Logo BeritaSatu

Anak Perempuan Jadikan Ibu Sumber Informasi Pubertas

Kamis, 4 Januari 2018 | 15:59 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta - Ibu merupakan sumber informasi yang masih tak tergantikan bagi perempuan muda di Indonesia, terutama saat mereka memasuki masa perubahan besar dalam hidupnya. Hal itu termasuk saat hari pertama sang anak mengalami menstruasi yang merupakan pertanda memasuki pubertas.

Fakta tersebut terungkap dari survei yang dilakukan pada November 2017 kepada lebih dari 1.000 remaja perempuan Indonesia. Dari survei tersebut, sebanyak 70,7 persen memperoleh informasi pertama mengenai menstruasi dari ibu.

Advertisement

Kemudian, 64,7 persen perempuan Indonesia merasa nyaman untuk berdiskusi mengenai menstruasi dan reproduksi dengan ibu, dan 27,3 persen merasa lebih nyaman untuk membicarakan perihal topik tersebut dengan teman mereka.

Fakta menarik lainnya ditemukan bahwa perihal sanitasi ketika menstruasi (67,7 peren), fakta dan mitos mengenai menstruasi (65,9 persen), dan tips untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi (54,9 persen) menjadi tiga topik utama yang paling dibicarakan ibu dan anak remaja perempuannya.

Psikolog di bidang perempuan, Elizabeth Santosa MPsi Psi ACC menjelaskan, memasuki masa pubertas, di mana untuk perempuan, ditandai dengan menstruasi merupakan hal yang besar bagi kebanyakan remaja perempuannya.

"Diperlukan sosok yang paling dipercaya oleh para remaja untuk mendampinginya memasuki masa penting ini. Di sinilah peranan ibu yang tak tergantikan dan juga sebagai wujud ikatan antara ibu dan anak perempuannya. Masing-masing ibu dan anak remaja perempuan memiliki wujud ikatan yang beragam," ujar Elizabeth dalam siaran persnya, Kamis (4/1).

Untuk itu, lanjut dia, tetap diperlukan adanya pembicaraan dari hati ke hati, termasuk membahas seputar menstruasi dan reproduksi.

"Para ibu perlu memperhatikan timing dalam menyampaikan informasi mengenai hal ini kepada anak remaja perempuannya. Para ibu baiknya memulai #MenstruTalk sebelum anak mengalami hari pertama menstruasi," ungkap Elizabeth.

Selebritas dan ibu dua anak, Novita Angie mengungkapkan, sebagai ibu dengan anak perempuan yang akan memasuki masa menstruasi, sesi #MenstruTalk merupakan jawaban dari banyak pertanyaan para ibu yang selama ini kesulitan dalam membicarakan hal-hal yang seringkali masih dianggap tabu, seperti menstruasi dan reproduksi.

"Saya akan membawa sesi #MenstruTalk ini ke rumah dan mengimplementasikannya bersama Jemima, anak saya, tentunya dibawakan dengan suasana nyaman dan alat edukasi menyenangkan bagi Jemima," kata Novita Angie.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

NEWS | 5 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings