Mufidah Kalla Dorong Pelestarian Tenun Asli Sumbar

Mufidah Kalla Dorong Pelestarian Tenun Asli Sumbar
Model mengenakan busana dari tenun dan sarung di Festival Sarung Indonesia, Jakarta Minggu 3 Maret 2019. Acara ini digelar bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam memajukan UMKM di Indonesia serta membangkitkan kebanggaan masyarakat terhadap sarung sebagai salah satu identitas budaya. ( Foto: BeritaSatu Photo / Emral Firdiansyah )
/ FER Senin, 8 April 2019 | 21:01 WIB

Batusangkar, Beritasatu.com - Istri Wakil Presiden Republik Indonesia, Mufidah Jusuf Kalla, mendorong pemerintah daerah melestarikan kain tenun asli Sumatera Barat agar bisa terus dinikmati hingga generasi mendatang.

"Melalui sentra tenun ini, saya berharap semua kain tenun yang ada di Sumatera Barat, baik berupa sulaman, tenun, dan songket agar terus diwariskan di Ranah Minang," kata Mufidah Jusuf Kalla di Batusangkar, Senin (8/4/2019).

Sebagai ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), ia berharap kepala daerah di Sumbara agar mengirimkan penenun terbaiknya untuk menjadi pelatih di Rumah Tenun.

"Kepala daerah jangan hanya diam. Mari kita bersama memberikan anggota terbaik kita untuk kelangsungan Rumah Tenun agar kain tenun di Sumatera Barat lestari," ujar Mufidah.

Menurut Mufidah, secara nilai estetika dan budaya, kain tenun dari Sumatera Barat ini sudah dikenal ke mancanegara. Sementara usaha tenun semakin hilang.

"Apalagi kalau tidak diwariskan kembali dengan mendirikan lembaga, lambat laun akan hilang dikikis masa," ujar Mufidah.



Sumber: ANTARA