Kedai Menjamur di Kota Bogor, Rumah Kopi Ranin Beri Inovasi

Kedai Menjamur di Kota Bogor, Rumah Kopi Ranin Beri Inovasi
Salah satu sisi dari Rumah Kopi Ranin di Dramaga, Bogor, Jawa Barat. ( Foto: Ist )
Heriyanto / HS Minggu, 10 November 2019 | 14:35 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Keberadaan kedai kopi di kota hujan Bogor, Jawa Barat, terus berkembang hingga ke berbagai sudut kota dan pemukiman masyarakat. Di tengah marak dan ketatnya persaingan kedai kopi tersebut, Rumah Kopi Ranin menawarkan keunikan yang tidak sekadar menikmati kopi. Selain itu, ada beberapa terobosan dan inovasi yang ditawarkan oleh Rumah Kopi Ranin.

“Kami ingin mengembangkan Rumah Kopi Ranin sebagai studi kasus bagaimana strategi sebuah kedai kopi tidak hanya bertahan, tetapi menciptakan inovasi baru di dunia perkopian,” ujar Co-Founder Rumah Kopi Ranin, Tejo Pramono.

Dia mengatakan, kualitas kopi menjadi faktor paling utama. Untuk menjaga kualitas ini Rumah Kopi Ranin mendidik karyawannya untuk menjadi grader kopi. Mereka akan melakukan seleksi ketat pada bahan baku dan hanya kopi-kopi yang lolos dari proses evaluasi mutu yang akan mereka olah.

Baca : Menikmati Jaz Bersama Bonita di Rumah Kopi Ranin

Di sisi lain, lanjutnya, Rumah Kopi Ranin membangun mutual business network dengan para petani kopinya. Tanpa para petani yang merawat kebun dan melakukan pengolahan dengan benar tidak akan bisa diperoleh biji kopi yang berkualitas. “Karena itu pola hubungan dengan para petani tidak boleh sekedar transaksional, tetapi dengan pola yang saling menguatkan,” jelas jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.

Baca : Ciptakan Barista Tangguh, IPB Buka Sekolah Kopi Angkatan Pertama

Tejo menjelaskan sering melakukan perjalanan karena harus mengunjungi para petani, salah satunya untuk program belajar bersama atas mutu cita rasa. Dengan menguasai standar mutu cita rasa, para petani akan mampu menghasilkan kopi yang enak.
Berdiri sejak tujuh tahun lalu tepatnya pada April 2012, Rumah Kopi Ranin adalah salah satu pionir dari menggeliatnya kedia kopi (coffee shop) di Bogor.

Di saat belum banyak yang mengenal aneka jenis kopi nusantara grade spesialiti, Rumah Kopi Ranin telah merintisnya. Salah satunya melalui program uji cita rasa (public cupping) yang dilakukan secara terbuka untuk para pelanggannya. Tidak mengherankan, jika Rumah Kopi Ranin menjadi rujukan utama bagi penggemar kopi yang berkunjung ke Kota Hujan Bogor.

Saat ini, Rumah Kopi Ranin bermarkas di pinggiran Sungai Ciapus, anak sungai Cisadane, di jalan alternatif kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat. Bagi pengunjung yang masih awam, lokasi ini seperti terasa jauh.

“Meskipun jauh suasana desa, sungai, hutan, pohon kopi dan sawah-sawah sangat menarik bagi saya. Ada kenikmatan dan nilai tambah yang ditawarkan dari Rumah Kopi Ranin,” ujar Ridwan, salah satu pengunjung Rumah Kopi Ranin, baru-baru ini.



Sumber: Suara Pembaruan