Kabupaten Bangka Selatan Gelar Festival Toboali City On Fire

Kabupaten Bangka Selatan Gelar Festival Toboali City On Fire
Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam peluncuran "Toboali City On Fire 2019 Season 4" yang diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019. ( Foto: Beritasatu.com/Chairul Fikri )
Chairul Fikri / CAH Rabu, 17 Juli 2019 | 19:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kabupaten Bangka Selatan yang terletak di Provinsi Bangka Belitung (Babel) kembali akan menggelar festival bertajuk "Toboali City On Fire 2019 Season 4" yang akan di gelar pada 25-28 Juli 2019 mendatang. Akan ada 16 acara unggulan yang akan memadukan budaya, kesenian, musik dan olahraga. 

Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyatakan bahwa event ini merupakan moment yang bagus untuk mengenalkan kembali alam, budaya, kesenian yang ada di Bangka kepada masyarakat luas dan juga wisatawan mancanegara. Oleh sebab itu, Menpar berharap para stakeholder di Bangka dan Belitung memiliki komitmen yang kuat dan saling bekerjasama dalam mengembangkan potensi wisata yang ada disana agar dilirik wisatawan.

"Unsur penting dalam penyelenggaraan sebuah event pariwisata adalah komitmen yang kuat dari kepala daerah-nya untuk mengembangkan pariwisata. Saya melihat 5 unsur seperti Creative value, Commercial value, Communication Value, CEO Commitment serta konsitensi sudah ada di Bangka Belitung. Soalnya 50 persen keberhasilan pariwisata di daerah ditentukan oleh komitmen tersebut," ujar Arief Yahya dalam peluncuran "Toboali City On Fire 2019 Season 4" yang diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata Jakarta, Rabu (17/7/2019)

Diakui Menpar, gubernur Babel dan bupati Kabupaten Bangka Selatan telah membuktikan komitmennya dalam membangun sektor pariwisata sehingga kemajuan telah dicapai. "Saya berharap festival ini akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke sana. Bila sebelumnya hanya 200.000 ribu orang, tahun 2018 telah mencapai 2 juta orang wisman. Itu bagus buat perkembangan pariwisata," tambahnya.

Senada dengan Arief Yahya, Gubernur Bangka Belitung, H. Erzaldi Rusman menjelaskan, pariwisata Babel sangat beruntung kini memiliki 3 event unggulan yang masuk dalam 100 CoE WI 2019. Ketiga event unggulan (CoE ) ini, menurut H. Erzaldi Rusman, menjadi sarana promosi yang efektif dalam mendatangkan wisatawan (wisman dan wisnus) ke Bangka dan Belitung.

"Kami bersama kepala daerah ditingkat Kabupaten dan Kota di Provinsi Bangka Belitung memang punya kesamaan visi dan misi dalam mengembangkan pariwisata. Kami percaya dengan komitmen yang kuat dalam menjalankan sebuah event budaya dan olahraga bila itu bagus maka akan bisa mendatangkan wisatawan mancanegara. Kami yakin alam dan destinasi wisata yang ada di Bangka dan Belitung sudah bagus, tinggal kita bagaimana mengemasnya saja agar menjadi atraksi dan pertujukan yang bagus buat kemajuan pariwisata di sana," ujar Erzaldi.

Dia berharap Toboali City On Fire 2019 season 4 ini tidak hanya untuk mendatangkan wisatawan saja, tetapi juga bertujuan untuk menyadarkan masyarakat Bangka Selatan agar tidak hanya mengandalkan dari timah sebagai basis utama perekonomia. 

Dalam event Toboali City On Fire 2019 Season 4 ini akan ada 16 acara unggulan selama 4 hari event ini berlangsung diantaranya parade budaya, Toboali Photo Competition, Pameran foto, Ritual Adat Buang Jung berupa melepaskan perahu ke laut, Food Vlog Competition, Toboali Expo 2019, Toboali Food Street Festival, Zumba Party, Habang Band Festival dan Bikepacker Tour de Habang, Toboali Food Street Festival, Zumba Party, Habang Band Festival dan Bikepacker Tour de Habang.



Sumber: BeritaSatu.com