret mengungkap makanan favorit mereka setelah turun dari catwalk.

HIBURAN | 26 November 2017

Gelar Pameran Keris Terbesar Fadli Zon Terima Piagam MURI

SNKI memamerkan 1001 keris dan senjata tradisional.‎

GAYA HIDUP | 26 November 2017

Iwan Fals Hibur Konsumen Mitsubishi di Semarang

Iwan Fals tampil dengan membawakan total 15 lagu selama dua jam.

HIBURAN | 26 November 2017

Ribuan Peserta Ramaikan Le Minerale Water Run 2017

Le Minerale Water Run 2017 mengajak peserta untuk ikut kampanyekan gerakan Indonesia Sehat

GAYA HIDUP | 26 November 2017

Marcell Serius Geluti Dunia Musik dan Hukum

Menurut Marcell menyanyi adalah pilihan hidup.

HIBURAN | 26 November 2017

The Groove Gandeng Keluarga Roy Marten di Lagu Terbaru

The Groove melihat keluarga Roy Marten mewakili kisah yang terdapat dalam lagu Kematangan Cinta

HIBURAN | 25 November 2017


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS