Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi dalam Tiga Hari di Yogyakarta

Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi dalam Tiga Hari di Yogyakarta
Abdi dalem Keraton Yogyakarta membawa gunungan dari Kompleks Keraton Yogyakarta menuju Pakualaman saat acara Grebeg Maulud di Yogyakarta, 21 November 2018. ( Foto: Antara / Andreas Fitri Atmoko )
Asni Ovier / AO Minggu, 29 Desember 2019 | 07:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Yogyakarta merupakan salah satu kota pariwisata populer di Indonesia. Setiap tahun, wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong ke kota yang memiliki banyak tempat wisata alam dan sejarah itu.

Meski Tahun Baru 2020 tinggal tiga hari lagi, berkunjung ke tempat-tempat wisata di Yogyakarta masih bisa dilakukan mulai sekarang. Masih ada waktu untuk segera berkemas dan mengunjungi tempat-tempat indah di Yogyakarta, termasuk tempat kuliner yang nikmat. Berikut panduan berlibur selama tiga hari di Yogyakarta.

Hari pertama, lokasi yang bisa dikunjungi antara lain Gembira Loka Zoo. Kebun binatang terkenal di Yogyakarta ini bisa ditempuh dalam 12 menit dari pusat kota. Gembira Loka Zoo berlokasi di Jalan Kebun Raya Nomor 2, Rejowinangun, Kotagede. Harga tiket pada hari biasa sebesar Rp 30.000, sementara untuk akhir pekan atau hari libur nasional pengunjung dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp35.000. Ada berbagai wahana seru dan beraneka ragam binatang yang akan menghibur wisatawan.

Lima menit dari Gembira Loka Zoo ada De Mata Trick Eye Museum, yang menawarkan tampilan latar belakang yang menciptakan ilusi optik interaktif. Di tempat ini Ada latar bertema alam, romansa, pahlawan super, sirkus, dan hewan. Pengunjung bisa mencoba berbagai pose menarik agar hasil foto tampak memukau. Museum tiga dimensi ini berada di Jalan Veteran, Umbulharjo.

Dari De Mata Trick Eye Museum, lokasi berikut yang bisa dikunjungi pada hari pertama adalah Pasar Beringharjo. Dari De Mata Trick Eye Museum, pasar yang selalu ramai ini bisa ditempuh dengan perjalanan selama 14 menit. Pasar ini merupakan pasar tertua di Yogyakarta dan memiliki nilai filosofis dan historis yang kaya. Pasar Beringharjo berada di Jalan Margo Mulyo Nomor 16, Ngupasan, Gondomanan. Produk-produk yang bisa diborong di sini, antara lain batik, suvenir, camilan, dan kerajinan tangan.

Pada hari kedua di “Kota Gudeg”, wisatawan bisa mengunjungi Situs Warungboto,, yang berlokasi di Jalan Veteran Nomor 77, Umbulharjo. Jika wisatawan menginap di sekitar Pasar Beringharjo, maka menuju situs ini hanya membutuhkan waktu sekitar 14 menit. Dulu, situs ini adalah sebuah tempat pemandian dan terdapat sumber mata air di dalamnya. Arsitekturnya yang megah dan elegan ini sangat cocok untuk diabadikan dengan kamera.

Dari Situs Warungboto, hanya diperlukan waktu sekitar 16 menit untuk bisa sampai ke Museum Benteng Vredeburg. Benteng ini berada di sekitar Keraton Yogyakarta dan Gedung Agung. Benteng peninggalan kolonial Belanda ini sekarang dijadikan sebagai museum dan menyimpan diorama terkait sejarah Indonesia.

Hari terakhir atau hari ketiga di Yogyakarta juga tak kalah seru. Tempat yang bisa dikujungi, salah satunya adalah Keraton Yogyakarta. Keraton ini merupakan istana resmi dari Kesultanan Ngayogyakarta yang terletak di Jalan Rotowijayan, Panembahan, Kraton. Di istana yang megah ini, wisatawan bisa menyaksikan beragam warisan budaya, mulai dari wayang, alat musik, hingga manuskrip Jawa Kuno. Jadi, wisatawan bisa melepas penat sambil belajar sejarah di tempat ini.

Masih di sekitar lingkungan Keraton ada tempat kuliner enak dan sangat terkenal. Namanya Gudeg Yu Djum Wijilan 167. Gudeg Yu Djum Wijilan 167 bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengisi perut sehabis menjelajah keraton. Destinasi terakhir ini menyediakan aneka gudeg yang menggugah selera. Selain bisa makan di tempat, gudeg telur dan gudeg krecek yang gurih dan nikmat juga bisa dibungkus untuk oleh-oleh.

Dengan panduan dan perencanaan terbaik, tentunya perjalanan berwisat di Yogyakarta akan lebih praktis dan memuaskan. Meski hanya memiliki waktu yang singkat, kita sudah bisa mengunjungi banyak tempat wisata di kota yang juga dijuluki “Kota Pelajar” ini.

Melalui aplikasi Airy, harga tiket pesawat bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Demikian juga dengan urusan penginapan, Airy juga menyediakan beragam hotel dengan kualitas terbaik di Yogyakarta. Apabila ada kendala terkait perjalanan, lakukan refund dan reschedule dengan mudah.

Tentunya segala transaksi di Airy tidak akan mengecewakan dan bebas dari penipuan. Tunggu apa lagi, mulai rencanakan liburan ke Yogyakarta sekarang juga dan segera cari hotel dan tiket pesawat di Airy.



Sumber: Suara Pembaruan