Iriana Jokowi Konsisten Mengangkat Kuliner Nusantara

Iriana Jokowi Konsisten Mengangkat Kuliner Nusantara
Iriana Joko Widodo (tengah) bersama Ibu H Mufidah Kalla (kanan) didampingi Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa meninjau pameran Ragam Kuliner Nusantara Perempuan Jenggala, Minggu, 7 April 2019 di Mall Pesona Square Depok. ( Foto: istimewa )
Elvira Anna Siahaan / EAS Senin, 8 April 2019 | 11:56 WIB

Depok, Beritasatu.com - Iriana Joko Widodo bersama Mufidah Jusuf Kalla berjanji selalu konsisten mengangkat kuliner nusantara. Hal tersebut ia katakan kala membuka festival lomba kuliner bertajuk "Ragam Kuliner Nusantara" yang digagas oleh Perempuan Jenggala, di Mal Pesona Square Kota Depok, Minggu (7/4).

Iriana hadir atas undangan Perempuan Jenggala, yang bertindak sebagai penggagas acara sekaligus institusi pemenangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf. Perempuan Jenggala merupakan sebuah intitusi sosial yang berada dibawah naungan Jenggala Centre, yang hadir untuk mengedukasi dan memperjuangkan hak-hak masyarakat. Didirikan oleh kumpulan perempuan lintas profesi dan lintas pengusaha yang sama-sama memiliki komitmen atas rasa kemanusiaan.

Dikatakan komunitas Perempuan Jenggala, kehadiran Iriana dan Mufidah merupakan bagian dari kunjungan silahturahmi kepada masyarakat di kota Depok.

Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa mengatakan tahun ini tema yang diangkat adalah kreasi kue tradisional dengan menghadirkan dua orang juri yang sudah malang melintang di dunia kuliner yaitu, Zaurah Hasfian dari Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI), dan akademisi boga Hera Heryani.

Lomba diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari berbagai macam UMKM kuliner di Indonesia.

Ragam kuliner yang hadir antara lain kue cucur, getuk, kasidah, binka bakar, binka kukus, onde sosis, kueku, mangkok mekar. Ada juga kue bugis, lapis pepe, bubur sumsum, klepon, cendil kuah dan lainnya.

"Saya berharap ibu-ibu peserta pameran kuliner dapat mengembangkan kuliner nusantara ini lewat usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mendukung perekononiam keluarga sekaligus untuk bangsa. Mari kita majukan bangsa kita sendiri," ujar Iriana usai meninjau para peserta pameran kuliner.

Vicky pun mengatakan peran perempuan terhadap berkembangnya industri kuliner sungguh luar biasa. Oleh karena itu dengan adanya acara tahunan Perempuan Jenggala ini, diharapkan dapat memotivasi wanita Indonesia untuk terus mengembangkan dan menjaga kebudayaan kuliner Indonesia.

"Bersama dengan "Ragam Kuliner Nusantara", Perempuan Jenggala bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) menggelar donor darah dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat," katanya.

Sembako Murah
Acara terakhir yang juga dilaksanakan berbarengan adalah giat pasar sembako murah Perempuan Jenggala, yang ditujukan untuk masyarakat depok yang membutuhkan.

"Kami mengundang 1.500 masyarakat yang ditujukan bagi masyarakat Depok agar dapat membeli sembako dengan harga yang jauh dibawah harga pasar," jelas Vicky.



Sumber: BeritaSatu.com