Resmi Digelar, Toraja International Festival Tebar Pesona Budaya dan Wisata

Resmi Digelar, Toraja International Festival Tebar Pesona Budaya dan Wisata
Toraja International Festival 2019. ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Sabtu, 20 Juli 2019 | 09:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Event pariwisata bertajuk "Toraja International Festival" (TIF) 2019 resmi digelar dan dibuka di kawasan Ketekesu, Rantepao, Toraja, Jumat (19/7) malam. Event yang digelar selama 19 - 21 Juli 2019 ini masuk dalam 100 Calender Of Event Pariwisata Indonesia dan diselenggarakan untuk lebih mengenalkan potensi pariwisata di kawasan Tana Toraja dan Toraja Utara.

Kabid Pemasaran Area II di Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Syukurni mewakili Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya dalam sambutannya berharap dengan penyelenggaraan event ini potensi pariwisata di Toraja bisa dikenal oleh masyarakat internasional.

"Toraja sebagai daerah pariwisata punya peran penting dalam meningkatkan kunjungan wisata di Indonesia, karena selain alam dan wilayahnya yang bagus, Toraja punya kekhas-an budaya yang mungkin tidak dimiliki masyarakat daerah lainnya. Oleh sebab itu, penyelenggaraan TIF 2019 diharapkan akan mampu menggairahkan kembali wisata yang ada di Toraja khususnya dan pariwisata di Sulawesi Selatan pada umumnya," ungkap Menpar yang diwakili oleh Kabid Pemasaran Area II di Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar, Syukurni yang hadir dalam pembukaan TIF 2019.

Senada dengan Menpar, Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kemenpar, Esthy Reko Astuty menambahkan event TIF 2019 ini juga menampilkan para performa seniman dan musisi dari beberapa negara.

"Melalui event-event seperti ini saya berharap akan bisa membawa kesan baik di mata dunia. Dengan event ini, kita berharap Toraja bisa mendunia lewat lam dan budayanya. Ada banyak alasan wisatawan untuk hadir di Toraja. Pertama jelas karena budayanya yang memang unik dan lain dari daerah lain. Alasan lainnya adalah Toraja International Festival. Ini adalah atraksi internasional yang dimiliki Toraja. Dan bisa menjadi sajian alternatif buat wisatawan yang datang," tukas Esthy Reko Astuty.

Dalam TIF 2019 ini, sejumlah musisi dari internasional seperti Nita Aartsen Latin Quartet yang merupakan kolaborasi dari Brazil-USA-Indonesia. Ada juga atraksi Jeonju Gi-jeop Nori dari Korea, Bharatanatyam Dance (India), juga penampilan DJ Kamau (USA). selain ini dala kegiatan ini akan pula dihadirkan penampilan Tari Paduppa. Tarian ini akan dibawakan oleh 12 penari dari 12 negara. Mereka adalah penerima Indonesian Arts and Culture Scholarship. Atau, atau dikenal juga sebagai Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri.

Selain itu, dengan penyelenggaraan TIF 2019 ini juga sejumlah kesenian dan budaya yang biasa dilakukan oleh masyarakat Toraja juga dihadirkan dalam event yang sudah 7 kali diselenggarakan ini.



Sumber: BeritaSatu.com