Ramadan, Kolang-kaling Mustika Ratu Laris Manis di Kanada

Ramadan, Kolang-kaling Mustika Ratu Laris Manis di Kanada
Peluncuran kolang kaling di Kanada ( Foto: ist / ist )
Mardiana Makmun / MAR Senin, 20 Mei 2019 | 13:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Kolang-kaling identik dengan Ramadan. Buah yang dipetik dari pohon aren (Arenga pinnata) itu memang laris manis saat bulan puasa. Selain dicampur dengan es buah, kolang-kaling terasa nikmat dijadikan manisan.

Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa buah kolang-kaling ternyata sangat kaya kandungan serat pangan yang dapat membantu mempertahankan dan memelihara saluran pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam kolang kaling juga sangat penting untuk pembentukan dan memelihara jaringan tubuh.

Dengan beragam manfaat yang menyehatkan, tak heran Mustika Ratu pun meluncurkan minuman ready-to-drink (RTD) Kolang Kaling yang pertama di Indonesia pada Juni 2017.

“Permintaan minuman kolang kaling telah meningkat hingga 40% dan berkontribusi sebanyak 7% pada pendapatan Mustika Ratu di bidang produk kesehatan. Peningkatan permintaan tak cuma di Asia tapi juga Amerika Utara. Seperti beberapa bulan lalu, produk ini sampai di beberapa titik distribusi di Kanada,” kata perwakilan PT Mustika Ratu Tbk di Kanada, Julie Wahono dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Senin (20/5).

Distribusi produk minuman sehat Indonesia itu secara resmi masuk ke pasar pantai Barat Kanada pada Selasa, 6 November 2018 melalui distributor AFOD Ltd yang berlokasi di wilayah Delta, Provinsi BC. Peresmian tersebut dilakukan oleh Konsulat Jendral Republik Indonesia di Vancouver, Dr. Tuti Wahyuningsih Irman dan disaksikan oleh Kepala ITPC Vancouver, Rafika Arfani, Wakil dari PT Mustika Ratu, Tbk, Julie Wahono dan Manager/Pemilik AFOD Ltd, Hongbing Xia.

Konsul Jenderal RI di Vancouver, Dr. Tuti Wahyuningsih Irman mengatakan, “Peresmian ini merupakan momentum penting yang mengakhiri perjalanan panjang upaya produk minuman sehat Indonesia masuk pasar Pantai Barat Kanada,” kata Tuti.

Perwakilan PT Mustika Ratu Tbk di Kanada, Julie Wahono mengatakan bahwa produk produk Mustika Ratu yang dikirim ke Kanada adalah minuman Kokal (palm fruit/kaong), baik original dan less sugar, serta produk minuman sehat siap saji yaitu Red Ginger dan Red Ginger Turmeric.

“PT Mustika Ratu Tbk melalui Taman Sari Spa Heritage, yang berlokasi di Whistler, melihat peluang yang besar untuk produk-produk minuman sehat dan affordable bagi pasar domestik Kanada. Harapannya adalah menciptakan produk sehat dengan harga terjangkau, memenuhi kebutuhan konsumen dan sesuai selera pasar domestik khususnya wilayah Kanada,” kata Julie Wahono.

Manager AFOD Ltd, Hongbing Xia berharap kerjasama dengan Indonesia dapat semakin ditingkatkan mengingat produk-produk Indonesia, khususnya minuman Kolang kaling Mustika Ratu ternyata disuka dan mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat setempat, khususnya di bulan Ramadhan, masyarakat banyak membeli minuman Kolang kaling untuk berbuka puasa, namun banyak juga masyarakat non muslim yang membeli untuk minuman kebugaran dan kesehatan sehari hari.



Sumber: Investor Daily