Menteri Rini Ajak BUMN Kembangkan Pariwisata Kebumen

Menteri Rini Ajak BUMN  Kembangkan Pariwisata Kebumen
Menteri BUMN Rini M Soemarno berfoto bersama jajarannya di salah satu obyek wisata di Kebumen, Kamis (4/7/2019) ( Foto: Istimewa )
Rully Satriadi / RSAT Jumat, 5 Juli 2019 | 11:13 WIB

Kebumen, Beritasatu.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno mendorong BUMN untuk bersinergi memberikan dukungan bagi kemajuan pariwisata Kabupaten Kebumen.

"Sekarang sudah ada bandara baru Kulon Progo. Keberadaan pariwisata di sini nantinya akan mendukung bandara baru tersebut. Dari Bandara Kulon Progo ke Kebumen bisa ditempuh 1 - 1,5 jam. Inilah yang kita harapkan, pengunjung bisa ke Kebumen lewat Kulon Progo," ujar Menteri Rini saat mengunjungi objek-objek pariwisata daerah Kebumen, Kamis (04/07/2019).

Lokasi wisata yang dikunjungi antara lain, wisata bahari Pantai Menganti, Goa Dempok, dan Jatijajar. Kedua objek wisata goa ini merupakan dua dari delapan destinasi wisata favorit di Kebumen yang dikenal dengan Geopark Karangsambung Karangbolong yang tersebar di desa-desa di Kebumen.

Menteri Rini juga menegaskan keberadaan objek-objek wisata ini pada akhirnya juga mampu mendorong peningkatan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Saya menyaksikan sendiri objek-objek wisata di sini sangat potensial dikembangkan. Saya juga mendorong BUMN untuk mengambil peran bagi kemajuan pariwisata di sini melalui program-program pemberdayaan ekonomi," ungkap Menteri Rini.

Dalam pemberdayaan ekonomi, Menteri Rini mendorong agar produk-produk unggulan masyarakat Kebumen nantinya bisa dijual di Rumah Kreatif BUMN (RKB).

Selain itu BUMN juga akan beresinergi dengan masyarakat setempat untuk membangun infrastruktur pendukung pariwisata seperti pembangunan homestay.

Menurut Rini, saat ini pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan dalam mendukung perekonomian masyakarakat Kebumen.

Selain Pantai Menganti dan Goa Jatijajar, destinasi-destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi di Kebumen adalah Pantai Legending, Pantai Sawangan, Pantai Watu qq, Waduk Sempor, Banteng Van Der Wick dan Bukit Pentulu.



Sumber: Suara Pembaruan