Menpar Luncurkan GrabAndong di Yogya

Menpar Luncurkan GrabAndong di Yogya
Perusahaan ride sharing Grab meluncurkan program baru yakni GrabAndong untuk wilayah Yogyakarta di acara Malioboro Night Festival 2019. Acara dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi di Jalan Malioboro pada Jumat (23/8/2019) malam. ( Foto: Suara Pembaruan / Fuska Sani )
Fuska Sani Evani / FMB Sabtu, 24 Agustus 2019 | 12:23 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Perusahaan ride sharing Grab meluncurkan program baru yakni GrabAndong untuk wilayah Yogyakarta di acara Malioboro Night Festival 2019.

Acara dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi di Jalan Malioboro pada Jumat (23/8/2019) malam.

Menpar Arief Yahya bersama dengan Sri Sultan HB X sempat merasakan GrabAndong tersebut dari Komplek Kepatihan menuju Monumen Serangan Umum 1 Maret.

Dalam pemaparannya, Menpar Arief Yahya mengapresiasi inisiatif Grab dalam mendukung ‘Wonderful Indonesia’ untuk meningkatkan kualitas moda transportasi lokal ikonik yang dapat memberikan pengalaman baru dan unik serta menjadi daya tarik wisatawan ini.

GrabAndong moda transportasi lokal ikonik ini merupakan terobosan Kementerian Pariwisata melalui mitra co-branding Wonderful Indonesia Grab dengan menggandeng Dinas Pariwisata DIY dan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.

Adanya GrabAndong ini diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan datang ke Yogyakarta.

“GrabAndong dengan dukungan teknologi, semakin banyak wisatawan yang mengunjungi destinasi kawasan Malioboro dan Yogyakarta,” ucap Arief Yahya.

Menpar menilai peluncuran GrabAndong di Yogyakarta yang menggunakan platform digital ini dirasa sangat tepat, seiring dengan perkembangan teknologi 4.0.

"Digital media platform seperti Grab akan sangat membantu. Sekarang 70 persen wisatawan mencari dan berbagi menggunakan digital, dan 51 persen wisatawan yang datang adalah dari kalangan milinial," ujarnya.

Maka tidak salah kalau ikon Kota Yogyakarta ini dijadikan salah satu produk layanan digital.

Yogyakarta ini, lanjut Menpar merupakan wiayah wisata yang superprioritas atau masuk dalam wilayah lima destinasi penting, Joglo-Semar, berdasar instruksi Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas kabinet pada 15 Juli 2019 lalu di mana diinstruksikan agar infrastruktur dan utilitas dasar harus dituntaskan pada 2020.

Maka itu, pemerintah pusat disebutnya telah menyusun anggaran cukup besar hingga Rp 2,1 trilun untuk pengembangan kawasan Borobudur dan sekitarnya.

Sekitar Rp 1,5 triliun di antaranya datang dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Raklyat (PUPR) untuk pembangunan aksesibilitas dari bandara menuju Kota Yogyakarta dan Borobudur sehingga hampir bisa dipastikan kelayakannya akan terpenuhi.

"Di 2019 lalu anggaran PUPR untuk destinasi Borobudur hanya Rp 300 miliar dan 2020 jadi Rp 1,5 triliun,"jelas Arief.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menambahkan, Yogyakarta diharap tidak cuma menawarkan keindahan dari lokasi-lokasinya, tapi juga keunikan moda transportasi sehingga membuat wisatawan semakin berkesan.

“Andong sebagai salah satu transportasi utama yang memikat wisatawan dan wisatawan yang datang akan memiliki kenangan tersendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menambahkan peluncuran GrabAndong merupakan bentuk dukungan Grab untuk melestarikan ragam kekayaan tradisi dan juga budaya Yogyakarta kepada penduduk sekitar maupun wisatawan.

Melalui fitur GrabAndong, Grab berusaha untuk meningkatkan penghasilan dari mitra GrabAndong melalui peningkatan produktivitas mereka.

Dikatakan, saat ini, ada 500 andong yang tersebar di Malioboro. Namun, untuk fase GrabAndong pertama, hanya 26 andong yang terdaftar untuk proyek awal.

"Enam bulan berikutnya, Grab akan menambah lebih banyak mitra pengemudi, yakni sekitar 200 mitra untuk GrabAndong dan untuk bisa melayani dengan baik, untuk GrabAndong, dipilih kuda-kuda yang berpenampilan menarik, " ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan