Mal Ciputra Kembali Gelar Festival Kuliner Kampoeng Legenda

Mal Ciputra Kembali Gelar Festival Kuliner Kampoeng Legenda
Para peserta festival kuliner Kampoeng Legenda menghadiri peresmian di Mal Ciputra Jakarta Barat. ( Foto: Mal Ciputra Jakarta / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 14 Agustus 2019 | 19:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Mal Ciputra Jakarta kembali menggelar festival kuliner Kampoeng Legenda pada 8-19 Agustus 2019. Pengunjung bisa menemukan kuliner-kuliner legendaris dari penjuru Indonesia di Center Court, Lantai Lower Ground.

Memasuki tahun ke-6, Kampoeng Legenda kali ini mengusung cita rasa autentik dari 34 provinsi di Indonesia yang dihadirkan langsung dari daerah asalnya yang tergabung dalam 80 stand kuliner legendaris di Mal Ciputra Jakarta.

Menurut General Manager Mal Ciputra Jakarta Ferry Irianto, menghadirkan kuliner legendaris langsung dari daerah asalnya bukanlah sesuatu yang mudah, perlu upaya yang ekstra untuk meyakinkan para pelaku bisnis kuliner yang sudah tidak diragukan kualitas kelezatan makanannya secara turun temurun diwariskan ke generasi berikutnya.

"Konsep acara ini disusun dalam durasi setahun. Dimulai dari riset untuk makanan-makanan legendaris yang akan dimasukkan, tes rasa hingga ketersediaan bahan baku. Hasilnya adalah 80 stand kuliner legendaris yang dapat dicicipi pengunjung di Kampoeng Legenda," ujarnya.

Melalui Kampoeng Legenda, Mal Ciputra Jakarta yang berkolaborasi dengan JIISSCOM juga mempunyai misi untuk pelestarian budaya bangsa. Kegiatan ini menjadi bentuk kepedulian terhadap pelestarian kuliner legendaris Indonesia agar tidak punah bahkan semakin dikenal oleh seluruh masyarakat terutama generasi muda sebagai penerus bangsa.

“Kami mempunyai misi untuk melestarikan budaya kuliner legendaris nusantara dan juga mempermudah bagi orang yang ingin mencoba berbagai kuliner legendaris Indonesia. Dua hal tersebut dikemas dalam Kampoeng Legenda,” ujar Ferry.

Dari 80 kuliner legendaris ini, ada 10 kuliner yang Anda tidak boleh lewatkan seperti Asem-Asem Koh Liem, Tengkleng Rica Rica Kambing Pak Manto, Nasi Krawu Buk Tiban Khas Gresik, Sate Padang Betbur Danguang Danguang, Bebek Sinjay Asli Bangkalan Madura, Mie Ba Garuda Om Abe, Otak-otak Ase, dan Es Gempol Kleret.

"Selama event berlangsung para pengunjung tidak perlu lagi repot-repot pergi ke daerah asalnya untuk mendapatkan kuliner legendaris, cukup datang ke Mal Ciputra Jakarta semua sudah tersedia," tambahnya.

Kuliner lainnya yang ada di acara ini adalah Es Durian Iko Gantinyo, Depot Nasi Campur Pojok Tambak Bayan, Sambal Bu Rudi, Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Asli, Toko OEN Semarang, Pisang Plenet Mbah Toerdi Jalan Pemuda, Warung Makan Mangut Manyung Bu Fat, Gudeg Yu Djum, Bale Raos, Nasi Jamblang Mang Dul, dan Kupat Tahu Gempol.

Untuk kuliner legendaris Jakarta sendiri, tersedia Kwe Cab Abong, Soto & Sop Kaki Sapi H. Agus Barito, Pempek Megaria, Rujak Shanghai Encim, Pisang Goreng Madu Bu Nani, Ketan Susu Kemayoran, hingga Kopi Es Tak Kie.



Sumber: Suara Pembaruan