Kediri Optimalkan Potensi Wisata Offroad

Kediri Optimalkan Potensi Wisata Offroad
Kawah Gunung Kelud. ( Foto: Beritasatu.com/Chairul Fikrie )
/ FER Minggu, 13 Oktober 2019 | 19:57 WIB

Kediri, Beritasatu.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, mengoptimalkan wisata offroad yang melintasi jalur di kaki Gunung Kelud, untuk mendongkrak angka kunjungan wisatawan.

Baca Juga: Sensasi Offroad ke Kawah Gunung Kelud

"Untuk offroad di Gunung Kelud ini sekarang ada dua jalur, yakni jalur fun atau landai dan ekstrem. Ini menarik dan pengunjung bisa memilih untuk jalur," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo, di Kediri, Minggu (13/10/2019).

Adi mengatakan jalur tersebut memang dibuka untuk umum. Jika yang ingin menikmati pemandangan alam di sepanjang kaki Gunung Kelud, pengunjung bisa memilih jalur fun, namun jika ingin lebih memacu adrenalin bisa memilih jalur ekstrem.

Untuk jalur ekstrem tersebut, lanjut dia, jarak tempuhnya sekitar 15 kilometer (km) dengan membelah sepanjang jalan di area Perkebunan Daerah Margomulyo, Kabupaten Kediri. Nantinya, pengunjung akan melewati empat titik tanjakan dan turunan.

Baca Juga: Ajang Herbamojo Jelajah Alam Uji Stamina Offroader

Untuk start, Adi mengatakan, tetap di area pintu utama masuk ke Gunung Kelud. Nantinya, pengunjung diangkut dengan mobil Jeep khusus dengan sopir yang sudah handal. Dengan itu, pengunjung juga tidak perlu khawatir saat melewati jalur offroad.

Pihaknya sudah bekerja sama dengan komunitas Jeep di Kabupaten Kediri dalam memajukan wisata Gunung Kelud tersebut. Setiap yang ingin naik kendaraan Jeep untuk offroad dikenai tarif Rp 370.000 dan mereka akan diajak keliling kebun dengan medan yang cukup menantang.

Adi berharap dengan semakin bertambahnya pilihan wahana di Gunung Kelud, juga semakin meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung. Terlebih lagi, pengunjung juga diizinkan untuk melihat secara langsung lokasi kawah Gunung Kelud, pasca-erupsi pada 2014.



Sumber: ANTARA