Pameran Inovasi Produk Kehumasan Kemenparekraf di SAIK 2019 Bangka Belitung
Logo BeritaSatu

Pameran Inovasi Produk Kehumasan Kemenparekraf di SAIK 2019 Bangka Belitung

Jumat, 25 Oktober 2019 | 16:28 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

PANGKALPINANG - Kamis ini (24/10), Alun-Alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Bangka Belitung, diramaikan dengan diselenggarakannya Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2019. Pada acara ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Biro Komunikasi (Komblik) memamerkan rangkaian inovasi produk kehumasan guna memperluas konsep informasi digital di kalangan publik.

Diselenggarakan tahunan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), acara yang berlangsung selama 23-25 Oktober 2019 ini diikuti 32 lembaga dan kementerian serta 75 peserta dari Diskominfo baik tingkat provinsi ataupun kabupaten/kota se-Indonesia.

Plt. Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf, Guntur Sakti, mengatakan bahwa di era digital saat ini, transformasi digital sudah dilakukan oleh Kemenparekraf sejak beberapa tahun lalu. Upaya untuk menyajikan dan menyediakan informasi secara digital ini adalah agar masyarakat bisa mengaksesnya dengan cepat. Terlebih informasi bagi wisatawan yang akan datang ke Tanah Air.

"Biro Komblik selalu berusaha berinovasi untuk memberikan informasi publik yang dibutuhkan masyarakat dengan mengedepankan konsep digital yang kini menjadi prioritas Kemenparekraf. Terlebih saat terjadi bencana di destinasi wisata yang berdampak bagi wisatawan. Hal seperti ini harus diinformasikan secara cepat via instrumen digital," ujarnya.

Adapun inovasi kehumasan yang disajikan tentu beragam; mulai dari infografis, videografis, pelayanan publik, SOP Pengelolaan Krisis Kepariwisataan hingga Manajemen Krisis Kepariwisataan yang di dalamnya ditampilkan peta geospasial. Sebagai hasil kerja sama antara BMKG, BNPB, dan PVMBG, peta geospasial ini menggabungkan antara peta kebencanaan dan peta kepariwisataan di Indonesia.

Ramainya booth Kemenparekraf juga dapat terlihat dari area food and beverage yang diisi oleh mahasiswa dari Poltekpar Palembang yang menampilkan atraksi bottle juggling, fruit carving hingga demo memasak. Ada pula kuis interaktif yang dapat diikuti pengunjung seperti digital puzzle, game online Kahoot!, Virtual Reality yang menampilkan keindahan destinasi wisata Tanah Air.

Pengunjung juga dapat mengikuti rangkaian kegiatan lainnya yang luar biasa menarik seperti photobooth, galeri foto, pelayanan informasi, serta coaching clinic dari rekan-rekan wartawan. Salah satunya adalah Hanni Sofia, jurnalis Antara, yang memaparkan teknik dasar penulisan Siaran Pers.

Ada juga jurnalis Kumparan.com Hazliansyah yang mengulas tentang penulisan feature dan berbagi pengalaman tentang liputannya saat berada di kamp pengungsian Rohingya Myanmar.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat lebih mendalami fotografi seperti dengan bersama Sendy Aditya Saputra, fotografer wonderfulimage.id. Ia membagikan informasi teknik fotografi dan pengalamannya dalam ekspedisi Walisongo beberapa bulan lalu. Narasumber Mas Day (@mikiringan), Videografer Wonderfulimage.id, juga turut mengupas video peliputan dengan gaya millenial.

Tahun lalu, Kemenparekraf meraih penghargaan terbaik satu untuk kategori Siaran Pers/Pemberitaan. Lalu, ia juga meraih Stand Pameran terfavorit dalam kegiatan Anugerah Media Humas.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Ingin Lebih Dikenal, Dnars Jalin Kerja Sama dengan AirAsia

Produk perawatan kulit Dnars melakukan kerja sama dengan perusahaan maskapai penerbangan terbesar asal Malaysia, AirAsia.

GAYA HIDUP | 25 Oktober 2019

Meracik Minuman Terbaik, Filipina Juara di Asia Pacifik Bartender Competition

Marinel Paguia, peracik minuman asal Filipina berhasil meraih kemenangan di perhelatan TGI Fridays Asia Pacific Bartender Competition 2019.

GAYA HIDUP | 24 Oktober 2019

Symphony Under The Stars Kembali Hadir di Lippo Mall Kemang

Sebanyak 13 soundtrack film akan dibawakan oleh Twilite Orchestra dengan bintang tamu Rita Effendi.

GAYA HIDUP | 25 Oktober 2019

Manjakan Pelanggan, Matahari Luncurkan Label dari Italia

OVM adalah brand yang sangat terkenal di Italia. Bukan hanya dari style yang trendi, tetapi juga aman untuk anak-anak, karena bahan-bahannya menggunakan biotekn

GAYA HIDUP | 23 Oktober 2019

Keindahan Venue Ubud Writers & Readers Festival 2019

Keindahan venue Ubud Writers & Festivals mempermudah inspirasi bagi para penulis mengalir bagaikan air.

GAYA HIDUP | 24 Oktober 2019

Tips Menonton Neon Lights Festival 2019 di Singapura

Bersiap-siaplah untuk Neon Lights Festival 2019 dan yuk ikuti tips berikut sebelum bersenang-senang di festival music & art yang hits ini.

GAYA HIDUP | 24 Oktober 2019

Tampil Perdana, Tangan Hadirkan Koleksi Unfinished di JFW

Koleksi ini berbicara mengenai keindahan hasil kreasi yang tercipta meski prosesnya belum selesai.

GAYA HIDUP | 23 Oktober 2019

Kilau Bintan Lagoon Resort dengan Tiga Penghargaan Haute Grandeur Global Restaurant Award

Pariwisata Indonesia semakin bersinar dengan keberhasilan Bintan Lagoon Resort meraih tiga penghargaan Haute Grandeur Global Restaurant Award.

GAYA HIDUP | 23 Oktober 2019

Samya Sukses Berbisnis Bulu Mata 'Cetar' Antiturun

Samya sukses menjual bulu mata Cillia, tak kurang dari 35 ribu pieces per bulan.

GAYA HIDUP | 23 Oktober 2019

Manjakan Pelanggan, Matahari Luncurkan Label dari Italia

Dalam ajang JFW 2020 ini, Matahari menampilkan peragaan budana bertemakan, Milleneon.

GAYA HIDUP | 23 Oktober 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS