Logo BeritaSatu

Cerdas Berinvestasi dengan Metode Value Investing

Selasa, 2 Januari 2018 | 17:13 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta - Berbicara mengenai investasi di pasar saham, mungkin yang terlintas di benak adalah metode beli dan jual saham, atau yang lebih dikenal dengan istilah trading. Tidak heran, metode ini lebih disukai oleh sebagian besar kalangan trader di tanah air karena dianggap dapat memberikan keuntungan lebih cepat. Namun apakah benar demikian?

Seorang Indonesia Value Investor, Rivan Kurniawan, memberikan pandangan yang berbeda. Meskipun metode trading dianggap dapat memberikan keuntungan lebih cepat, namun trading memiliki risiko yang jauh lebih tinggi. Sebab, trading hanya mengedepankan analisa teknikal seperti membaca trendline chart dan volume perdagangan saham.

"Namun, analisa teknikal tidak memperhatikan faktor fundamental perusahaan seperti kinerja keuangan," ungkap Rivan, dalam keterangan persnya, Selasa (2/1).

Rivan menambahkan, metode trading juga memiliki risiko yang tinggi karena berorientasi membeli saham untuk kemudian dijual kembali dalam jangka pendek. Padahal, harga saham sangat berfluktuasi naik dan turun dalam jangka pendek sehingga tidak mungkin seseorang bisa memprediksi harga saham akan naik atau turun pada keesokan harinya.

Selain metode trading, lanjut Rivan, ternyata ada metode berinvestasi lain yang menawarkan tingkat risiko yang jauh lebih rendah, namun berpotensi menghasilkan profit yang jauh lebih besar. Metode yang dimaksud adalah Metode Value Investing. Metode Value Investing ini juga sudah teruji untuk bisa secara konsisten mengalahkan rata-rata pasar dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, Rivan mengatakan untuk bisa meraih profit secara konsisten di pasar saham, masyarakat dianjurkan berinvestasi saham dengan metode Value Investing. Alih-alih membeli saham berdasarkan analisa teknikal dan orientasi jangka pendek, Value Investing menekankan kepada membeli saham dari perusahaan yang memiliki fundamental kuat namun sedang 'salah harga' karena dihargai murah oleh pasar.

"Singkat kata, seorang Value Investor hanya mau membeli saham yang harga wajar nya di Rp 1.000 namun sedang diperdagangkan di harga Rp 700 atau lebih rendah lagi. Ibaratnya membeli rumah senilai Rp 1 miliar dengan harga Rp 500 juta," kata Rivan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 2 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE