Gaya Italia Khas Batak dalam Pizza Andaliman

Gaya Italia Khas Batak dalam Pizza Andaliman
Pizza Andaliman ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Minggu, 8 Desember 2019 | 14:16 WIB

 

Toba Samosir, Beritasatu.com - Sebagai makanan khas Italia yang kini telah mendunia, Pizza sudah dikenal luas sebagai kuliner yang lezat terbuat dari roti bundar dan pipih, yang dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju. Keju yang dipakai biasanya mozzarella atau 'keju pizza'.

Namun di tangan Sebastian Hutabarat, makanan khas Italia yang sudah terkenal sejak 997 Masehi itu disulapnya dengan menambahkan buah endemik khas Sumatera Utara bernama Andaliman yang kemudian diperkenalkannya dengan nama Pizza Andaliman.

Ide pembuatan Pizza dengan menggunakan buah Andaliman ini sebenarnya tercetus kala dirinya belajar membuat Pizza dari seorang temannya berkewarganegaraan Jerman yang kini tinggal dan menetap di Samosir. Dari situ, pria lulusan Universitas Parahiyangan, Bandung itu mencoba memasukan buah dan sayuran yang ada disekitar tempatnya tinggal dalam adonan Pizza buatannya.

Untuk taburan sausnya, dia menggunakan buah Andaliman yang menjadi tanaman khas yang hanya tumbuh di daerah Toba saja.

"Sebenarnya pada umumnya pembuatan pizza-nya sendiri sama dengan cara pembuatan pizza pada umumnya. Namun saya melihat kawasan Toba ini kan banyak tumbuh sayur-sayuran dan buah-buahan yang menarik. Saat itu, saya coba iseng-iseng saja membuat Pizza dengan toping sayuran yang saya ambil dari kebun yang saya miliki terus saya coba lumuri sausnya dengan buah andaliman," tutur Sebastian.

Awalnya dia merasa aneh saat mencicipi rasanya yang agak getir. Namun ternyata banyak yang suka. "Setelah berkali-kali penyempurnaan jadilah ini Pizza Andaliman yang kini banyak dikenal oleh masyarakat. Bahkan bule pun mengakui suka dengan Pizza Andalimannya ini," ungkap Sebastian Hutabarat.

Ditambahkan Sebastian, peran media sosial memang sangat besar pengaruhnya untuk mengenalkan Pizza Andaliman yang menjadi fokus jualan utama dirinya.

"Buat orang batak, Andaliman sendiri sudah sangat dikenal sebagai teman makan, dimana biasanya buah itu ditumbuk bersama cabai dan dinikmati mentah-mentah dengan rasa getir yang khas. Oleh sebab itu, saya mencoba menggabungkan buah itu kedalam resep masakan Pizza yang kita buat. Dan bersyukur Puji Tuhan, sekarang banyak yang suka, bahkan orang bilang kurang lengkap ke Danau Toba dan Balige kalo gak nyicipin Pizza Andaliman," tandasnya sambil tersenyum.

Warung Pizza Andaliman ini terletak di jalan lintas Tarutung yang berada di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Selain menu andalannya Pizza Andaliman, di warung tersebut para pengunjung juga bisa menikmati makanan lokal dan juga internasional yang diramu dengan tambahan buah andaliman seperti spageti spesial Andaliman, sambal tombur-tumbur yang dibuat dengan campuran buah andaliman, dan berbagai jenis makanan lainnya. Selain itu, para pengunjung yang ingin santai pun bisa menikmati sajian kopi khas Sumatera Utara yang banyak ditanam oleh masyarakat sekitar yang pastinya memiliki cita rasa khusus.

Selain itu, para pengunjung yang datang juga bisa melihat kebun-kebun sayur yang mengelilingi warung Pizza Andaliman tersebut dengan ditambah dapat melihat keindahan Danau Toba dari jauh. Dengan harga Rp 80.000 per loyang yang bisa dibagi 8 potong tersebut, Anda bisa menikmati Pizza Italia dengan cita rasa Batak.



Sumber: BeritaSatu.com