Langkah Baru JFW Mencari Calon Supermodel

Langkah Baru JFW Mencari Calon Supermodel
Para juri Jakarta Fashion Week (JFW), beserta beberapa kandidat The Search for JFW 2020 Icons tengah berfoto bersama. ( Foto: Beritasatu Photo / Dina Fitri Anisa )
Dina Fitri Anisa / FER Kamis, 13 Juni 2019 | 15:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Perubahan tren dunia model dewasa ini menuntut seorang model untuk memiliki talenta dan keunikan, lebih dari sekadar ahli berpose atau berjalan di atas catwalk saja. Untuk itu, Jakarta Fashion Week (JFW) memiliki langkah baru dalam mencari bibit supermodel di ajang, JFW Model Search.

Direktur JFW, Lenny Tedja, menjelaskan, JFW Model Search merupakan ajang pencarian para model bertalenta yang nantinya akan berjalan di runway JFW 2020. Lebih dari 757 peserta telah mendaftar dan mengikuti audisi sepanjang penyelenggaraan JFW Model Search yang dilangsungkan di empat kota besar di Indonesia yaitu Yogyakarta, Jakarta, Medan, dan Surabaya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pemilihan ini dilangsungkan secara tertutup, JFW kali ini menggandeng Fremantle Indonesia untuk merumuskan serial web berjudul The Search For JFW 2020 Icons. Lenni pun menyebutkan proses seleksi yang terbuka ini dilakukan untuk memperlihatkan ke publik proses pemilihan mulai dari karantina, mentoring, challenge hingga evaluasi penampilan, untuk menyaring kembali dua orang model yang berhak menjadi ikon JFW 2020.

"Supaya lebih menarik, akan ada beberapa konten tambahan, seperti adanya extra challenge dan eliminasi. Semua ini dikembangkan dari proses yang sudah biasa berlangsung untuk memastikan kualitas yang kami cari tetap terjaga. Baik dari sisi penampilan, kemampuan, dan tentunya perilaku diri model-model terpilih tersebut," imbuh Lenny.

Selain itu, berkiblat dari program Asians Next Top Model, proses pemilihan terbuka ini juga dilakukan untuk membuka kesempatan bagi model lebih dikenal sehingga peluang karir mereka bisa berkembang dengan melihat keunikan dari tiap model yamg diperlihatkan di serial web.

"Jadi kita maunya gak berhenti di program model search saja, kita mau mengeksistensikan karir model mereka menambahkan oppurtunity bagi mereka,” ungkap Lenni.

Selain melibatkan para juri Ai Syarif (Creative Advisor JFW), Wita Juwita (Face of JFW), dan Panja Makmum (koreografer senior), serial web ini juga mengajak ahli dari berbagai bidang yang berkaitan dengan profesi model. Seperti aktris dan pengusaha fashion Luna Maya, fotografer profesional Tommy Siahaan, dan beberapa model expert lainnya.

Sementara itu 12 kandidat JFW 2020 Icons adalah Kenji (Medan), Atta (Surabaya), Nabil (Yogyakarta), Axel (Jakarta), Baim (Medan), Leo (Jakarta), Chealsea (Jakarta), Viola (Yogyakarta), Fiona (Surabaya), Ayuma (Surabaya), Alfi (Jakarta), dan Devona (Jakarta).

Serial web The Search for JFW 2020 Icons akan terdiri dari 6 episode dengan durasi masing-masing 6-13 menit dan akan ditayangkan perdana mulai tanggal 14 Juni 2019 pukul 19.00 WIB lewat kanal YouTube JFW.

"12 kandidat ini adalah para pemenang yang berasal dari pemilihan di empat kota. Para peserta akan dibekali banyak pembelajaran seputar attitude, public speaking, catwalk, dan pastinya pendekatan emosional. Tak hanya memiliki penampilan yang menarik, peserta juga harus memiliki pengetahuan dasar sebelum menjadi model profesional," ungkap Ai Syarif.



Sumber: BeritaSatu.com