Kopi Leworok, Ikon Baru Flores Timur

Kopi Leworok, Ikon Baru Flores Timur
Ilustrasi kopi. ( Foto: Antara )
/ FER Minggu, 31 Maret 2019 | 15:23 WIB

Kupang, Beritasatu.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Flores Timur saat ini sedang fokus untuk mengembangkan dan mempromosikan Kopi Leworok yang kini menjadi ikon baru bagi kabupaten tersebut.

Di Flores Timur kami punya Kopi Leworok yang kini mulai banyak permintaan dari toko dan hotel-hotel di wilayah Flores Timur. Ini masih baru dan saat ini kami sedang usaha untuk terus mengembangkan," kata Kepala Bidang Perkebunan Flores Timur, Aloysius Tiba Payong, di Kupang, Minggu (31/3/2019).

Aloysius menjelaskan, saat ini produksi Kopi Leworok hanya sekitar 80 kilogram (kg) hingga 100 kg per bulan. Oleh karena, pemasaran kopi jenis ini hanya di seputar ibu kota Larantuka, mengingat untuk kebutuhan lokal saja masih sangat kurang.

"Saat ini kami masih fokus untuk penuhi kebutuhan daerah sendiri. Permintaan di setiap pertokoan dan beberapa hotel juga banyak. Kami belum berpikir untuk keluar Flores Timur," tutur Aloysius.

Aloysius mengatakan, beberapa kendala yang dihadapi untuk menambah produksi kopi tersebut adalah modal yang masih sangat kurang serta bahan baku yang juga masih belum mencukupi jika dikirim ke luar daerah.

"Masyarakat di Kabupaten Flores Timur juga sudah mulai fokus pada Kopi Leworok.  Respons masyarakat juga sangat bagus dan antusias," kata Aloysius.

 



Sumber: ANTARA