Merindu Masakan Khas Kudus, Segera Mampir ke Endeus Festival 2019
Logo BeritaSatu

Merindu Masakan Khas Kudus, Segera Mampir ke Endeus Festival 2019

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 20:00 WIB
Oleh : Elvira Anna Siahaan / EAS

Jakarta, Beritasatu.com- Kuliner merupakan identitas budaya sebuah bangsa. Selain keindahan pariwasata alam, Indonesia juga dikenal dengan cita rasa kulinernya yang beragam. Dari Sabang sampai Merauke, kenikmatan berbagai macam jenis kuliner nusantara sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Namun, belakangan ini kuliner Indonesia kurang mendapatkan perhatian di negerinya sendiri. Maka dari itu, Kokiku bersama dengan Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) berkolaborasi di acara Endeus Festival 2019 untuk membangkitkan kesadaran bangsa Indonesia terhadap kelezatan kuliner dalam negeri demi melestarikan budaya Indonesia.

Endeus Festival merupakan festival kuliner yang diselenggarakan oleh Endeus.tv selama tiga hari, Jumat (25/10/2019) hingga Minggu (27/10/2019) di Gandaria City, Jakarta Selatan. Di bawah bimbingan ACMI, 10 orang siswa terpilih dari SMK PGRI 2 Kudus akan menyajikan berbagai masakan khas Kudus kepada ribuan pengunjung yang hadir.

"Kami menyambut baik antusiasme dan komitmen SMK PGRI 2 Kudus dan Djarum Foundation. Keterlibatan anak-anak SMK dalam Endeus Festival kali ini memberi daya tarik tersendiri karena termasuk salah satu booth yang mencuri perhatian para pengunjung. Selain itu, sajiannya pun khas selera Nusantara, membawa cita rasa dari Kudus, Jawa Tengah. Kami sengaja menyediakan makanan khas Kudus seperti Sate Kerbau, Soto Kudus dan Garang Asem,” kata David Wayne Ika, CEO Endeus.tv, dilansir dari siaran pers, Sabtu (26/10/2019).

Keterlibatan SMK PGRI 2 Kudus merupakan salah satu dari 16 SMK binaan Djarum Foundation yang fokus di bidang kuliner. Keikutsertaan SMK PGRI 2 Kudus di festival kuliner ini juga sebagai panggung untuk memperkenalkan Kokiku sebagai teaching factory dari SMK PGRI 2 Kudus. Melalui teaching factory, siswa mampu menghasilkan suatu produk atau jasa berdasarkan pesanan nyata konsumen dengan menggabungkan teori dengan praktik kerja.

"Lewat Endeus TV kami mewadahi semua generasi di bidang kuliner mulai dari penjual makanan, pegiat makanan bisnis kuliner, brand masak serta chef dari berbagai kategori level. Ini adalah pengalaman berharga yang mungkin tidak didapatkan semua siswa SMK. Di sini mereka harus praktik langsung mulai dari memasak, testing food, persiapan event, sampai melayani dan berkomunikasi dengan pembeli,” tambah David.

Sementara itu, Program Associate Bakti Pendidikan Galuh Paskamagma mengatakan sangat penting bagi para siswa sekolah kejuruan untuk berinteraksi langsung dengan dunia industri yang mereka geluti. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari proses interaksi langsung ke pasar.

"Keterlibatan SMK PGRI 2 Kudus di Endeus Festival merupakan bagian dari upaya peningkatan kompetensi siswa di bidang kuliner. Mereka dihadapkan langsung dengan pasar dan industri kuliner, yang membutuhkan banyak tenaga kerja dengan keahlian spesifik. Diharapkan ini akan menambah kemampuan dan pengalaman mereka,” ungkap Galuh.

Tidak hanya menikmati sajiannya, para pengunjung Endeus Festival juga melihat secara langsung proses di balik dapur yang dilakoni oleh para pelajar SMK PGRI 2 Kudus.

"Menu yang akan di sajikan adalah menu yang berasal dari resep orisinal yang telah mereka kembangkan sendiri yaitu ayam bumbu rujak,” tutur Galuh.

Sementara pada hari Minggu (27/10/2019), siswa SMK PGRI 2 Kudus melakukan cooking demo bersama Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) untuk memperkenalkan masakan Indonesia lebih dalam lagi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Perajin Batik Tulis Didorong Rambah Pasar Online

Jangkauan pasar batik tulis akan lebih luas melalui platform online.

GAYA HIDUP | 26 Oktober 2019

Dongkrak Pariwisata, Ekonomi Kreatif Tanjung Puting Dikembangkan

Guna menjadikan Tanjung Puting sebagai destinasi yang menarik perhatian para wisatawan, rangkaian perencanaan pengembangan ekonomi kreatif kini dicanangkan.

GAYA HIDUP | 26 Oktober 2019

Fossil Luncurkan Gen 5 Smartwatch

Jam tangan ini menggunakan Qualcomm Snapdragon Wear 3100 platform terbaru dan Wear OS by Google.

GAYA HIDUP | 26 Oktober 2019

Materium Gabungkan Keunikan dan Fungsionalitas Furnitur Kontemporer

Berangkat dari misi untuk menghadirkan furnitur kontemporer yang menjembatani antara pekerjaan dan budaya yang diterapkan, Malka berkolaborasi dengan Thinking*Room dan DMDIO meluncurkan Materium.

GAYA HIDUP | 25 Oktober 2019

Lanjutkan Ekspansi, Max Fashions Tambah Gerai di Surabaya

Max Fashions membuka gerai keduanya yang berlokasi di Galaxy Mall, Surabaya.

GAYA HIDUP | 25 Oktober 2019

HUT Ke-28, PIM Hadirkan Pesulap Rusia dan Ukraina

Di HUT ke-28, PIM menghadirkan 2 pesulap dari Rusia dan Ukraina untuk menghibur para pengunjung setianya.

GAYA HIDUP | 25 Oktober 2019

Pameran Inovasi Produk Kehumasan Kemenparekraf di SAIK 2019 Bangka Belitung

Pada SAIK 2019 Bangka Belitung, Kemenparekraf memamerkan rangkaian inovasi produk kehumasan guna memperluas konsep informasi digital di kalangan publik.

GAYA HIDUP | 25 Oktober 2019

Ingin Lebih Dikenal, Dnars Jalin Kerja Sama dengan AirAsia

Produk perawatan kulit Dnars melakukan kerja sama dengan perusahaan maskapai penerbangan terbesar asal Malaysia, AirAsia.

GAYA HIDUP | 25 Oktober 2019

Meracik Minuman Terbaik, Filipina Juara di Asia Pacifik Bartender Competition

Marinel Paguia, peracik minuman asal Filipina berhasil meraih kemenangan di perhelatan TGI Fridays Asia Pacific Bartender Competition 2019.

GAYA HIDUP | 24 Oktober 2019

Symphony Under The Stars Kembali Hadir di Lippo Mall Kemang

Sebanyak 13 soundtrack film akan dibawakan oleh Twilite Orchestra dengan bintang tamu Rita Effendi.

GAYA HIDUP | 25 Oktober 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS