Sirkuit Mandalika Akan Jadi Magnet Wisatawan

Sirkuit Mandalika Akan Jadi Magnet Wisatawan
Muhammad Kadafi ( Foto: Istimewa )
Anselmus Bata / AB Senin, 25 November 2019 | 18:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, bisa menjadi magnet untuk menarik wisatawan berkunjung ke Indonesia. Saat ini pembangunan Sirkuit Mandalika terus berlangsung dan diharapkan selesai tepat waktu, sehingga bisa menggelar MotoGP pada 2021.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi X DPR, Muhammad Kadafi melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (25/11/2019), seusai melakukan kunjungan kerja ke Mandalika. Kunjungan kerja tersebut dipimpin Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda. 

Sebagai wakil rakyat yang bertugas di Komisi X--bidang pendidikan, olahraga, dan pariwisata--, Kadafi menyatakan dirinya wajib memantau perkembangan Mandalika, khususnya pembangunan sirkuit yang dimulai Oktober 2019 dan ditargetkan selesai 2020.

Menurutnya, wilayah Mandalika memilki daya tarik alam, sehingga berpeluang mendatangkan banyak wisatawan. Sejalan dengan itu, diperlukan sinergisitas antara pemerintah daerah dan pelaku usaha untuk membangun serta mengembangkan ekonomi kreatif.

"MotoGP ini dengan sendirinya menjadi ajang promosi yang mendunia untuk Mandalika,” katanya.

Kadafi berharap masyarakat setempat juga menyiapkan diri untuk menyambut wisatawan, terutama dengan mempelajari bahasa Inggris, peduli lingkungan, serta ramah terhadap setiap tamu yang datang. 

Dia juga menyarankan pengelola sirkuit melakukan lobi agar pelaksanaan MotoGP di Indonesia bisa memberi kesempatan kepada para pembalap dan kru menikmati lokasi wisata di Mandalika. Thailand telah terbukti mampu mengatur jadwal balapan, sehingga tersedia waktu tiga minggu sebelum pembalap mengikuti seri MotoGP di Eropa. 

"Otomatis para pembalap dan kru masih punya waktu liburan di Thailand," katanya. 



Sumber: BeritaSatu.com