Ternyata Anjing Juga Membutuhkan Makanan Sehat

Ternyata Anjing Juga Membutuhkan Makanan Sehat
Seekor anjing bermanja dengan pemiliknya setelah mendapatkan spa di salon di Tunisia, 26 Maret 2019. ( Foto: Reuters )
Elvira Anna Siahaan / EAS Kamis, 4 April 2019 | 15:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Memelihara binatang di zaman sekarang bukan sekadar hobi semata. Binatang peliharaan adalah bagian dari keluarga sehingga kualitas hidupnya harus diperhatikan, sama seperti pemiliknya. Saat ini anjing adalah hewan peliharaan yang sering menjadi pilihan untuk kaum urban.

Sayangnya untuk merawat anjing membutuhkan komitmen. Diungkapkan pelatih anjing berpengalaman, Aang dari Chambaraya Dog Trainer dalam diskusi media yang diselenggarakan ProBalance, belum lama ini, makanan anjing berpengaruh pada kesehatan dan kualitas hidupnya. Kebutuhan anjing pada makanan pun mirip dengan manusia, yakni kalau bisa makanan sehat sempurna.

"Syarat utama memelihara anjing atau binatang peliharaan adalah komitmen. Karena banyak yang tidak konsisten, sehingga di tengah jalan berhenti memberikan yang terbaik untuk anjing peliharaannya,” jelas Aang dilansir dari siaran pers, Kamis (4/4) .

Komitmen memelihara anjing diwujudkan dengan persiapan finansial untuk menyiapkan kandang yang lega dan bersih, komitmen untuk memberikan makanan terbaik, perawatan anjing secara rutin, hingga memberikan waktu mengajak anjing berinteraksi.
Dan makanan anjing menjadi kebutuhan paling penting terkait kesehatan dan tumbuh kembang anjing peliharaan.

Dijelaskan dokter hewan Elvinkan Ruth dari klinik Snips&Snaps, ada aspek yang harus diperhatikan saat memelihara anjing.

"Ciri-ciri anjing yang sehat adalah aktif dan lincah, nafsu makan baik, gigi bersih, rambut (bulu) bersih alias bebas kutu dan jamur, dan mengkilap. Selain itu bisa dilihat dari status fisiologisnya seperti suhu tubuh, nadi, frekuensi napas semuanya normal,” jelas Elvinka.

Jangan lupakan pula postur tubuh normal, berat badan anjing, dan kebersihan bagian tubuh yang tidak terlihat seperti gigi dan mulut, atau telinga.

"Telinga yang kotor bisa menjadi masalah. Bahkan pada kondisi yang ekstrem, ada anjing yang mengalami perubahan perilaku misalnya memakan kotoran sendiri (coprophagia). Biasanya akibat stres atau nutrisi dari makanannya tidak lengkap. Jadi makanan ini sangat memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan anjing,” jelas Elvinka.

Elvinka menambahkan, makanan seadanya memang tidak akan membuat anjing mati, tetapi kualitas hidupnya berkurang. Anjing pun tidak happy.

Untuk itu ProBalance, hadir sebagai makanan anjing dengan nutrisi lengkap.

Secara umum kriteria makanan anjing yang baik sama untuk semua jenis anjing. Kebutuhan utama makanan anjing adalah protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral tertentu. Protein berfungsi untuk pertumbuhan otot. Lemak dan karbohidrat penting untuk energi.

Makanan anjing yang baik juga memiliki kandungan vitamin dan mineral. Air minum harus selalu disediakan dan harus air yang bersih.

Brand representative ProBalance, Azis Hady Dwi Putra, menjelaskan ProBalance mengandung protein tunggal (varian daging ayam, sapi dan domba) sebanyak 23% per porsi, lebih banyak dari produk sejenis lainnya dan sangat memenuhi kebutuhan anjing akan protein yaitu sekitar 20-25%.

"Salah satu keunggulan ProBalance, yaitu memiliki kibbels eksklusif yang berfungsi untuk kebersihan karang gigi. Kesehatan gigi dan mulut penting dan mulai menjadi perhatian para pemilik hewan peliharaan,” jelas Aziz.



Sumber: BeritaSatu.com