Sambut Libur Lebaran, Ancol Siapkan Tambahan Fasilitas

Sambut Libur Lebaran, Ancol Siapkan Tambahan Fasilitas
Pengunjung Ancol melihat langsung pembukaan atraksi baru sejumlah biota laut di Ocean Dream Samudera, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Senin siang, 19 Desember 2016. ( Foto: SuaraPembaruan/Carlos Roy Fajarta )
Carlos Roy Fajarta / FER Senin, 20 Mei 2019 | 15:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengelola kawasan wisata terpadu pesisir Taman Impian Jaya Ancol terus berbenah diri dalam menyambut libur Lebaran 2019. Selain memperbaiki akses jalan utama dan berbagai fasilitas penunjang lainnya, pihak Manajemen Ancol Taman Impian juga telah menyiapkan tempat ibadah dan toilet permanen maupun portable. Istimewa nya pengelola tidak menaikkan harga tiket masuk sama sekali.

"Kami saat ini memiliki dua Masjid besar yaitu Masjid Baiturrahman Ancol yang terletak di kawasan Parkir Sentral B yang posisinya mendekati unit rekreasi Sea World dan Ocean Dream Samudra serta Masjid Al Firdaus yang terletak di dalam kawasan Dunia Fantasi. Sementara untuk musala, tersebar di 13 titik kawasan pantai dan Pasar Seni," ujar Manager Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Rika Lestari, Senin (20/5/2019).

Rika mengatakan, untuk menunjang kebutuhan sanitasi, terdapat 21 titik fasilitas toilet eksisting dan ditambah lagi 7 toilet portable dan mobile. Rika berharap dengan penambahan sarana ini kebutuhan sanitasi dapat terakomodir dengan baik dan menambah kenyamanan pengunjung.

Pihak Ancol juga menyiapkan sistem parkir terpusat yang dapat menampung 12.000 mobil maupun 17.000 sepeda motor selama puncak libur lebaran pada 6-8 Juni 2019. Secara cuma-cuma pengunjung dapat menikmati 80 bus Wara-Wiri, e-bike, serta kereta Sato-Sato yang didesain dengan karakter Robocar Poli.

Perlu diperhatikan, pengunjung diharapkan parkir kendaraan pada tempatnya, karena jika parkir di sembarang tempat akan dipindahkan oleh mobil derek kerjasama dengan Dinas Perhubungan ke lokasi parkir yang benar.

"Kendaraan bus wara wiri yang dilengkapi pemandu wisata berjumlah 80 unit dengan kapasitas besar dan sedang serta 8 unit kendaraan khusus disabilitas, Ibu hamil dan manula. Beragam aktifitas dan hiburan seperti live musik dan badut nantinya akan mengisi area shelter bus agar pengunjung yang ada di jalur antrian tetap merasa terhibur dan gembira," ungkap Rika.

Ancol e-bike juga dapat menjadi pilihan moda transportasi bagi pengunjung Ancol baik bersama sahabat ataupun pasangan, transportasi e-bike dapat menjadi pilihan yang digunakan untuk mencapai tempat tujuan wisata seperti pantai dan unit rekreasi lainnya di dalam kawasan Ancol.

"Khusus periode 5-9 Juni 2019, peminjaman Ancol e-bike diberikan gratis untuk jangka waktu 30 menit dan setelah tanggal tersebut dapat dipinjam dengan sistem bayar Rp. 10.000 untuk durasi setiap 30 menit. Jika berminat, pengunjung dapat mendatangi 3 titik lokasi peminjamannya yang berada di kawasan Ancol. Moda transportasi ini disediakan sekitar 60 unit," tutur Rika.

Jumlah petugas kebersihan yang disiagakan berjumlah 314 personel (toilet, kebersihan dan sampah). Pengunjung juga tidak perlu khawatir untuk mencari tempat membuang sampah, karena ribuan tong dan kantong sampah serta kontainer sampah dapat ditemui disetiap sudut.

"Jika pengunjung masih merasa bingung dan ingin bertanya, tidak perlu khawatir, sebab sekitar 1.000 personel gabungan (internal, lifeguard, TNI, Polri, Satpol PP dan Pramuka) siap melayani dan memberikan informasi yang dibutuhkan," tambah Rika.

Untuk layanan kesehatan, pihak Ancol menyiapkan petugas medis terdiri dari 2 orang dokter jaga, 19 orang tenaga tim medis dan 5 kendaraan ambulans.



Sumber: Suara Pembaruan