Kegiatan Sosial Jadi Modal Puteri Indonesia 2019 Berlaga di Miss Universe

Kegiatan Sosial Jadi Modal Puteri Indonesia 2019 Berlaga di Miss Universe
Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mengenakan national costume bertema Sang Wanita. Frederika akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2019 di Atlanta, Georgia, USA, pada 8 Desember 2019. ( Foto: Ist / Ist )
Mardiana Makmun / MAR Selasa, 19 November 2019 | 20:10 WIB

JAKARTA, Beritasatu.com - Tak sekadar cantik, menjadi ratu sejagad atau Miss Universe memang harus memiliki banyak kelebihan. Sejumlah Miss Universe malah ada yang tak menguasai bahasa Inggris. Namun juri memiliki pertimbangan lain, salah satunya adalah kegiatan sosial.

Penilaian ini menjadi pertimbangan Yayasan Puteri Indonesia hingga giat mendukung aksi sosial Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull. “Kita sebelumnya sudah pernah menyabet juara favorit National Costume di ajang Miss Universe 2018 dan top 15 Miss Universe 2005, 2014, 2015, 2016, dan 2017. Tahun ini, kami mengharapkan Frederika yang setahun ini sudah bertransformasi menjadi Puteri Indonesia, bisa memenangkan Miss Universe 2019,” kata Ketua Pembinan Yayasan Puteri Indonesa Putri Kuswisnuwardani di Jakarta, Selasa (1/11/2019).

Putri optimistis impian ini bisa tercapai. Apalagi Frederika punya kegiatan advokasi membantu membuatkan akte kelahiran bagi masyarakat miskin. “Masih ada masyarakat yang sulit untuk membuat akte kelahiran karena miskin. Frederika membantu itu dan pada kesempatan berkunjung ke Istana Presiden di Bogor, dia juga menyampaikan hal itu kepada Presiden,” kata Putri.

Promosi pariwisata dan budaya

Indonesia sendiri memiliki misi di ajang ini. “Kita punya misi mempromosikan pariwisata dan budaya bangsa serta produk-produk asli Indonesia di dunia Internasional,” lanjut Putri.

Tak heran, dalam kontes national costume di Miss Universe, Indonesia selalu menghadirkan yang terbaik. Tahun ini, desain national costume yang akan dikenakan Frederika dirancang oleh Morphacio Body Art dan Mayaratih Couture dan mengangkat tema “Sang Wanita” yang terinspirasi dari warisan Srikandi.

Kostum ini bercerita tentang warisan nilai-nilai luhur seorang wanita, tentang perjuangan, cinta, dan harapan. Busur dalam kostum nasional ini melambangkan tentang kemuliaan bangsa ini, kemuliaan wanita nusantara, dan dengan segenap jiwa dan raga akan ditarik anak panah harapan yaitu “Generasi baru Wanita Sejati Nusantara”.

“Pesan yang ingin disampaikan melalui kostum nasional ini yaitu harapan itu ada dan masa depan indah bagi yang memperjuangkannya,” kata Mayaratih.

Ajang ini juga menjadi wadah promosi bagi para perancang busana Indonesia yang tak kalah dengan perancang dari negara-negara fashion macam Amerika dan Eropa. Frederika akan mengenakan gaun malam karya desainer berbakat Indonesia, yaitu Tex Saverio. Sebelumnya, sejumlah artis dunia pernah memakai rancangan Tex Xaverio, seperti Lady Gaga.

Konsep utama gaun malam yang diusulkan oleh Tex Saverio adalah representasi kepribadian Frederika Alexis Cull. Gaun ini terinspirasi oleh keunikan karakter Frederika yang merupakan wanita yang sangat kuat, tahu apa yang dia inginkan dan bekerja keras untuk itu. Namun dia juga orang yang penuh kasih dan perhatian, mengutarakan pikirannya dan juga mendengarkan orang lain. Dia mewakili wanita muda dan modern saat ini, tetapi dia juga menghargai keindahan nilai-nilai tradisional Indonesia. Dia kuat dan lembut, dia memiliki perpaduan unik dari maskulinitas dan femininitas yang membuatnya menonjol dari orang lain.

Selama masa karantina berlangsung, Frederika yang baru berusia 19 tahun akan mengenakan busana dari desainer lainnya seperti Priyo Oktaviano (dibuat dari perpaduan tenun songket Bali), Hian Tjen, dan Kebaya Anne Avantie. Sedangkan untuk aksesoris akan mengenakan dari Hartono Wira Tanik (HWT) dan Le Ciel Design.

Selain fashion, promosi juga dilakukan untuk indsutri kecantikan di Indonesia yak tak kalah dari produk luar. Karena itu, sebagai duta bangsa pada ajang Miss Universe 2019, Frederika juga akan membawakan oleh-oleh untuk seluruh peserta berupa produk kecantikan dari Beauty Queen Series Mustika Ratu yaitu palet makeup miliknya, The Queen In Me Frederika Limited Edition Palette.

“Koleksi tata rias ini terinspirasi dari indahnya warna-warni alam Indonesia sehingga terciptalah eyeshadow palette Through My Eyes yang terdiri dari 9 warna eyeshadow yang glamorous dan elegant. Ini bisa dipakai untuk segala suasana, di pagi hari dan malam hari dan dipersembahkan untuk seluruh bangsa di dunia,” kata Frederika.



Sumber: Investor Daily