Nikmatnya Nasi Campur Rembiga Khas Lombok

Nikmatnya Nasi Campur Rembiga Khas Lombok
Nasi Rembiga khas Lombok, Nusa Tenggara Barat ( Foto: Investor Daily / Mardiana Makmun )
Mardiana Makmun / MAR Jumat, 12 April 2019 | 21:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com–Tak cuma memiliki wisata pantai yang indah, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), juga memiliki kekayaan budaya termasuk kulinernya yang lezat. Salah satu kuliner Lombok adalah Nasi Campur Rembiga. Menu ini merupakan salah satu menu yang disajikan di Sailendra Restaurant, JW Marriot Hotel.

“Sailendra Restaurant baru saja selesai direnovasi sehinggga menghadirkan suasana baru. Untuk mengenalkan konsep baru ini kami menyajikan menu khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, salah satunya Nasi Campur Rembiga,” kata Cluster Director of Marketing, Adeza Hamzah.

Executive Sous Chef Sailendra Restaurant Heri Purnama menjelaskan, kuliner Lombok termasuk banyak digemari. “Nasi Campur Rembiga ini terdiri atas nasi kuning yang dimakan dengan Gecok Babat, ebatan yaitu semacam urap, sate lidah sapi (ox tounge), telor santan,plecing ayam, serta ikan bakar ruby snapper,” jelas Heri.

Rasa nasi kuning ini sedikit berbeda dengan biasanya. Sedikit lengket seperti campuran antara nasi biasa dengan ketan. Yang juga berbeda adalah ebatan, seperti urap namun lengkap dengan irisan daging sapi dan ayam, kacang hitam lebui, dan daun ruku (basil).

Rasakan juga sensasi sate oxtounge. Sate ini dicocol dengan bumbu yang terbuat dari saus kacang yang ditambahkan sambal koja khas Sailendra Restaurant, dan bawang putih. Daging oxtounge ini dimasak sampai hilang bau amisnya menggunakan sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan lain-lain.

Tak kalah unik ikan bakar ruby snaper dari Lombok. Ikan dibakar dalam daun supaya aroma tak lari. Lalu disiram sambal mangga kweni. Disajikan juga dengan sambal bawang.

Selain kuliner Lombok, terdapat juga berbagai hidangan favorit seperti Marriott Burger, Laksa khas Singapura, dan hidangan khas India. Tak ketinggalan hidangan lokal seperti Nasi Goreng Sailendra, sop buntut dan sate Rembiga selalu dicari para tamu.

Restoran ini juga memiliki bagian dessert yang menampilkan berbagai pilihan roti, kue, dan konter es krim. Para tamu dapat membawa pulang pengalaman kuliner mereka dengan membeli Sambal of Sailendra, dengan produk pertamanya ‘Sambal Koja’, bumbu sambal eksotis dengan daun kari sebagai bahan utama.