Pertumbuhan OTA Dorong Jumlah Kunjungan Wisatawan

Pertumbuhan OTA Dorong Jumlah Kunjungan Wisatawan
Ilustrasi wisatawan mancanegara. ( Foto: Antara )
Ridho Syukro / FER Kamis, 20 Juni 2019 | 21:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pertumbuhan Online Travel Agent (OTA) di Indonesia belakangan ini semakin tinggi seiring dengan perubahan perilaku konsumen yang cenderung dinamis.

Pertumbuhan OTA juga memberikan dampak positif terhadap industri pariwisata di Indonesia. Pasalnya, OTA bisa menarik wisatawan domestik dan mancanegara, sekaligus mempromosikan destinasi wisata.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata (Kempar), Rizki Handayani, mengatakan, keberadaan OTA selama lima tahun terakhir telah medukung sektor pariwisata Indonesia dan turut berkontribusi meningkatkan jumlah wisatawan sebesar 20 persen.

"OTA menawarkan konsep yang lebih praktis dimana calon konsumen bisa memesan tiket pesawat dan penginapan dalam satu platform. Saat ini, masyarakat sudah familiar dengan OTA dan memanfaatkannya untuk liburan,” kata Rizki di Jakarta, Kamis (20/6).

Menurut Rizki, Kempar telah menjalin kerja sama dengan sejumlah OTA untuk mempromosikan destinasi wisata yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. “Pemerintah selalu support OTA karena membantu sektor pariwisata Indonesia," ujar Rizki.

Rizki mengatakan, kebutuhan hiburan dan gaya hidup masyarakat Indonesia selalu tumbuh. Berdasarkan data BPS sejak 2015 hingga 2017, rata rata biaya liburan masyarakat Indonesia mengalami kenaikan sebesar 30 persen.

"Semakin tinggi minat masyarakat Indonesia untuk pergi liburan, maka berdampak pada pertumbuhan sektor pariwisata,” tandas Rizki.

CEO Traveloka Xperience, Christian Suwarna, pihaknya menyadari adanya fenomena pergeseran pola konsumsi masyarakat. Oleh karena itu, Traveloka menghadirkan Traveloka Xperience. Platrom ini juga sudah ekspansi ke enam negara di Asia Tenggara dan Australia.

"Traveloka Xperience merupakan platform pemesanan beragam produk aktivitas liburan dan gaya hidup meliputi atraksi, bioskop, event,hiburan, spa dan kecantikan, olahraga, taman bermain, transportasi lokal, tur, pelengkap travel, makanan dan minuman, kursus dan workshop. Intinya, Traveloka Xperience akan memberikan pengalaman lebih kepada masyarakat," ujar Christian.

 



Sumber: Investor Daily