Logo BeritaSatu

Kota Bogor Luncurkan Batik ASN

Minggu, 23 Juni 2019 | 21:30 WIB
Oleh : Indah Handayani / CAH

Bogor, Beritasatu.com - Batik merupakan salah satu identitas dari budaya bangsa Indonesia yang hingga kini masih bertahan bahkan semakin berkembang. Kota Bogor, adalah salah satu dari sejumlah kota di tanah air yang juga mempunyai batik khas unggulannya. Untuk itu, Pemerintah Kota Bogor pun meluncurkan batik ASN (Aparatur Sipil Negara) yang juga bersamaan dengan peresmian logo 100% Bogor Pisan.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan pertama kali dalam sejarah, Kota Bogor kini secara resmi memiliki batik ASN. Hal ini merupakan tahap awal, dimulai dari seluruh Kepala Dinas, Pimpinan OPD dan berikutnya akan disusul oleh seluruh ASN di Pemkot Bogor.

“Motif batik pun tentunya mewakili ikon-ikon Kota Bogor seperti kujang, uncal atau kijang, bunga bangkai, sungai Cisadane, Kebun Raya Bogor, hingga Gunung Salak. Pemilihan warna biru dan hitam ini pun sebagai cerminan bahwa ASN berwibawa dan siap melayani warganya,” ungkapnya dalam keterangan pers diterima Minggu (23/6).

Sementara itu, Ketua Disperindag Kota Bogor Ganjar Gunawan mengatakan melalui peluncuran logo 100% Bogor Pisan dan batik ASN ini diharapkan bisa untuk terus meningkatkan serta mendongkrak daya saing produk lokal Kota Bogor. Tentunya akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian IKM Kota Bogor. “Tidak hanya itu, dibutuhkan juga dukungan dari masyarakat untuk mencintai dan menggunakan produk lokal Kota Bogor,” tutur Ganjar.

Vadiel Mekha, Founder Next Step, menambahkan acara peluncuran batik ASN ini turut menampilkan peragaan busana dari tiga pengrajin yaitu Batik Tradisiku, Batik Handayani Geulis dan Batik Pancawati yang diperagakan oleh Mojang Jajaka Kota Bogor dan dikelola oleh Next Step Fashion Consultant. “Terima kasih kepada Pemkot Bogor karena telah mempercayakan fashion show-nya kepada kami. Ini menjadi suatu kehormatan bagi kami karena bisa menjadi bagian dalam salah satu momen bersejarah Kota Bogor” terang Vadiel Mekha, founder Next Step.

Pria lulusan London School of Public Relations ini menambahkan Kota Bogor memiliki banyak sekali potensi dalam bidang kesenian, khususnya fashion. Insya Allah berkat dukungan dari Pemkot Bogor melalui Disperindag dan Dekranasda. “Kami yakin batik Bogor akan semakin berkembang dan bisa go-national atau bahkan go-international,” paparnya.

Peragaan busana kali ini menampilkan sebanyak total 36 look berupa batik kekinian yang bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari, tentunya dengan mengedepankan motif khas Kota Bogor. Sementara itu, untuk pembuatan batik ASN akan turut melibatkan enam pengrajin binaan Kota Bogor melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) yang diketuai oleh Yane Ardian Bima Arya. Keenam pengrajin tersebut adalah Batik Tradisiku, Batik Handayani Geulis, Batik Pancawati, Batik Paniisan, Batik Mago dan Batik Indira.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022

Bima Arya Mengaku Menikmati Kerja Sama dengan Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku menikmati jalinan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengelola daerahnya.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

NEWS | 36 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings