Flek Hitam, Masalah Kulit Terbanyak Dialami Wanita Indonesia

Flek Hitam, Masalah Kulit Terbanyak Dialami Wanita Indonesia
Media gathering Youth & Beauty Clinic bersama dr Gaby Syerly dan dr. Inneke Jane, SpKk, selaku dokter spesialis kulit dan kelamin di Jakarta, Senin (23/9). ( Foto: Beritasatu Photo / Indah Handayani )
Indah Handayani / FER Senin, 23 September 2019 | 16:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Salah satu masalah kulit yang paling sering dihadapi adalah noda hitam pada wajah atau flek. Lalu, apa saja penyebab noda atau flek hitam di wajah?

Indonesia memiliki iklim yang sangat panas, tentunya flek menjadi problem paling utama yang banyak dimiliki oleh para wanita, apalagi tidak menggunakan sunblock atau tabir surya setiap mau keluar rumah saat pagi hari, tentunya mempercepat timbulnya flek.

"Secara umum, flek hitam menjadi masalah wajah terbanyak dialami oleh wanita Indonesia. Setidaknya 8 dari 10 wanita mengalaminya," ungkap dr Inneke Jane SpKk, selaku dokter spesialis kulit dan kelamin di Youth & Beauty Clinic di Jakarta, Senin (23/9).

Baca Juga: Tip Memilih Serum Sesuai Kondisi Wajah

Inneke menambahkan flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik datar pada kulit wajah yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Flek hitam dapat juga muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, atau leher.

"Flek hitam merupakan kondisi yang umum terjadi di segala usia dan biasanya tidak membahayakan atau menimbulkan rasa sakit. Walaupun begitu, kondisi ini kerap mengganggu penampilan, dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri," jelas Inneke.

Lebih lanjut, Inneke mengatakan, flek hitam ada yang terjadi sangat dalam dan yang tidak. Bagi yang tidak biasanya terlihat kasat mata dan warna pigmen di permukaan menunjukan coklat muda, serta batas yang tegas. Sedangkan yang dalam berwarna coklat kebiruan dan batas yang tidak jelas.

Baca Juga: Alasan Pentingnya Perawatan Kecantikan

"Untuk menghilangkan flek hitam dibutuhkan perawatan yang kombinasi dan tergantung pada dalam atau tidaknya flek hitam tersebut. Biasanya penggunaan terapi laser dan cream digunakan bersamaan untuk menyelesaikan flekk hitam," tandas Inneke.

Dokter dari Youth & Beauty Clinic, dr Gaby Syerly menambahkan, kini telah ada cream yang cocok dipakai untuk kulit orang Asia, yaitu Cyspera merupakan produk skincare untuk mengatasi melasma atau hyperpigmentasi tanpa menggunakan hydroquinone dan aman dipakai untuk jangka panjang.

"Cream juga menjadi bagian dari perawatan menghilangkan flek hitam. Jadinya tidak bisa hanya diselesikan hanya dengan laser saja," tutup Gaby.



Sumber: Investor Daily